Iklan
Iklan

Timnas Indonesia Jungkalkan Vietnam di Piala Asia, Skuad Garuda Menang 1-0

- Advertisement -

Timnas Indonesia akhirnya mampu menumbangkan musuh bebuyutannya Vietnam pada fase grup Piala Asia 2023 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat, 19 Januari 2024.

Timnas Indonesia berhasil meraih poin penuh atas Vietnam setelah menang dengan skor tipis 1-0. Asnawi Mangkualam menjadi pencetak gol tunggal lewat titik putih pada menit ke-42.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D dengan koleksi tiga poin. Sedangkan Vietnam menempati peringkat terakhir setelah menelan dua kekalahan.

Sementara, Irak yang sebelumnya mengalahkan Jepang memimpin klasemen dengan enam poin dan memastikan lolos ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia bermain menekan sejak awal permainan. Pada menit pertama, Rafael Struick mendapat peluang emas. Menerima umpan terobosan Ivar Jenner, dia melepaskan tendangan keras yang masih bisa dihalau Filip Nguyen.

Nguyen Tuan Anh menciptakan peluang pertama untuk Vietnam pada menit ke-21. Tendangannya dari luar kotak penalti membentur kaki Asnawi Mangkualam dan melebar tipis di sisi kanan gawang Ernando Ari.

Timnas Indonesia

Memasuki pertengahan babak pertama, intensitas permainan mulai menurun. Vietnam sedikit lebih menguasai jalannya dengan unggul 53 persen penguasaan bola, namun mereka belum bisa menembus pertahanan Indonesia.

Tiga puluh menit babak pertama berjalan, Indonesia belum bisa mengembangkan permainannya. Shin Tae-yong tampak menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan pressing tinggi, namun pasukan The Golden Stars masih dapat menguasai bola meski hanya di area pertahanannya sendiri.

Pada menit ke-36, Skuad Garuda kembali menciptakan peluang emas. Kali ini, sundulan Sandy Walsh yang menerima umpan lambung Justin Hubner dapat ditepis Nguyen Filip.

Wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia pada menit ke-40 seteleh Nguyen Thanh Binh melanggar Rafael Struick di kotak penalti. Asnawi Mangkualam yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hingga peluit turun minum dibunyikan, skor 1-0 pun bertahan.

Pada menit ke 47 babak kedua, Khuat Van Khang membuat peluang emas untuk Vietnam, berawal dari kesalahan Ernando Ari dalam melakukan clearance, bola jatuh di kaki Van Khang yang langsung melepaskan tendangan keras, namun masih bisa ditepis.

Petaka bagi Timnas Indonesia datang pada menit ke-64 usai Jordi Amat terlibat duel udara dengan Nguyen Van Tung. Hidungnya terkena sikut pemain Vietnam tersebut dan mengeluarkan banyak darah hingga harus ditarik keluar, lalu digantikan oleh Rizky Ridho.

Tempo pertandingan berjalan lebih lambat di babak kedua. Hingga menit ke-75, perebutan bola banyak terjadi di area tengah. Beberapa peluang tercipta dari kedua tim, namun belum ada yang berbahaya.

Memasuki 10 menit terakhir, Indonesia mulai keluar menekan. Hasilnya beberapa peluang tercipta, namun penyelesaian akhir para pemain masih belum maksimal.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-90+1 setelah Le Pham Thanh Long mendapat kartu kuning kedua. Ia melanggar Marselino Ferdinan tepat di depan kotak penalti. Laga memanas memasuki fase terakhir, sejumlah peluang berbahaya tercipta, namun papan skor tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA