Iklan
Iklan

Thailand Negara Pertama di Asia Legalkan Ganja

- Advertisement -
Koh Samui merupakan surga pulau tropis di Thailand yang dijuluki ‘Amsterdam baru’ karena turis berduyun-duyun ke sana menyusul perubahan undang-undang ganja.

Pengunjung yang merokok di pantai atau bahkan menikmati pizza yang mengandung ganja sekarang menjadi pemandangan umum di pulau Koh Samui di Thailand.

Itu sangat kontras dengan beberapa bulan yang lalu ketika orang-orang yang kedapatan memiliki ganja menghadapi hukuman penjara yang cukup lama.

Mulai Juni 2022, ganja tidak lagi digolongkan sebagai jenis narkotika terlarang di Thailand, dengan turis sekarang mencari tujuan liburan untuk membawa relaksasi mereka ke tingkat berikutnya.

Sementara ganja tidak lagi berada dalam daftar narkotika terlarang, penggunaan rekreasionalnya secara teknis belum disahkan menjadi undang-undang, meninggalkan area abu-abu hukum yang dimanfaatkan Koh Samui.

Thailand
Sumber Foto © Nelson Antoine / Shutterstock

Sebelumnya kepemilikan ganja di Thailand dapat membuat seseorang dipenjara hingga 15 tahun karena tanaman tersebut diklasifikasikan sebagai narkotika kategori lima.

Undang-undang Thailand – sampai obat itu didekriminalisasi pada bulan Juni – menyatakan seseorang yang dituduh memproduksi, mengimpor atau mengekspor ganja akan menghadapi dua sampai 15 tahun penjara dan atau denda $8000 sampai $60.000.

Untuk pembuangan atau kepemilikan obat, hukumannya antara dua dan sepuluh tahun penjara dan atau denda $1600 sampai $8000.

Pemilik klub pantai mewah Chi Samui, Carl Lamb, mengatakan kepada ABC bahwa dekriminalisasi ganja telah menjadi ‘pengubah permainan’.

Secara teknis, sementara orang dapat didakwa sebagai pengganggu karena merokok di depan umum – dengan hukuman maksimum tiga bulan penjara dan denda $ 1.000 – Mr Lamb mengatakan polisi telah mengatakan kepadanya bahwa mereka hanya akan menghentikannya di klubnya jika orang mulai mengeluh.

Seorang jetsetter yang tinggal di resor mengatakan dia datang dari Inggris untuk menikmati pulau surga, dan mengatakan Koh Samui ‘seperti Amsterdam baru’.

‘Kami datang [ke Thailand] ketika ganja tidak tersedia, kemudian sebulan setelah itu, Anda dapat membeli ganja di mana-mana – di bar, di kafe, di jalan. Jadi kami menghisapnya dan itu seperti, betapa kerennya ini? Ini luar biasa,” kata Carlos Oliver.

‘Ganja’ telah mengambil alih tujuan liburan dengan menu makanan yang mengandung ganja di Koh Samui, dan banyak yang memilih untuk mengisap ganja di tepi kolam renang.

Thailand
Sumber Foto (Lauren DeCicca / For The Times)

Chi Samui memiliki lima halaman menu makanan yang didedikasikan untuk berbagai makanan, minuman, dan makanan penutup yang mengandung ganja.

Ini menawarkan koktail, limun dan teh yang mengandung obat serta permulaan seperti Hemppus – hummus yang diresapi dengan saus rami kari hijau dan minyak CBD.

Makanan utama termasuk makanan seperti pasta, pizza, burger, dan makanan Thailand yang semuanya diresapi dengan ‘ganja’.

Pilihan makanannya juga memiliki nama kreatif yang lezat seperti, ‘canna get more better brownie’, ‘pimp my pasta’, ‘weedy good lamb’ dan ‘chilli con canna’.

Thailand adalah negara pertama di Asia yang melegalkan pertumbuhan dan perdagangan ganja.

Perubahan itu mengakhiri larangan puluhan tahun karena orang sekarang bahkan diizinkan menanam tanaman di rumah untuk konsumsi sendiri.

Namun, ekstrak ganja, yang mengandung lebih dari 0,2 persen berat THC (Tetrahydrocannabinol), senyawa psikoaktif utama yang ditemukan dalam ganja, tetap ilegal.

Profesor Sarana Sommano dari Departemen Tanaman dan Ilmu Tanah Universitas Chiang Mai, bagaimanapun, mengatakan masih ada risiko dikenakan biaya karena menyalakan lampu di depan umum.

‘Masih ada risiko. Masalahnya ganja tidak lagi dianggap sebagai narkotika tetapi tidak ada peraturan dan aturan kementerian yang mengatur penggunaannya,’ katanya.

Ketika undang-undang itu diberlakukan pada bulan Juni, 4.000 narapidana yang menjalani hukuman di seluruh Thailand karena ganja, mariyuana, dan pelanggaran narkoba terkait rami semuanya dibebaskan.

Gloria Lai, direktur regional Asia dari Konsorsium Kebijakan Narkoba Internasional, mengatakan: ‘Orang-orang yang menghadapi tuduhan terkait ganja akan dibebaskan, dan uang serta ganja yang disita dari orang-orang yang dituduh melakukan pelanggaran terkait ganja akan dikembalikan kepada pemiliknya.’

Source: www.dailymail.co.uk

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA