Iklan
Iklan

UFC 259: Rekor Tak Terkalahkan Israel Adesanya Tercoreng

- Advertisement -
UFC 259 harus berakhir dengan kekalahan pertama Israel Adesanya dari sang juara Jan Blachowicz di UFC APEX, Las Vegas, AS, Minggu (7/3/2021) pagi WIB.

Laga pada puncak UFC 259 ini mempertemukan dua petarung juara yaitu Jan Blachowicz dari divisi kelas berat ringan dan Israel Adesanya dari divisi kelas menengah. Pertarungan itu dimenangkan oleh Jan Blachowicz melalui keputusan angka mutlak.

Pertandingan diawali dengan tempo yang agak lambat. Blachowicz dan Israel Adesanya berusaha mencari serangan pembuka dengan sesekali melepaskan tendangan kaki. Blachowicz justru mengambil inisiatif pertama dengan pukulannya tetapi Israel Adesanya bisa menghindar sebelum membalasnya beberapa detik berselang.

Blachowicz cukup baik dalam menghindari tendangan kaki (low leg kick) dari Israel Adesanya dengan melakukan penyesuaian dengan kuda-kudanya. Pertarungan masih dilakukan dalam posisi berdiri hingga ronde pertama berakhir. Belum ada serangan yang sangat signifikan sejauh ini.

Israel Adesaya masih berhati-hati dengan serangannya. Posisi The Last Stylebender hampir terancam dua kali ketika kehilangan keseimbangan. Blachowicz mencoba melakukan takedown pada kesempatan kedua tetapi Adesanya sanggup meloloskan diri.

Blachowicz sedikit lebih aktif dalam melakukan serangan. Namun, Adesanya juga tidak kalah. Laga pun masih berjalan dengan seimbang.

Pada ronde kedua, Blachowicz kembali mengeluarkan kemampuan grappling-nya tetapi upanya kembali digagalkan Adesanya. Adesanya bahkan mampu membalas dengan pukulan dan tendangan yang mengenai kepala Blachowicz.

Agresivitas Adesanya coba diredam Blachowicz dengan clinch. Adesanya merespons dengan pukulan ke arah badan hingga kembali berhasil lolos. Kedua petarung melanjutkan duel mereka di tengah arena. Blachowicz kembali melakukan clinch dengan mendorong Adesanya ke dinding oktagon pada menit terakhir ronde.

Adesanya kembali lolos dan sempat mencoba melancarkan serangannya ke arah Blachowicz hingga ronde ketiga selesai.

Ronde ketiga dibuka dengan upaya Blachowicz melakukan clinch. Blachowicz tampaknya berusaha menguras stamina Adesanya. Adesanya lolos dan mencoba merespons sebelum tubuhnya mampu dijatuhkan oleh upaya takedown dari Blachowicz.

Blachowicz berusaha mengontrol pergerakan tubuh Adesanya. Blachowicz mampu memegang kendali selama kurang lebih tiga menit hingga ronde keempat berakhir. Dominasi tersebut memberi tambahan angka bagi Blachowicz setelah laga yang berlangsung sengit pada tiga ronde pertama.

Adesanya berusaha bangkit pada ronde kelima. Serangannya cukup akurat dan beberapa kali mengenai tubuh Blachowicz. Namun, Blachowicz mencoba mengambil kendali dengan upaya takedown. Usaha petarung Polandia itu tak dapat diantisipasi dengan baik oleh Adesanya.

Blachowicz kembali berada di posisi yang diuntungkan dengan ground-and-pound. Keunggulan dalam postur badan membantunya untuk mengendalikan Adesanya. Blachowicz menegaskan keunggulannya pada ronde kelima lantaran situasi tidak berubah hingga bel ronde terakhir berbunyi.

Dominasi pada dua ronde terakhir membantu Blachowicz memenangkan hati juri. Blachowicz dinyatakan keluar sebagai pemenang melalui keputusan angka mutlak. Skornya pun cukup mencolok 49-46, 49-45, 49-45 yang artinya Blachowicz hanya kehilangan satu ronde dari Adesanya.

Ini menjadi kesuksesan pertama bagi petarung berusia 38 tahun tersebut dalam mempertahankan gelar juara kelas berat ringan UFC. Sementara, Adesanya masih mempertahankan gelar kelas menengah meski rekor pertandingannya di MMA tercoreng dengan kekalahan pertama.

Adesanya sebelumnya tak terkalahkan dalam 20 pertandingan di semua ajang MMA.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA