Beranda DAERAH Zul Elfian Umar: UKM di Kota Solok Harus Naik Kelas karena Ujung...

Zul Elfian Umar: UKM di Kota Solok Harus Naik Kelas karena Ujung Tombak Pergerakan Ekonomi

Zul Elfian Umar
Prokomp Kota Solok
Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengungkapkan harapannya terkait pembenahan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Solok. Dia menyatakan, UKM di Kota Solok harus naik kelas, sebab UKM merupakan ujung tombak pergerakan ekonomi di Kota Solok.

Hal ini disampaikan Zul Elfian Umar, ketika membuka secara resmi pelatihan pengembangan usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) se-Kota Solok, Di Hotel Taufina Kota Solok, Senin (07/11/2022).

Wali Kota Solok, mengatakan, dalam rangka peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Solok pada saat ini, peran strategis UKM sangat menentukan. UKM di Kota Solok masih bisa bertahan pada tatanan ekonomi dasar, namun masih perlu dilakukan beberapa pembenahan.

“UKM sebagai ujung tombak pergerakan ekonomi yang kuat dan mandiri serta menjadi wadah utama pembinaan masyarakat golongan ekonomi lemah,” ujarnya.

“Menyikapi hal tersebut, kita menyadari bahwa banyak hal yang harus dilakukan untuk kemajuan UKM di Kota Solok antara lain pembekalan ilmu dan pengetahuan tentang pengembangan usaha, Digitalisasi Marketing dan pendampingan UKM,” imbuhnya.

Zul Elfian Umar juga mengatakan, dalam upaya memajukan peranan UKM di Kota Solok perlu diadakan pembinaan yang berkelanjutan dan secara komprehensif melalui kegiatan pelatihan-pelatihan, yang diharapkan mampu menerapkan keterampilan dalam penggelolaan usahanya serta akan memberikan nilai positif bagi perekonomian di Kota Solok.

Pelaksanaan pelatihan pengembangan usaha bagi UKM ini merupakan salah satu upaya nyata dalam menata, mengontrol dan mengendalikan usaha. “Selain itu, hal yang perlu dilakukan yaitu pengadministrasian pencatatan keuangan yang tertib dan terarah sesuai dengan aturan pembukuan usaha,” ujarnya.

Zul Elfian Umar menegaskan, Pemerintah Kota Solok berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya penguatan UKM termasuk dalam perizinan usaha, sehingga pelaku UKM mendapatkan perlindungan hukum dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

BACA JUGA  Inilah Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12
Zul Elfian Umar
Prokomp Kota Solok

“Kita sadari bersama bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, untuk itu Kami minta kepada semua pelaku usaha UKM di Kota Solok agar senantiasa berinovasi, berkreasi sehingga kedepannya dapat meningkatkan nilai-nilai produk UKM yang dihasilkan. Harapannya, produk-produk kita bisa keluar dari Kota Solok bahkan menguasai pasar yang ada di Sumatera Barat,” ujar Wali Kota.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini, para pelaku UKM akan mampu membenahi manajemen usaha, terutama digital marketing, teknis berbisnis dan pemaketan hasil usaha serta meningkatkan produktifitas yang berkelanjutan dan konsisten.

“Kita juga berharap agar para pelaku usaha mampu memberikan jawaban atas kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat tidak hanya berperan sebagai konsumen saja di era globalisasi dan perdagangan bebas, namun juga sebagai produsen yang ikut ambil bagian secara aktif dalam perdagangan bebas tersebut,” sebut Zul Elfian Umar.

Wali Kota Solok mengajak semua peserta dan elemen terkait senantiasa menjaga semangat dan berkarya memajukan UKM di Kota Solok dan Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat melaksanakan amanat pembangunan dengan baik.

Facebook Comments

Artikulli paraprakIni Kata Jokowi Soal Kehadiran Presiden Rusia dan Ukraina di KTT G20 di Bali
Artikulli tjetërPotret Tari Erwin Pratomo Istri Kapolres Baubau yang Kepergok ‘Ngamar’ dengan Kasatlantas