Iklan
Iklan

10 Gejala Tipes yang Sering Tidak Disadari

- Advertisement -
Beberapa penyakit cenderung memiliki gejala muncul tanpa disadari, sehingga tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Salah satunya adalah gejala tipes seperti tidak enak badan, demam, hingga kelelahan berlebihan.

Gejala Tipes, memastikan kebersihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi di luar rumah menjadi hal yang wajib dilakukan. Sebab, konsumsi makanan dan minuman yang telah tercemar dan terkontaminasi bakteri bisa berdampak negatif untuk kesehatan tubuh.

Tifus atau disebut juga gejala tipes menjadi salah satu masalah kesehatan yang terjadi karena konsumsi makanan dan minuman yang tidak bersih. Penyakit ini perlu diwaspadai karena bisa memicu komplikasi yang membahayakan. Inilah mengapa, sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala tipes sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan dengan tepat.

Gejala Awal Tipes yang Sering Tidak Disadari

Seseorang yang mengalami gejala tipes bisa menunjukkan gejala yang beragam. Selain itu, gejala awal tipes yang terjadi pada anak dan dewasa juga biasanya tidak berbeda jauh dengan tingkat keparahan yang bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Variasi gejala juga umumnya didasarkan pada riwayat kesehatan, vaksin, dan usia pengidap.

Bakteri yang menyebabkan tipes, yaitu Salmonella typhi akan berinkubasi antara 7-14 hari. Masa inkubasi ini terhitung saat bakteri mulai masuk ke tubuh sampai pengidap menunjukkan gejala. Adapun gejala awal tipes yang kerap terjadi tanpa disadari yaitu:

  • Demam, tidak enak badan, sakit perut.
  • Feses berdarah.
  • Mimisan.
  • Diare atau sembelit.
  • Tubuh kelelahan.
  • Kebingungan.
  • Sakit akut yang ditandai oleh demam, mual, dan hilang nafsu makan.
  • Perasaan seperti lebih lemah dan lambat.
  • Ruam merah atau bintik mawar pada beberapa orang.
  • Sulit memperhatikan.

Oleh karena kerap disangka seperti sakit pada umumnya, tipes sering kali terlambat mendapatkan penanganan. Inilah mengapa, kamu perlu segera melakukan pemeriksaan kesehatan apabila merasa demam yang tidak menghilang setelah 3-5 hari.

Bagaimana Penyakit Tipes Dicegah?

Penyebaran utama penyakit tipes yaitu lewat makanan atau air yang sudah terpapar atau terkontaminasi bakteri. Seseorang dengan kondisi tipes akut akan sangat mudah mencemari air yang ada di sekitarnya melalui feses yang sudah terpapar bakteri. Lalu, air akan mencemari makanan karena bakteri penyebab penyakit tipes akan secara bertahap berkembang di limbah kering atau air.

Siapa saja dapat membawa bakteri penyebab tipes dalam jangka panjang meskipun tidak menunjukkan adanya gejala awal tipes. Inilah alasan pentingnya melakukan pencegahan penyakit tipes sebelum menular atau menyebar ke orang lain. Beberapa cara pencegahan yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Selalu menjaga kebersihan, baik diri sendiri, lingkungan dalam rumah dan luar rumah.
  • Menekan populasi munculnya hewan pengerat.
  • Menghindari melakukan perjalanan ke kawasan yang memiliki risiko tinggi mengalami penyakit tipes.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pembasmi tungau, serangga, dan kutu. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sehingga semua gejala tidak biasa yang kamu alami bisa didiagnosis dengan tepat dan segera mendapat penanganan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA