Iklan
Iklan

Timnas Voli Putra Indonesia Raih Kenaikkan Rangking Dunia Fantastis Usai Kejuaraan Voli Asia 2023

- Advertisement -
Timnas voli putra Indonesia menunaikan tugas bela negara dalam Kejuaraan Voli Asia dengan menempati peringkat kesembilan pada Kejuaraan Voli Asia 2023.

Laga Timnas Voli Putra Indonesia melawan Thailand yang berakhir dengan kemenangan 3-0 pada perebutan peringkat kesembilan menjadi laga pemungkas Indonesia pada kejuaraan dua tahunan level kontinental.

Indonesia mengawali keikutsertaan pada Kejuaraan Voli Asia 2023 dengan menghadapi China dan kemudian bertemu Kazakhstan pada fase grup. Selanjutnya pada fase gugur, Dio Zulfikri dan kawan-kawan berhadapan dengan Korea Selatan, India, Pakistan, dan Thailand.

Timnas Voli Putra Indonesia menempati peringkat kesembilan pada Kejuaraan Voli Asia untuk kali kedua. Sebelum tahun ini, Indonesia pernah menempati peringkat kesembilan pada Kejuaraan Voli Asia 1983.

Sementara posisi terbaik Indonesia pada Kejuaraan Voli Asia adalah menduduki peringkat keempat pada 2017.

Dari enam kali berlaga, Indonesia meraih tiga kemenangan dan tiga kekalahan. Indonesia menderita tiga kekalahan saat bertemu China, Korea Selatan, dan Pakistan. Sementara kemenangan diperoleh saat bertemu Kazakhstan, India, dan Thailand.

Semua kekalahan Indonesia diderita dalam laga lima set. Skor 2-3 menjadi hasil akhir saat Indonesia berhadapan dengan China, Korea Selatan, dan Pakistan.

Di antara tiga negara yang mengalahkan Indonesia, China merupakan tim dengan peringkat akhir tertinggi. China finis sebagai peringkat keempat. Sementara Korea Selatan menempati peringkat kelima, dan Pakistan menduduki peringkat ketujuh.

Farhan Halim menjadi top skor Indonesia pada Kejuaraan Voli Asia. Secara total Farhan mengemas 88 poin, diikuti Agil Angga Anggara yang memproduksi 85 poin.

Peringkat Dunia Naik

Peringkat Timnas voli putra Indonesia melesat di ranking voli dunia FIVB (Federasi Internasional Bola Voli) usai Kejuaraan Voli Asia 2023 dan terus mengalami lonjakan peringkat dalam pembaruan ranking dunia FIVB pada Minggu (27/8/2023).

Dio Zulfikri dkk kini berada di peringkat 55 dunia dengan 61,27 poin. Ini pencapaian yang luar biasa bagi tim besutan Jeff Jiang Jie setelah mengakhiri Kejuaraan Voli Asia 2023 di posisi ke-9.

Bagaimana tidak, sebelum mengikuti turnamen bola voli paling bergengsi di Asia itu. Indonesia mengawali perjuangan dengan peringkat dunia ke-68.

Artinya timnas voli putra Merah Putih mengalami peningkatan 13 anak tangga usai melakoni enam kali pertandingan.

Perbandingan menang-kalah Indonesia juga sama yakni 3 kemenangan dan 3 kekalahan.

Akan tetapi keuntungan lebih banyak didapat Indonesia karena sering melawan tim yang secara rangking dunia berada di atasnya. Kemenangan atas Kazakhstan pada fase grup menghasilkan 6,66 poin untuk Indonesia.

Lalu kemenangan atas India dengan skor 3-0 membuat Indonesia berhak meraup 8,32 poin. Terakhir kemenangan paling besar dicatatkan saat menghadapi Thailand dalam perebutan peringkat 9.

Indonesia menang tiga set langsung dan mendapat 8,79 poin, ini poin tertinggi yang didapat dari Kejuaraan Voli Asia 2023.

Dengan itu, Indonesia mencatatkan tambahan angka sangat tinggi dengan 23,77 poin. Sementara itu, kekalahan yang diterima Indonesia pada tiga laga tak banyak berpengaruh dalam akumulasi poin.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA