Beranda Indeks Top Tempo Diretas Usai Beritakan Penangkapan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Sangat Tidak Domokratis

Tempo Diretas Usai Beritakan Penangkapan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Sangat Tidak Domokratis

Tempo Diretas
Situs Tempo diretas usai beritakan penangkapan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Tempo diretas (hacking) oleh orang tak dikenal.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengecam peretasan tersebut. “Kami mendengar bahwa ada peretasan yang dialami oleh tempo.co atas berita terkait Pak Irjen Ferdy Sambo tadi sore. Kami menyayangkan dan kita mengecam sikap siapapun yang melakukan peretasan tersebut,” ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, Minggu, 7 Agustus 2022.

Situs Tempo diretas menurut Anam merupakan bentuk sikap antidemokrasi dan merugikan pihak terkait. Selain itu peretasan juga merugikan penegakan hukum yang ada di Indonesia.

“Ini sebenarnya langkah-langkah yang sangat sangat tidak demokratis, merugikan kita semua, khususnya merugikan penegakan hukum di Indonesia,” katanya.

Anam meminta peretasan tersebut menjadi atensi kepolisian untuk memproses pelakunya agar tidak kembali terjadi. Dia juga berpesan jika ada yang tidak setuju dengan pemberitaan, maka seharusnya menggunakan hal sesuai undang-undang yang berlaku.

“Kami minta supaya ini memang menjadi atensi khusus dari kepolisian untuk memproses siapa yang melakukan peretasan terhadap Tempo dan saya kira peristiwa ini tidak boleh terjadi kepada siapapun,” ujarnya.

“Kalau ada yang tidak setuju terhadap sebuah pemberitaan oleh rekan-rekan jurnalis, gunakan hak sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” imbuhnya.

Sebelumnya, situs Tempo diretas (di-hack) oleh orang tak dikenal. Tempo menjadi tidak bisa dibuka sejak memberitakan penangkapan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Hal tersebut dibenarkan oleh Pemimpin Redaksi Tempo Anton Aprianto. Berita yang disinyalir memicu pembajakan situs Tempo tersebut diunggah pukul 21.08 WIB. Tak Lama berselang, situs tersebut diserang hacker.

“Iya (kena hack),” ujar Anton dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8).

Facebook Comments

Artikulli paraprakKamaruddin Simanjuntak Akui Didatangi Orang Mabes Polri untuk Menutup Kasus Kematian Brigadir J
Artikulli tjetërLink Live Streaming MotoGP Inggris 2022