Iklan
Iklan

Uighur Australia Putus Asa Kerabat Mereka Hilang Tanpa Jejak di China

- Advertisement -
Yusuf Hussein adalah warga negara Australia dari etnis Uighur yang tinggal di kota kecil Adelaide. Dia dan kelima anaknya biasa berbicara dengan orang tuanya yang sudah lanjut usia setiap minggu, namun sejak 2017 dia tidak dapat menghubungi mereka.

“Tiba-tiba, [mereka] menghilang dan tidak satupun dari mereka menjawab telepon saya,” ujar Hussein seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (4/6/2021).

“Mereka tidak mengirimi saya pesan sama sekali. Saya mencoba mengirim pesan. Tak satu pun dari mereka merespons,” imbuhnya.

Sebuah laporan baru-baru ini dari Human Rights Watch menuduh pemerintah China melakukan “kejahatan terhadap kemanusiaan” terhadap sebagian besar Muslim Uighur di wilayah barat Xinjiang.

Kejahatan termasuk pemenjaraan, kerja paksa, kekerasan seksual, penyiksaan, pembunuhan dan penghilangan paksa.

Hussein percaya ayahnya, yang berusia 85 tahun, ibu dan saudara kandungnya telah dipindahkan ke apa yang dia gambarkan sebagai “kamp konsentrasi” – pusat penahanan skala besar yang menurut PBB dapat menampung sekitar satu juta orang Uighur.

Pemerintah China menyebut pusat-pusat tersebut sebagai kamp “pendidikan” yang menawarkan “pelatihan keterampilan kejuruan”.

Presiden Asosiasi Uighur Victoria, Alim Osman, mengatakan pada penyelidikan parlemen baru-baru ini ada sekitar 5.000 orang Uighur yang tinggal di Australia, dengan sekitar 1.500 di antaranya diperkirakan berada di Adelaide, sebuah kota berpenduduk 1,3 juta orang di pantai selatan.

Uighur
Anggota keluarga Yusuf Hussein di provinsi Xinjiang, yang dia katakan tidak dapat dihubungi sejak 2017 [Courtesy of Yusuf Hussein]
Banyak orang Uighur yang tinggal di Australia memiliki kisah serupa tentang orang-orang terkasih yang ditahan atau hilang sama sekali.

Tidak ada yang bisa memberi kami jawaban

Marhaba Yakub Salay, 33, seperti Hussein, juga merupakan warga negara Australia dari etnis Uighur yang tinggal di Adelaide, setelah pindah ke negara itu pada tahun 2011.

Kakak perempuannya Mayila Yakufu juga saat ini dipenjara di Xinjiang untuk kedua kalinya. Ketika Yakufu dibebaskan setelah dia pertama kali diinternir selama 10 bulan pada tahun 2017, Salay berbicara dengannya melalui telepon selama sekitar 10 menit.

Selama percakapan, Yakufu tidak mengatakan di mana dia berada. “Saya mencoba bertanya padanya – ke mana Anda pergi dalam 10 bulan terakhir?” Salay mengatakan kepada Al Jazeera.

“Dia tidak mengatakan apa-apa, tetapi dia berkata, ‘Jangan khawatir tentang kami – Partai Komunis Tiongkok [adalah] menjaga kami dengan sangat baik.’”

Salay percaya bahwa saudara perempuannya menelepon bukan dari rumah, tetapi dari lokasi lain di bawah pengawasan pemerintah. Itu terakhir kali mereka berbicara dan pada Mei 2019, Yakufu ditangkap lagi.

Menurut email dari Departemen Luar Negeri Australia (DFAT) – yang telah dilihat Al Jazeera – saudara perempuan Salay ditangkap “karena dicurigai mendanai kegiatan teroris”.

Tuduhan itu, jelas Salay, didasarkan pada uang yang ditransfer oleh saudara perempuannya kepada orang tua mereka, yang juga tinggal di Adelaide. Uang ini, kata Salay kepada Al Jazeera, bukan untuk terorisme, tetapi untuk membeli rumah.

“Kami mendapatkan semua bukti di sini,” kata Salay. “Ini bukti hitam dan putih – tetapi pemerintah China masih menuduh saudara perempuan saya mendukung terorisme di luar negeri.”

Salay percaya bahwa tuduhan semacam itu telah ditemukan oleh pemerintah China untuk tujuan menahan saudara perempuan Uighur-nya, dengan email DFAT yang menyatakan saudara perempuannya kemungkinan akan ditahan “di penjara tradisional, daripada di kamp pendidikan ulang”.

Almas Nizanidin juga memiliki orang yang dicintai, seorang warga negara Uighur Australia, “menghilang”.

Pada 2017, istrinya Buzainafu Abudourexiti, yang kini berusia 29 tahun, dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara atas apa yang dia katakan “tanpa tuduhan” dan “tanpa bukti”.

Nizanidin telah merencanakan untuk kembali ke China untuk membantu istrinya beremigrasi ke Australia, di mana dia telah tinggal sejak 2009, tetapi dia diinternir sebelum dia bisa melakukannya, dan dia tidak mengetahui keberadaannya.

“[Pihak berwenang Tiongkok] tidak akan memberi tahu saya apa pun. Mereka memberi tahu kami ‘ini perintah dari atasan,'” katanya kepada Al Jazeera.

“Saya sudah ke mana-mana [di China] dan tidak ada yang bisa memberi saya jawaban.”

Nizanidin mengatakan ibunya – seorang guru matematika SMA berusia 55 tahun – juga ditangkap dan dikirim ke pusat penahanan selama lebih dari dua tahun.

Dia akhirnya dibebaskan tahun lalu, tetapi Nizanidin mengatakan bahwa sejak dia berbicara dengan ibunya di telepon, dia tidak akan mengatakan apa-apa tentang pengalamannya.

“Dia kaget, dia takut. Dia tidak ingin mengatakan apa-apa,” katanya.

“Dia mengatakan kepada saya, ‘Diam, tetap diam. Lakukan saja urusan Anda sendiri – jangan katakan apa pun yang menentang pemerintah China.’”

Hussein, Salay dan Nizanidin semuanya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pemerintah federal Australia telah memberikan dukungan untuk penyelidikan atas apa yang terjadi pada orang yang mereka cintai.

Dalam kasus terpisah, Australia akhirnya bisa membawa pulang istri pria Uighur lainnya, Sadam Abdusalam, pada Desember 2020. Ia tak kenal lelah berkampanye agar keluarganya bisa bersatu kembali.

Namun, Nizanidin mengatakan bahwa pemerintah Australia bersikap hati-hati pada masalah penghilangan dan penahanan Uighur karena hubungan perdagangan ekonomi yang erat dengan China.

Ini adalah sentimen yang dibagikan oleh Salay.

“Saya tahu kadang-kadang uang berbicara. Tapi uang harus bersih, bukan?” katanya kepada Al Jazeera.

Pengaruh Perdagangan

China adalah mitra dagang terbesar Australia, menyumbang 168 miliar dolar Australia (US$128,6 miliar) dalam ekspor pada 2019-20, setara dengan sepertiga dari semua perdagangan global Australia.

Baru-baru ini, hubungan perdagangan ini semakin diperburuk oleh seruan Australia untuk menyelidiki asal-usul virus corona di China dan tuduhan kerja paksa di antara perusahaan-perusahaan China di Xinjiang telah membawa perjanjian perdagangan Australia di bawah pengawasan lebih lanjut.

Pada akhir 2020, sebuah laporan muncul yang menunjukkan bahwa pemerintah Victoria – negara bagian terpadat kedua di Australia – memiliki kesepakatan dengan perusahaan kereta api China yang terkait dengan kerja paksa Uighur.

Laporan Australian Strategic Policy Institute (ASPI), Uyghurs For Sale, mengidentifikasi 82 ​​perusahaan asing dan China “berpotensi secara langsung atau tidak langsung mendapat manfaat dari penggunaan pekerja Uighur di luar Xinjiang melalui program transfer tenaga kerja kasar baru-baru ini pada 2019”.

Perusahaan yang diidentifikasi dalam laporan tersebut termasuk CRRC, yang menurut ASPI merupakan bagian dari kontrak senilai dua miliar dolar Australia (US$1,5 miliar) untuk membangun 65 kereta api bagi pemerintah Victoria.

Uighur
Almas Nizanidin dengan istrinya Buzainafu Abudourexiti, yang telah ditahan sejak 2017. Dia tidak memiliki kontak dengannya sejak [Sumber Almas Nizanidin]
Dalam sebuah pernyataan kepada Al Jazeera, seorang juru bicara mengatakan pemerintah Victoria “sangat prihatin dengan tuduhan kerja paksa yang terkait” dengan perusahaan yang terkait dengan proyek kereta api Victoria.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pemerintah telah menerima “jaminan berulang dari produsen bahwa tidak ada bukti kerja paksa dalam rantai pasokan mereka”.

Meskipun ada seruan dari oposisi untuk memberikan bukti jaminan tersebut, belum ada yang ditawarkan. Sebaliknya, Menteri Transportasi Oposisi David Davis telah mengambil langkah dramatis untuk mendapatkan bukti semacam itu melalui proses pengadilan sipil.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera, Davis mengakui bahwa “sangat sulit untuk melihat ke bawah rantai pasokan” untuk bukti kerja paksa.

Namun, dia juga mengatakan bahwa “jika menteri telah menerima jaminan [bahwa kerja paksa Uighur tidak digunakan] kami ingin melihat apa jaminan itu” dan mempertanyakan mengapa pemerintah “berjuang keras” untuk menahan bukti tersebut.

Dengan pemerintah Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada semuanya memberikan tekanan baru-baru ini pada China atas perlakuannya terhadap minoritas Uighur, Hussein, Salay, dan Nizanidin semuanya percaya bahwa pemerintah Australia harus mengikutinya.

“Pemerintah Australia dapat mengenali ini adalah genosida dan menekan pemerintah China untuk membebaskan saudara perempuan saya,” kata Salay.

Bagi mereka bertiga, masalahnya sederhana dan manusiawi: tiga warga negara Australia tetap tidak berhubungan dengan orang yang mereka cintai.

“Saya harus berbicara dengan istri saya,” kata Salay. “Aku hanya ingin berkumpul kembali dengan keluargaku.”

Rasa sakit dari perpisahan ini semakin diperparah selama Idul Fitri baru-baru ini.

“Hari ini adalah hari Idul Fitri kami dan kami biasa menelepon mereka dan berbicara dengan [keluarga kami],” kata Hussein kepada Al Jazeera.

“Tapi kami menangis. Bahkan anak-anak saya – yang tertua berusia 11 tahun – dia juga bertanya, ‘Di mana kakek saya? Di mana nenek saya?’”

SUMBER: AL JAZEERA

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA