Iklan
Iklan

Tanpa Makan dan Minum, Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup?

- Advertisement -
Berapa lama sebenarnya manusia bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum? Dijelaskan HealthLine, berapa lamanya seseorang bertahan hidup tanpa makan dan minum akan bergantung pada berbagai faktor, termasuk usia dan kesehatan setiap individu.

Namun, tubuh kita juga mampu bertahan selama berhari-hari tanpa makan dan minum. Bahkan bisa sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan hanya minum air saja.

Kita semua tahu, konsumsi makanan dan air sangat penting bagi kehidupan manusia. Tubuh membutuhkan energi dari sumber makanan dan hidrasi dari air agar tubuh berfungsi dengan baik. Banyak sistem dalam tubuh bekerja secara optimal dengan pola makan yang bervariasi dan asupan air yang cukup setiap hari.

Dibutuhkan sekitar 24 jam bagi tubuh untuk mengubah cara menghasilkan energi. Dalam keadaan normal dan sehat, tubuh akan memecah makanan menjadi glukosa. Glukosa menyediakan energi bagi tubuh. Selama 24 jam pertama tanpa makan, penyimpanan glukosa akan habis, tubuh akan mulai mengubah glikogen dari hati dan otot menjadi glukosa.

Di hari kedua tanpa makanan, glukosa dan glikogen habis. Tubuh akan mulai memecah jaringan otot untuk menyediakan energi. Namun, tubuh juga dirancang untuk menghemat otot. Jadi, fase ini memberikan energi sementara saat metabolisme membuat perubahan besar.

Untuk mencegah kehilangan otot berlebih, tubuh mulai mengandalkan simpanan lemak untuk membuat keton dan mengubahnya menjadi energi, proses yang dikenal sebagai ketosis. Selama 5 hari pertama tanpa makanan, seseorang mungkin kehilangan 1 hingga 2 kilogram berat badan setiap hari.

Sebagian besar penurunan berat badan ini terkait dengan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Selama beberapa minggu kelaparan, perubahan dalam tubuh biasanya menyebabkan penurunan berat badan menjadi rata-rata 0,3 kilogram per hari. Semakin banyak simpanan lemak yang tersedia, semakin lama seseorang bisa bertahap hidup.

Setelah simpanan lemak sepenuhnya di metabolisme, tubuh kemudian memecah otot untuk energi, karena itu satu-satunya sumber bahan bakar yang tersisa dalam tubuh. Kamu akan mulai mengalami gejala buruk selama kelaparan berlangsung, di mana tubuh menggunakan cadangan otot untuk energi.

Dengan asupan air yang cukup, beberapa orang dapat bertahan hidup tanpa makan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Belum diketahui secara pasti berapa lama orang bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum, namun ada catatan yang menyebut bahwa orang mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum 8 hingga 21 hari.

Perkiraan ini didasarkan pada peristiwa di mana orang bisa selamat saat tersesat atau dikubur hidup-hidup. Bagaimanapun, tidak etis untuk melakukan eksperimen kelaparan terhadap manusia.

Mengutip dari kumparan, yang pasti, ketika kamu kelaparan, banyak sistem tubuh akan mulai memburuk. Beberapa gejala yang bakal dialami termasuk:

  • Pingsan
  • Pusing
  • Tekanan darah rendah
  • Detak jantung lambat
  • Lemah
  • Dehidrasi
  • Sakit perut
  • Serangan Jantung
  • Kegagalan organ

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA