Beranda INTERNASIONAL Tornado Hancurkan 5 Negara Bagian Amerika Serikat

Tornado Hancurkan 5 Negara Bagian Amerika Serikat

Tornado
Tornado menerjang negara bagian Amerika Serikat, Kentucky, bahkan beberapa bagian kota “hilang” tersapu. Hal ini diungkapkan Gubernur Kentucky, Andy Beshear

“Ada separuh dari keseluruhan kota-kota di barat Kentucky hilang begitu saja. Sangat sulit dilihat,” ujar Beshear, Sabtu (11/12).

Ia kemudian berkata, “Tornado ini bisa menyapu hingga 200 mil lebih. Semua yang dilewatinya hilang, seperti rumah, tempat bisnis, gedung pemerintah, semuanya hilang. Ada puing fasilitas industri di pohon-pohon. Situasi ini tak pernah terbayangkan.”

Mayfield merupakan salah satu kota di Kentucky yang terkena dampak paling parah. Wali Kota Mayfield, Kathy Stewart O’Nan, pun mengakui bahwa tornado ini begitu parah.

“Terlihat seperti bom meledak di sini,” tutur O’Nan.

Akibat tornado ini, jalan-jalan di Kentucky hancur, sementara rumah dan bangunan lainnya ambruk. Ruas-ruas jalan juga terlihat retak.

Berdasarkan pantauan PowerOutage.com, listrik di sekitar 200 ribu rumah di Kentucky dan Tennessee juga padam akibat serangkaian badai ini.

Beshear mengatakan bahwa jajarannya langsung meminta Gedung Putih untuk mendeklarasikan status darurat agar pemerintah pusat dapat mengerahkan segala sumber daya ke daerah-daerah terdampak bencana ini.

Sementara itu, Presiden Joe Biden sendiri mengaku sudah mendapatkan laporan mengenai badai yang menyapu lima negara bagian AS tersebut. Ia berdua karena terlampau banyak warga meninggal dunia akibat sapuan bencana ini.

“Pagi ini, saya diberi tahu mengenai tornado di kawasan tengah AS. Kehilangan orang-orang kesayangan akibat badai seperti ini merupakan tragedi yang tak terbayangkan,” tulis Biden di Twitter.

Ia kemudian menuliskan, “Kami bekerja sama dengan para gubernur untuk memastikan mereka punya yang dibutuhkan, sementara proses pencarian warga selamat dan pendataan kerusakan terus berlanjut.”

BACA JUGA  Wanita Hamil dituduh Rusia Palsukan Luka Saat Pemboman Rumah Sakit di Ukraina Melahirkan

Menurut Beshear, sejauh ini korban meninggal dunia akibat rangkaian tornado di Kentucky mencapai setidaknya 70 orang.

“Kami awalnya meyakini kami kehilangan 50 warga Kentucky. Sekarang, saya yakin bahwa jumlahnya meningkat menjadi 70. Korban kemungkinan mencapai 100 sebelum hari ini berakhir,” ucap Beshear, sebagaimana dikutip AFP.

Secara keseluruhan, total 30 tornado menyapu enam negara bagian AS sejak Jumat (10/12). Selain Kentucky, lima negara bagian lainnya juga diterjang tornado, yaitu Arkansas, Illinois, Missouri, Mississippi, dan Tennessee.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakTerkait Pemukulan Murid SD, PEKAT IB Pessel Minta Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi Tegas
Artikulli tjetërGuru Pesantren Perkosa 12 Santriwati di Bandung Diduga Penganut Syiah Nusantara