Iklan
Iklan

Ustaz Syamsi Ali, Pria asal Bulukumba Sulsel Ini 25 Tahun Jadi Imam Besar di New York

- Advertisement -
Muhammad Syamsi Ali, atau biasa dipanggil ustaz Syamsi Ali, pria kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan ini merupakan imam di Islamic Center of New York dan direktur Jamaica Muslim Center, sebuah yayasan dan masjid di kawasan timur New York, Amerika Serikat.

Yayasan dan masjid ini dikelola komunitas muslim asal Asia Selatan. Syamsi Ali aktif dalam kegiatan dakwah Islam dan komunikasi antaragama di Amerika Serikat.

Melalui channel YouTube Edriana Views, Ustaz Syamsi Ali mengungkapkan bahwa ia pertama kali datang ke Kota New York pada tahun 1996. Ia diundang untuk memimpin masjid milik warga Indonesia, kemudian terjadi serangan teroris pada tahun 2001 yang meruntuhkan Gedung WTC.

“Lalu saya diminta jadi imam Islamic Center di Manhattan, kota New York. Sebenarnya tidak ada istilah masjid raya di Amerika, tapi itulah masjid terbesarnya, besar karena bukan jumlah jamaah tapi itulah Gedung yang termewah dan termegah Ketika itu,” ujar Syamsi Ali, dikutip dari YouTube Edriana Views, Rabu (26/5/2021).

Perjalanan ustaz Syamsi Ali di New York, bisa anda simak melalui channel YouTube Edriana Views berikut ini:

Sejarah singkat

Syamsi Ali, menyelesaikan SD di Desa Lembanna, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, oleh orang tuanya ia dimasukkan ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul-Arqam Makassar.

Setelah tamat dari pesantren 1987, Syamsi Ali mengabdikan diri sebagai staf pengajar di almamaternya hingga akhir 1988. Ia mendapat tawaran beasiswa dari Rabithah Alam Islami untuk melanjutkan studi ke Universitas Islam Internasional, Islamabad, Pakistan.

Ustaz Syamsi Ali

Jenjang S1 dalam bidang Tafsir diselesaikan tahun 1992 dan dilanjutkan pada universitas yang sama dan menyelesaikan jenjang S2 dalam bidang Perbandingan Agama pada tahun 1994.

Selama studi S2 di Pakistan, Syamsi Ali juga bekerja sebagai staf pengajar pada sekolah Saudi Red Crescent Society di Islamabad. Dari sekolah itulah kemudian mendapat tawaran untuk mengajar pada The Islamic Education Foundation, Jeddah, Arab Saudi pada awal tahun 1995.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA