Iklan
Iklan

10 Film Pendek Terpilih Kompro 2021 Bakal Tayang di JAFF

- Advertisement -
Kemendikbud Ristek tahun ini menyelenggarakan Kompetisi Produksi (Kompro) Film Pendek 2021 yang dibuka sejak April 2021 yang lalu.

Kompro sebuah kompetisi proposal ide cerita film yang bertemakan Dinamika Kebudayaan. Tema ini diangkat sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal melalui film.

10 Proposal film terpilih dalam Kompro mendapatkan pendukungan dana produksi, workshop perfilman, mentoring dari filmmaker profesional.

Kompro
Konfrensi Pers Ngobras Virtual / Foto : Istimewa

Tak hanya itu, para 10 Film Pendek Terpilih Kompro ini akan diputar di Jogja Netpac Film Festival (JAFF) dan Indonesiana Tv,

Hal itu diutarakan oleh Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Selain tayang perdana di JAFF, film-film ini juga akan ditayangkan di Indonesiana Tv,” kata Ahmad dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Kompro
Ahmad Mahendra Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbud Ristek / Foto: Istimewa

“Iya Flm-film hasil kegiatan Kompro 2021 ini telah mengikuti proses seleksi baik untuk kategori kompetisi film film maupun non kompetisi pada helatan JAFF 2021 yang akan diselenggarakan pada akhir bulan November 2021 mendatang,”tambah Ifa Isfansyah selaku tim kurator yang sekaligus Direktur Jogja Netpac Film Festival.

Kompetisi ini memang menjadi langkah Kemendikbud Ristek untuk menggali potensi-potensi sineas muda yang selama ini tersembunyi.

Selain itu, Kompro Film tahun 2021 diselenggarakan untuk memperkuat ekosistem perfilman melalui kreasi dan produksi dengan mengusung tema Dinamika Kebudayaan Indonesia.

Kompro
Ifa Isfansyah Direktur Jogja Netpac Film Festival/ Foto: Istimewa

“Ke depannya ini jadi upaya kami untuk memperbanyak karya dari Indonesia di luar negeri.  Dan sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal melalui film pendek”kata Ahmad Mahendra.

Dari total 352 proposal yang masuk, Kemendikbud Ristek telah mengkurasi dan memilih 10 film pendek dan difasilitasi sepenuhnya untuk diproduksi.

Jumlah peserta yang mengikuti Kompro 2021 ini mencapai 352 proposal yang berasal dari 30 propinsi dari seluruh Indonesia. Tentunya capaian angka ini merupakan indikasi tumbuhnya bibit-bibit baru filmmaker yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kompro
Culas Salah Satu Film Yang Akan Tayang di JAFF / Foto :istimewa

Proses seleksi dan penjurian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2021 lalu, oleh tim kurasi dan tim juri yang terdiri dari profesional di bidang perfilman antara lain : Ifa Isfansyah (produser/Sutradara), Rahabi Mandra (Sutradara/Penulis Naskah), Rina Damayanti (Produser), Titien Watimena (Penulis Naskah), serta (Alm) Gunawan Maryanto (Aktor/Penulis Naskah).

Para juri telah menentukan 10 Proposal Terpilih Kompro 2021, yaitu sebagai berikut :

“ADE: RIDE TO NOWHERE” – HORE PRODUCTION – Makassar

“CULAS”  – GOODWORK – Jakarta

“GANG PERMAI 2” – HISTORIA KREATOR – Pontianak

“IBU ORA SARE” – Elio Studio – Yogyakarta

“JIWO” – CATCHLIGHT PICTURES INDONESIA – Yogyakarta

‘KABAR DARI KUBUR” – KINOVIA X CHILDHOOD GANG – Tangerang

“MEMBICARAKAN KEJUJURAN DIANA” – KEMBANG LAYAR INDONESIA – Jakarta

“PASUKAN SEMUT” – GERTAK FILM – Pontianak

“RADIO PAKCIK MAHMUD” – ZETTAMIND STUDIOS – Batam

“RASA(H)” – KEMBANG GULA – Solo

10 Proposal Film Pendek Terpilih itu saat ini telah menyelesaikan produksi karya mereka. Dan diharapkan karya-karya ini nantinya dapat menembus berbagai festival film baik nasional maupun internasional.

Dalam proses pengembangan kreatifnya dimentori oleh profesional dibidang perfilman, diantaranya:

  1. “ANGGI FRISCA” –  Director &  DOP
  2. “DEVINA SOFIYANTI” –  Penulis Skenario
  3. “RAHABI MANDRA” –  Sutradara & Penuis Skenario
  4. “BW. PURBA NEGARA” –   Sutradara & Penulis
  5. “ANDI ARFAN SABRAN” –   Penulis
  6. “SIDHARTA TATA –   Sutradara  & Penulis

Jogja Netpac Film Festival ke-16 atau JAFF akan menjadi festival international pertama sekaligus sebagai ajang Gala Premier 10 karya film Kompro 2021 ini.  Dalam festival nanti 10 karya ini akan diputar dalam program khusus LAYAR INDONESIANA, yang merupakan pemutaran karya-karya film pendek terbaik hasil program Kompetisi Produksi Film Pendek Direktorat Perfilman, Musik, dan Media.(EH).

 

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA