Iklan
Iklan

Warga Palestina Dihantui Ketakutan dan Kebingunan “Tak Ada Tempat yang Aman untuk Pergi”

- Advertisement -

Warga Palestina dihantui ketakutan dan kebingungan, mereka hampir tak bisa tidur karena suara dentuman bom Israel dan sirene ambulans Palestina meraung-raung menyelamatkan warga yang terluka maupun yang sudah tak bernyawa.

Warga Palestina yang ada di jalur Gaza digempur dengan bom yang setiap saat mengancurkan bangunan yang ada di sekitar mereka. Bahkan, tempat pengungsian PBB pun diberhangus oleh militer Israel secara membabi-buta.

Serangan yang dilakukan militer Israel sebagai pembalasan atas serangan mendadak oleh Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Pada Jumat pagi, militer Israel telah mengeluarkan perintah evakuasi untuk lebih dari satu juta orang di Jalur Gaza utara – hampir setengah dari total 2,3 juta penduduk.

Perintah itu datang menjelang invasi darat yang ditakuti, namun sebagian warga Palestina mulai merasa tidak ada gunanya pergi.

“Tidak ada tempat yang aman untuk pergi. Ke mana saya harus pergi?” ujar salah seorang warga Palestina, melalui telepon dari rumahnya.

Dia adalah salah satu dari banyak orang di Kota Gaza yang mengatakan mereka harus tinggal karena mereka tidak dapat pergi ke selatan.

‘Tidak ada ruang’

Dalam sebuah pernyataan pers, kepemimpinan Hamas menyebut tatanan Israel sebagai “perang psikologis”.

“Perkembangan saat ini di Gaza mewakili upaya yang luar biasa berani dan brutal untuk secara paksa memindahkan rakyat Palestina dari tanah mereka,” ujar Izzat al-Risheq, anggota biro politik Hamas.

Elewa akhirnya tinggal di Shujayea dengan beberapa sepupu dan saudara perempuannya, sementara yang lain di keluarganya pergi ke sekolah yang digunakan sebagai tempat penampungan atau kerabat di selatan.

Warga Palestina
Sumber Foto: Al Jazeera
Lebih dari 270.000 warga Palestina yang terlantar telah mencari perlindungan di 88 sekolah yang dikelola oleh UNRWA, badan PBB yang memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina, di Jalur Gaza utara.

Namun, tempat itu begitu padat penuh sesak, satu ruangan pun sudah diisi 50 orang ujar salah seorang pengungsi yang kakinya diamputasi ketika dia terluka dalam protes perbatasan Gaza lima tahun lalu.

“Saya ingin pergi bersama mereka [keluarga saya], tetapi tidak ada ruang,” kata Elewa.

“[Sekarang], mereka meminta semua orang untuk pergi, tetapi secara harfiah tidak ada tempat untuk pergi. Mereka hanya menyuruh kami berdiri di jalan,” tambahnya, campuran panik dan marah dalam suaranya.

Ledakan keras terdengar di ujung lain panggilan dan koneksi telepon terputus.

Setidaknya 1.300 orang tewas dalam serangan terhadap Israel, sementara setidaknya 1.799 warga Palestina termasuk 583 anak-anak telah tewas dalam pemboman Israel di Gaza.

Sementara, PBB telah meminta Israel untuk membatalkan perintah evakuasi terhadap warga Palestina. karena perintah Israel itu merupakan kejahatan kemanusiaan yang mengerikan.

Ribuan orang terlihat menuju ke selatan dengan kendaraan dan berjalan kaki pada hari Jumat, memegangi anak-anak mereka dan barang-barang yang sedikit.

Tetapi banyak yang tidak bisa pergi – seperti banyak pasien di rumah sakit Gaza yang kewalahan.

“[Tidak mungkin] untuk mengevakuasi rumah sakit Al-Shifa,” kata Dr Yusuf Abu al-Rish, wakil menteri kesehatan Gaza, dalam sebuah pesan kepada wartawan, merujuk pada rumah sakit terbesar di Jalur Gaza, yang membentang lebih dari kapasitas 500 tempat tidur.

“Semua rumah sakit lain penuh dengan pasien yang terluka,” tambah Abu al-Rish.

“Sebagian besar kasus tidak cukup stabil untuk diangkut,” katanya. “Bahkan jika ada keputusan [untuk mengungsi], itu tidak berlaku sama sekali.”

Salah seorang warga Palestina, Abu Safia, yang telah kehilangan banyak anggota keluarga besarnya dalam seminggu terakhir. Dia berlindung di sebuah sekolah yang dikelola gereja dengan keluarganya yang terdiri dari empat orang.

“Jika Anda melihat orang-orang, Anda dapat melihat ketakutan di mata mereka, tidak ada yang bisa berbicara,” kata Abu Safia.

‘Para pemimpin dunia harus angkat bicara’

“Saya menonton video-video itu [orang-orang yang melarikan diri] hari ini dan saya menangis,” kata Wafaa al-Qudra yang berusia 36 tahun dikutip dari Al Jazeera.

“[Israel] tahu kita berada dalam keadaan perang dan tidak ada alat transportasi,” tambah al-Qudra, “Apakah mereka hanya mencoba mempermalukan orang?”

“Perintah ini tidak mengubah kewajiban Israel dalam operasi militer untuk tidak pernah menargetkan warga sipil dan mengambil semua langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan bahaya bagi mereka,” kata Clive Baldwin, penasihat hukum senior di Human Rights Watch.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA