Iklan
Iklan

Meresahkan, Tim Patroli KKOP Hang Nadim Tertibkan Penambang Pasir Ilegal

- Advertisement -
Tim Patroli Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandara Hang Nadim Batam berhasil menertibkan penambang pasir ilegal yang sangat meresahkan.

Hingga berita ini diturunkan, penambangan pasir ilegal di Kawasan KKOP masih berlangsung, Rabu, 17 Februari 2021.

Operasi dan penertiban kali ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Patroli KKOP yang dilaksanakan kemarin dengan menyita beberapa puluh ekor babi yang sengaja dipelihara oleh masyarakat untuk keperluan komersial tanpa memikirkan keselamatan operasi penerbangan.

Kadisops lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo menegaskan, kegiatan patroli KKOP gabungan antara Lanud Hang Nadim dan Ditpam BP Batam seperti ini akan terus dilaksanakan.

Pihaknya ingin memastikan bahwasannya dikawasan benar-benar bersih dan tertib hingga radius 15 Km dari tepi landasan sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku yaitu UU Penerbangan nomer : 01 tahun 2009.

Tindakan tegas berupa penyitaan 5 unit mesin sedot pasir dan berbagai peralatan pendukung penambangan pasir liar terpaksa dilakukan kerena kegiatan penambangan pasir semakin mengancam keselamatan penerbangan.

Pihaknya juga menghimbau berupa surat edaran sudah kami layangkan beberapa kali kepada pihak pengelola, tegas Wilem Sumanto selaku Kasi Patroli dan Pengamanan Hutan Direktorat Ditpam BP Batam di lokasi penambangtan pasir daerah Teluk Bakau (Rabu,17/02/21)

“Titik tambang pasir ilegal di kawasan penerbangam Bandara ini lumayan banyak, sebagian sudah ditinggalkan oleh pemiliknya, namun ada juga sebagian masih beroperasi,” ucap Wilem.

Dikatakan Wilem, aktifitas tambang pasir kawasan tersebut sudah cukup lama dan bahkan ada beberapa tempat yang sudah menjadi kubangan dan dikwatirkan kubangan tersebut akan menjadi ekosistem baru bagi ikan dan mengundang elang untuk berburu ikan di tempat tersebut.

“Keberadaan burung elang itulah yang menjadi ancaman bagi keselamatan penerbangan di Bandara Hang Nadim ini,” pungkas Wilem.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA