Iklan
Iklan

Shin Tae Yong Dinilai Masih Layak Latih Timnas Indonesia

- Advertisement -
Shin Tae Yong dinilai masih layak melatih Timnas Indonesia usai gagal di Piala AFF 2022. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Indra menyebut Shin Tae Yong harus dipertahankan, setidak-tidaknya sampai kontraknya berakhir pada Desember 2023. Penilaian itu berdasarkan hasil evaluasi di departemennya, namun kata Indra semua tergantung pada Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

“Saya pribadi berpikir, Shin masih sangat layak karena, secara permainan, kualitas tim lebih baik. Namun, laporan evaluasi ini masih akan dilaporkan ke Ketua Umum yang selanjutnya akan berdiskusi dengan Exco. Bagaimana nanti keputusannya, itu tergantung Exco,” ujar Indra di GBK Arena, Jakarta, Senin.

Kata Indra Sjafri, evaluasi kinerja Shin Tae yong yang dilakukan pada Minggu (15/1/2023), dipusatkan pada kegagalan Indonesia menjuarai Piala AFF 2022. Di turnamen tersebut, Indonesia hanya mencapai semifinal.

Shin Tae-yong juga sudah menjelaskan secara teknis kenapa Indonesia tidak mampu menjadi kampiun. Shin disebut Indra juga mengeluhkan kualitas pemain timnas masih kurang bagus.

Skuad “Garuda” memang sudah menambalnya dengan pemain naturalisasi berpengalaman yakni Jordi Amat, tetapi itu pun tidak dapat bermain secara penuh pada setiap laga salah satunya lantaran akumulasi kartu kuning.

Kata Indra, penjelasan-penjelasan runut dari Shin soal performa timnas Indonesia dapat diterima.

“Kami sama-sama orang teknis, jadi saya memaklumi. Saya memahami apa yang disampaikan ‘coach’ Shin karena saya juga merasakan selama hampir 10 tahun memang butuh proses untuk membangun suatu tim yang kuat. Itu poin penting. Saya pun sepakat dengan ‘coach’ Shin bahwa kita harus bekerja lebih keras lagi untuk berprestasi lebih baik,” ujarnya.

Sebagai pelatih membawa timnas juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019, Indra juga menyampaikan fakta bahwa PSSI ternyata tidak menargetkan juara Piala AFF kepada Shin saat pria Korea Selatan itu ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia pada Desember 2019.

Shin-lah, kata dia, yang menjanjikan gelar kampiun Piala AFF tersebut.

“Itu bukan janji PSSI, tetapi janji ‘coach’ Shin. Sekarang janji itu tidak terwujud, pantas dong PSSI bertanya kenapa tidak terwujud. Ini target yang dijanjikan ‘coach’ Shin, jadi perlu kami evaluasi,” ungkap Indra.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA