Beranda PERISTIWA Tangguh! Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Keliling Indonesia

Tangguh! Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Keliling Indonesia

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan /Foto : Yayok
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI besutan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dengan cara berbeda.

Tak seperti kegiatan di tempat lain, organisasi ini mengenang moment itu dengan melepas keberangkatan empat pengendara yang tergabung di Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI (JKW-PWI).

Keberangkatan rider Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI terdiri dari riders perempuan Yanni Krishnayanni (askara.co) serta 3 riders pria pendamping dari #PRESS Gas Tipis Tipis – SIWO PWI Jaya yakni, Agus Blues Asianto (trenzindonesia.com), Indrawan Ibonk (Journeyofindonesia.com) dan Sonny Wibisono (otomotif1.com) itu dilepas secara resmi oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari di Halaman Gedung Dewan Pers, Jl Kebon Sirih Jakarta Pusat, Kamis (28/10/21).

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Pelepasan Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI / Foto : Yayok

Menurut Atal S Depari dalam seremoni pelepasan para rider Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI ini berlangsung di halaman kantor PWI Pusat sangat bangga, ada wartawan tangguh yang dengan memgendarai motor berkeliling  menjelajah keindahan Indonesia. Para wartawan ini tak hanya menjelajahi daerah di tanah air, namun juga melaporkan perjalanan  dalam tulisan yang akan mereka buat nantinya.

“Dan itu adalah salah satu bentuk perwujudan patriotisme  Sumpah Pemuda yang hari ini kita rayakan” tutur Atal S Depari yang didampingi pimpinan PWI Pusat lainnya seperti Sekjen PWI Mirza Zulhadi, Nurjaman  Muchtar, Ketua Bidang Pendidikan,Abdul Aziz, Ketua Bidang  Kemitraan serta Ketua PWI DKI Jaya, Sayid Iskandarsyah.

Motor Kawasaki yang terdiri dari satu unit KLX230, satu unit KLX150 dan dua unit Kawasaki W175TR akan menjadi andalan tim turing Jelajah Kebangsaan Wartawan – Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) yang akan mengaspal keliling Indonesia selama 115 hari.

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI / Foto : Yayok

Dipilihnya Kawasaki sebagai kuda tunggangan para riders Tim JKW-PWI selain dinilai cukup handal dan nyaman dikendarai, juga berkat dukungan penuh Kawasaki Motor Indonesia (KMI) terhadap Tim JKW-PWI yang akan menikmati keindahan alam Indonesia serta mempublikasikan hasil perjalanan menjelajah nusantara saat dinikmati dari atas motor.

BACA JUGA  Heboh Video Mi Ayam Isi Kepala dan Ekor Tikus Beredar di Palopo Sulsel

Michael C Tanadhi, Head Sales and Promotion PT KMI beserta timnya berpesan agar berhati-hati selama dalam perjalanan. Lantaran perjalanan yang menghabiskan waktu 4 bulan tersebut bukan sembarang turing, tetapi ke empat riders harus memegang teguh prinsip touring safety dan tetap safety dalam hal kesehatan.

“Saya berharap agar perjalanan yang akan diberangkatkan tanggal 28 Oktober ini hingga Februari 2022 mendatang selalu ingat keselamatan. Touring safety dan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kawasaki memberikan support segala kegiatan wartawan Indonesia”, kata Michael C Tanadhi.

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI / Foto : Yayok

Selanjutnnya Michael menuturkan, keempat unit yang telah dipersiapkan adalah unit yang sudah siap pakai turing. Dan empat motor tersebut merupakan roda dua yang sehat di KMI. Sebelumnya pihak KMI telah memikirkan dan mempertimbangkan turing JKW-PWI. Karena itu demi keselamatan di jalan, KMI meminjamkan empat unit yang sesuai dengan tema turing JKW-PWI. “Silakan disesuaikan dengan kelengkapan lainnya untuk mendukung perjalanan. Misalnya pemasangan lampu kabut, penyesuaian ban dan velg serta lain sebagainya. Pihak KMI membebaskan perihal tersebut. Dan dealer Kawasaki yang tersebar dari Sabang sampai Merauke di seluruh Indonesia, siap untuk mensupportnya”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Sayid Iskandarsyah berharap tim JKW-PWI yang juga anggota PWI DKI Jakarta ini tetap menjaga kesehatan selama perjalanan. Harapan saya semoga tim JKW-PWI sehat, semangat sumpah pemuda menjelajah Indonesia secara luas dan dapat membangkitkan industri pariwisata kita yg tengah lesu di masa pendemi Covid-19

Dalam acara pelepasan rider tersebut hadir pula Asisten Deputi bidang Pengelolaan Olahraga Kreasi Kementrian Olahraga, Drs Mai Frizon mewakili Menpora Zainudin Amali. “Kami menyambut gembira acara yang diselenggarakan ini. Kegiatan JKW PWI ini secara langsung merupakan bentuk lain dari upaya menggelorakan olahraga di tengah masyarakat. Karena dengan olahraga kita bisa tetap lebih bisa menjaga kesehatan,” kata Drs Mai Frizon MSi yang akrab disapa pak Ery itu.

BACA JUGA  TMMD Buka Akses Jalan di Pedalaman Nunukan, Bantu Berkembangnya Balita.

Ery menambahkan, di Indonesia mengenal tiga jenis olahraga, Prestasi, Pendidikan dan Rekreasi.

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan / Foto : Yayok

“Dan mereka eksis dalam berbagai kegiatan serta banyak aktifitas selama pandemi ini adalah mereka yang aktif dalam berolahraga”, paparnya.

Sementara sponsor pendukung kegiatan ini juga turut hadir seperti GM Marketing Kingland Tyre, Agung Yulianto dan tim, Ivana Lie yang mewakili PT. Djarum Indonesia, serta perwakilan Artha Graha Peduli, Artha Graha Network, dan PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Dar Edi Yoga menyampaikan bahwa, para rider ini akan menempuh perjalanan tidak dari 17.000 Km, melewati 15 Pulau, 34 Provinsi dan Tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia. Mereka akan memulai perjalanan dengan menyusuri ujung barat pulau Jawa, lalu menyeberang ke Sumatera, diilanjutkan kemudian menuju Belitung, Kalimanta, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, dan Papua. Para riders yang kita lepas hari ini akan menuntaskan perjalanan mereka di Kendari 9 Februari 2022, bersamaan dengan puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di kota tersebut.

Saat pengibaran bendera start untuk pelepasan, belasan riders dari sejumlah perkumpulan motor di Jakarta turut mengiringi perjalanan sampai di batas wilayah. Karena masih dalam kondisi pandemi, acara pelepasan ini berlangsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Tim JKW-PWI ini juga mendapat dukungan dari Artha Graha Peduli dan Artha Graha Network.

Profil Singkat Empat Rider

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Yanni Krishnayanni/Foto : Yayok

Yanni Krishnayanni adalah seorang wartawati senior yang kesehariannya mencari berita di wilayah Surabaya. Ia bertugas di askara.co. Perempuan yang mempunyai hobi naik gunung ini, ia juga gemar mengendarai motor tanpa batas jelajah. Ia berharap di JKW-PWI ini adalah bukti wujud nyata seorang kaum hawa yang kuat di dalam kehidupan. Semoga kegiatan ini dapat mewarnai kehidupannya. Di touring ini ia ingin menunjukan keindahan alam Indonesia kepada dunia. Masyarakat Indonesia harus sadar bahwa sebenarnya Indonesia ini adalah surga.

BACA JUGA  Seorang Warga Pessel Dilaporkan Hilang di Sungai

Agus Blues Asianto seorang wartawan senior di bidang hiburan. Para narasumber artis ataupun aktor di eranya pasti mengenal sosoknya. Blues adalah nama bekennya. Selain sebagai penulis di trenzindonesia.com dan terminalnews.id, ia juga aktif di komunitas wartawan hiburan. Dengan perjalanan ribuan kilometer ini ia berharap dapatkan menyalurkan hobinya dan hal ini sebagai bukti bahwa seorang jurnalis bukan hanya pintar di dunia tulis menulis saja tetapi juga menyukai dunia perjalanan dengan mengendarai motor. Blues juga sering menjalani touring soloride.

Indrawan Ibonk merupakan wartawan yang sudah melalangbuana. Selain sebagai jurnalis, ia juga lihai di fotografi. Hasil karyanya tidak lagi diragukan. Ibonk adalah nama panggilannya ini lahir di Medan, 26 Mei 1970. Ia bertugas di journeyofindonesia. Hobinya free diving dan touring. Dengan perjalanannya di JKW-PWI ini semoga menjadi sebuah giat yang memberikan hasil terbaik bagi semua. Menjadi sebuah inspirasi dan sekaligus dapat diwujudkan sebagai kegiatan rutin serta semakin mencintai tanah air.

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan
Indrawan Ibonk / Foto : Yayok

Sonny Wibisono seorang pria yang mempunyai pergaulan yang luas. Sonny Wibz mempunyai kelebihan yakni dapat menembus narasumber dengan cepat. Ia juga pintar bernegosiasi untuk membantu perusahaan dalam mencari income iklan. Aktifitas kesehariannya di website otomotif1. Sonny Wibz kelahiran 31 Maret 1972 ini yang gemar menonton film action berharap semoga perjalanan ini bisa memberikan makna yang mendalam bagi generasi muda dan membangkitkan kembali semangat dan kecintaan terhadap Bangsa yang indah ini. (EH)

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaJakTent 2021 Digelar Daring dan Luring Bertema “To Gather Again”
Artikel berikutnyaBOS Junior Motocross Championship 2021 Digelar di Jawa Barat