Iklan
Iklan

WhatsApp Pink Aplikasi Penipuan yang Harus Diwaspadai, Jangan Diunduh

- Advertisement -
WhatsApp Pink merupakan aplikasi penipuan yang harus diwaspadai. Disarankan agar tidak mengunduh dan memasang aplikasi tersebut .

Segera buang aplikasi WhatsApp Pink apabila telah terpasang di ponsel Anda. Aplikasi ini muncul seolah-olah versi resmi terbaru dari WhatsApp, padahal ini hanya merupakan modus scam WhatsApp.

Baru-baru ini, Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) melalui Cyberjaya mengingatkan bahaya aplikasi ini. Aplikasi ini muncul dengan tema pink dan berbagai fitur terkini yang tersedia untuk diunduh

Tentang scam WhatsApp Pink

Apa itu scam WhatsApp Pink?

Mengutip Gadgets Now, penipu akan mengirim pesan yang meminta pengguna mengunduh New Pink Look WhatsApp with extra features. Aplikasi itu malware berbahaya.

Mengunduh aplikasi ini sama dengan memberi penipu akses ke data ponsel yang memungkinkan untuk mencurinya. Data yang dicuri mencakup informasi sensitif seperti informasi bank, OTP, nomor kontak, foto, dan lain-lain.

Meretas kontak teman atau keluarga

Pengunduhan pesan melalui aplikasi juga bisa berasal dari teman atau kontak yang ponselnya diretas. Versi aplikasi palsu tidak hanya meretas ponsel pengguna, tapi juga mengirim pesan ke seluruh daftar kontak dan meminta untuk mengunduh aplikasi yang sama.

WhatsApp Pink hanya pengguna Android

Peringatan penipuan melalui aplikasi ini hanya untuk pengguna Android karena Apple tidak mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga atau file APK. Aplikasi WhatsApp Pink menyebar melalui toko aplikasi pihak ketiga dan file APK.

Hilang kendali karena Apilikasi

Mengunduh WhatsApp Pink, pengguna rentan berisiko kehilangan kendali atas perangkat seluler sepenuhnya. Penipu memasang spyware yang memberi akses penuh ke ponsel pengguna termasuk panggilan dan pesan.

Menyalahgunakan foto pribadi

Badan keamanan cyber dan polisi India telah memperingatkan pengguna, peretas juga bisa menggunakan foto pribadi di galeri ponsel. Penyalahgunaan itu untuk memeras atau menggunakannya untuk tujuan yang buruk.

Kalau telanjur mengunduh aplikasi ini?

Jika sudah terlanjur mengunduh aplikasi WhatsApp Pink, segera hapus. Setelah itu, backup data, kemudian format atau melakukan reset pabrik.

Bagaimana tetap aman dari scam?

Memastikan untuk mengunduh aplikasi WhatsApp atau pembaruan apa pun dari Google Play Store saja. Tidak mengunduh WhatsApp versi apa pun dari sumber pihak ketiga atau file APK.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA