Iklan
Iklan

Waspada! Produk di Marketplace Dipenuhi Barang Palsu dan Ilegal

- Advertisement -
37.488 tautan produk di marketplace telah dihapus oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) di sepanjang tahun 2022. Produk di marketplace yang dihapus tersebut dinilai telah melanggar aturan pemerintah.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Veri Angrijono mengungkap produk di marketplace yang ditindak di antaranya produk minyak goreng kemasan, pakaian dewasa, obat sirup, dry shampoo, dan jasa pembukaan blokir IMEI.

Dikatakan oleh Veri, pada umumnya tautan yang diturunkan dari marketplace berupa produk minyak goreng dalam kemasan, yakni sebanyak 25.653 tautan.

Juga dilakukan pengawasan terhadap produk dengan sistem penjualan langsung (MLM) yang diperdagangkan secara daring sebanyak 11.678 tautan.

“Kemudian, terhadap pakaian dewasa yang dijual dengan menggunakan merek tertentu secara ilegal sebanyak 756 tautan,” ujar Veri, melalui keterangan resmi, Kamis (29/12/2022).

Kemudian, ada 81 tautan peredaran obat sirup yang mengandung cemaran etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butil eter (EGBE) turut dihapus dari marketplace.

Juga sejumlah 76 tautan perdagangan jasa ilegal berupa yang menawarkan jasa buka blokir IMEI di marketplace juga dihapus.

Veri mengatakan tindakan tegas itu dilakukan sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

“Pengawasan PMSE dilaksanakan bertujuan untuk melindungi konsumen dan memastikan tata kelola PMSE berjalan dengan baik,” ujar Veri.

Barang atau jasa yang diperdagangkan kata secara langsung maupun melalui sistem elektronik dan segala bentuk pelanggaran yang terjadi, akan dilanjutkan ke ranah penegakan hukum berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA