Iklan
Iklan

Uni Eropa Wajibkan USB Type-C Untuk Handphone Baru

- Advertisement -
Produsen barang elektronik akan dipaksa untuk membuat solusi pengisian daya universal untuk ponsel dan perangkat elektronik kecil, di bawah aturan baru yang diusulkan oleh Komisi Eropa (European Commission/EC). Semua smartphone yang dijual di UE harus memiliki pengisi daya USB Type-C, kata proposal tersebut.

Tujuannya adalah untuk mengurangi pemborosan dengan mendorong konsumen untuk menggunakan kembali pengisi daya yang ada saat membeli perangkat baru.

Apple telah memperingatkan langkah seperti itu akan membahayakan inovasi.

Perusahaan teknologi itu adalah produsen utama smartphone yang menggunakan port pengisian daya khusus, karena seri iPhone-nya menggunakan konektor “Lightning” buatan Apple.

uni eropa usb type-c

“Kami tetap khawatir bahwa peraturan ketat yang mengamanatkan hanya satu jenis konektor menghambat inovasi daripada mendorongnya, yang pada gilirannya akan merugikan konsumen di Eropa dan di seluruh dunia,” kata perusahaan itu kepada BBC.

Apple menambahkan bahwa mereka bertujuan untuk membuat setiap perangkat Apple dan penggunaan karbon netral pada tahun 2030.

Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan port pengisian USB micro-B, atau telah beralih ke standar USB Type-C yang lebih modern.

Model baru iPad dan MacBook menggunakan port pengisian USB Type-C, seperti halnya model ponsel kelas atas dari produsen Android populer seperti Samsung dan Huawei.

Sekitar setengah dari pengisi daya yang dijual dengan ponsel di Uni Eropa pada tahun 2018 memiliki konektor USB micro-B, sementara 29% memiliki konektor USB Type-C dan 21% konektor Lightning, menurut studi pada tahun 2019.

uni eropa usb type-c

Politisi UE telah berkampanye untuk standar umum selama lebih dari satu dekade, dengan penelitian memperkirakan bahwa kabel pengisi daya yang usang menghasilkan lebih dari 51.000 ton limbah per tahun.

Pada tahun 2009, ada lebih dari 30 pengisi daya yang berbeda, sedangkan sekarang sebagian besar model tetap menggunakan tiga – USB-C, Lightning, dan USB mikro-B.

“Memiliki satu standar pengisian yang sama akan menjadi kemenangan bagi akal sehat di mata konsumen,” kata Ben Wood, seorang analis di CCS Insight.

“Meskipun Apple telah membuat argumen yang kuat untuk mempertahankan konektor Lightning, mengingat satu miliar pengguna iPhone aktif, beberapa produknya termasuk Mac dan iPad sekarang mendukung USB Type-C.

“Mudah-mudahan pada akhirnya tidak menjadi masalah jika Apple terus menambahkan USB-C ke lebih banyak perangkat.”

uni eropa usb type-c

Mungkin perlu beberapa tahun sebelum proposal itu mulai berlaku.

Proposal legislatif yang dikenal sebagai Directive itu, akan diperdebatkan oleh Parlemen Eropa dan pemerintah nasional.

Parlemen Eropa dan negara-negara anggota dapat menyarankan amandemen proposal. Hanya setelah EC menyetujui amandemen ini, arahan akan diberlakukan.

EC berharap itu akan terjadi pada 2022 – setelah itu negara-negara anggota biasanya memiliki waktu dua tahun untuk memberlakukan aturan menjadi undang-undang nasional, dan produsen akan memiliki satu tahun lagi untuk mengubah port pengisian daya mereka.

“Kami memberi banyak waktu kepada industri untuk menemukan solusi mereka sendiri, sekarang saatnya untuk tindakan legislatif untuk pengisi daya bersama. Ini adalah kemenangan penting bagi konsumen dan lingkungan kami dan sejalan dengan ambisi hijau dan digital kami,” Wakil Komisi kata Presiden Margrethe Vestager.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA