Iklan
Iklan

10 Langkah Agar YouTube Anda Menghasilkan Uang

- Advertisement -
Berbagai artikel mengenai YouTube bermunculan dengan menyampaikan cara-cara jitu untuk menghasilkan uang dari platform yang satu ini.

Memang, kini bermunculan para YouTuber keren dengan penghasilan yang fantastis dari YouTube. Di Indonesia sendiri kita kenal dengan Deddy Corbuzier, Baim Wong, Ata Halilintar, Andre Taulany, Ria Ricis dan lain-lain.

Tapi tahukah Anda? Tidak semudah yang Anda bayangkan untuk mengais rezeki dari YouTube. Dan Anda perlu waspada sebab kebanyakan tips-tips yang ditawarkan hanya sederetan kata motivasi yang klise, cuma bisa mengubah cara pikir Anda atau membahas hal-hal yang di permukaan saja.

Jangan putus asa! Kami kutip dari dewaweb.com, terkait penjelasan yang langsung tepat sasaran jika Anda memang serius ingin menghasilkan uang dari akun YouTube Anda!

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube!

Menghasilkan uang dari youtube bisa dibilang susah-susah gampang, mungkin setelah menyimak beberapa tips cara menghasilkan uang dari youtube berikut ini dapat membantu Anda untuk membangun channel youtube mu.

1. Membuat YouTube Channel

Langkah pertama untuk mendapatkan uang dari youtube adalah dengan cara buatlah akun terlebih dahulu di YouTube jika Anda belum memilikinya. Coba sign in ke YouTube (Anda bisa menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar, dibandingkan mengisi semua data form lagi dari awal).

Lalu buatlah channel Anda. Pikirkan nama apa yang menarik bagi saluran YouTube Anda dan bagaimana konsep saluran Anda, bagaimana tema atau karakter channel Anda dibandingkan dengan channel atau saluran sejenis.

2. Monetisasi YouTube Channel

Coba sign in ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Anda perlu melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana akan bisa terbayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi

Untuk mendapatkan uang dari youtube dengan mengoptimalkan YouTube channel Anda, beberapa kriteria berikut perlu Anda penuhi atau ikuti:

  • Video harus user-friendly
  • Kontennya harus merupakan karya orisinil Anda agar dapat di-promote
  • Copyrighted videos yang Anda plagiasi dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa jadi lebih baik urungkan niat Anda untuk melakukan plagiasi
  • Video Anda harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube
  • Sekalinya video Anda diaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Jika Anda bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu, Anda dapat menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate Anda.

Buatlah konten yang menunjukkan betapa bagus dan menariknya produk yang ingin ditonjolkan lewat soft promotion. Kemudian buatlah link pada product page Anda di kolom deskripsi YouTube video Anda.

Hal ini kerap kali dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus. Contohnya, pada video musik biasanya banyak di-shoot produk-produk tertentu yang dipakai oleh bintang utama atau penyanyinya.

6. Menjual Video di Website Penjualan Video

Mendapatkan uang dari youtube bisa juga dengan cara menjual video Anda di website komersial yang memberikan sarana untuk Anda para video-maker untuk berjualan hasil karya Anda. Jadi, pada YouTube, Anda dapat mengupload tayangan berupa teaser dan mengarahkan penonton Anda untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Affiliate marketing jelas merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi.

Seiring dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh, di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.

8. Menarik Sponsorship

Jika Anda mengamati para YouTuber terkenal yang sukses di internet, Anda pasti tahu bahwa di hampir semua konten video YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek ini mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

9. Live Speaking

Nantinya, jika Anda sudah memiliki fanbase atau fans yang cukup banyak, Anda dapat mengadakan meeting dan greeting. Anda mungkin saja membuat jadwal yang rutin agar komunitas Anda bisa bertumbuh.

Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan engangement Anda dengan para subscribers atau penonton setia Anda. Nantinya, Anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market Anda.

10. Berpikir Out of The Box

Anda perlu berpikir di luar kebiasaan jika Anda ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral. Berikut, kami akan memberikan contoh-contoh jenis video yang paling banyak ditonton oleh orang-orang dan dapat menghasilkan uang lebih dari YouTube.

Tipe-tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube

Seperti yang telah kami sebutkan di bagian sebelumnya, Anda perlu membuat konten yang menarik. Bagaimana konten yang menarik? Pastinya yang membuat perhatian orang-orang beralih, jadi ingin menonton tayangan video Anda. Berikut adalah beberapa jenis video yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibuat. Selamat bereksperimen!

Tayangan Voice Over

Rekaman suara narasi Anda soal berbagai fakta menarik, komentar Anda seputar berita terkini, pendapat Anda soal film atau musik yang bisa berupa visual menarik sehingga video Anda menarik pula untuk ditonton.

Tayangan List

Tayangan ini memuat daftar yang menarik untuk ditonton secara visual. List yang Anda buat dapat berupa list soal apapun yang dapat dirangkum ke judul menarik semacam, “10 Knockout Terbaik Petinju Wanita UFC” atau “10 Penemuan Tanda-tanda Alien di bumi”. Videonya bisa memuat suara dengan gambar bergerak, atau tulisan dan kolase foto-foto.

Tayangan Tutorial

Tutorial berarti panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Saat ini, sudah banyak video tutorial yang kita temukan di internet. Anda yang gemar merias diri mungkin saja tertarik untuk melakukan prosesi merias wajah yang direkam untuk dibagikan di YouTube channel Anda. Atau, mungkin Anda ingin membuat video iseng soal cara membuat penangkal alien. Cobalah untuk kreatif untuk membuat tayangan yang atraktif (atau bahkan membuatnya viral)!

Tayangan Unboxing

Pada dasarnya, secara psikis, manusia memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Ini juga yang menyebabkan video-video unboxing sangat banyak dicari oleh pengguna YouTube. Mulai dari video Unboxing mainan anak hingga alat-alat teknologi bagi orang dewasa. Semua orang dari berbagai kalangan usia menyukai sensasi “membuka” sesuatu yang tersembunyi atau dibungkus. Sama seperti ketika Anda berbelanja dan mengeluarkan barang belanjaan Anda di rumah. Opini ini telah diteliti pada salah satu artikel yang dipublikasikan oleh MentalFloss .

Tayangan Ilustrasi

Saat ini, ada banyak sekali muncul tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi sangat menarik dan berkualitas luar biasa bagus. Pernah dengar channel YouTube Vox? Atau mungkin Anda yang tertarik untuk mengetahui teori-teori di berbagai bidang, pernah menonton CrashCourse? Konten-konten mereka bisa juga Anda buat dengan gaya ilustrasi dan penuturan Anda sendiri.

Aturan dalam Mencari Uang dari YouTube

Berikut adalah hal-hal aturan dalam mendapatkan uang dari youtube yang boleh Anda lakukan:

  • Membuat video yang tampilannya bagus (resolusi, sudut pengambilan gambar, dsb)
  • Membuat video yang menarik kontennya bagi penonton agar menontonnya dari awal hingga akhir tayangan
  • Membuat video yang meningkatkan engangement, dengan mengajak penonton untuk berkomentar atau share video
  • Mengajak penonton untuk menjadi subscriber pada YouTube channel Anda
  • Memberikan nama atau judul yang sesuai dengan konten tayangan Anda, memberikan deskripsi video yang sesuai pula dan dapat berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO
  • Membuat banyak sekali video sesering mungkin
  • Mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video Anda di semua sosial media yang ada

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan dengan Youtube:

  • Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten suatu YouTube video ke akun YouTube Anda sendiri. Tindakan kecurangan Anda akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan Anda akan dikenakan sanksi
  • Jangan membuat konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube

Mengenal Istilah CPM dan RPM

Jika Anda serius atau sungguh-sungguh ingin menghasilkan uang dari akun YouTube yang Anda kelola, ini berarti Anda tak hanya butuh untuk mengetahui cara-caranya tetapi juga mengenal istilah-istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube Anda. Berikut kami akan memberikan definisi istilah-istilahnya!

Definisi CPM

CPM adalah singkatan dari Cost per Mille . Istilah ini diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Anda, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda yaitu:

Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)

Jadi, kita membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Bingung menghitungnya? Jangan khawatir, kami akan memberikan contoh penghitungannya agar Anda dapat membayangkan berapa banyaknya uang yang Anda dapat hasilkan dari YouTube Anda dengan perumpamaan 1$ sejumlah 10.000 Rupiah:

  • 1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah
  • 10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah
  • 100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah
  • 1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah
  • 10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah

Jumlah uang yang dibayarkan juga dapat naik bila sedang hari raya semacam natal atau lebaran. Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions.

Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Terakhir, bagi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai native language, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Definisi RPM

RPM adalah singkatan dari Revenue per thousand impressions. Dalam hal ini, YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya adalah:

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Ketentuan Youtube

Youtube mengharuskan minimum durasi total video selama 4.000 jam dan dengan 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir, ini ditujukan bagi suatu channel agar bisa masuk ke dalam YouTube Partner Program. Benefit yang didapat dengan tergabung dalam program ini adalah sebuah Channel dapat memasukkan link ke website di akhir video. Selain itu, channel tersebut dapat memasang iklannya di video mereka yang mana saja.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kami telah memberikan sebuah panduan menarik untuk Anda simak jika Anda ingin menghasilkan uang dari YouTube channel Anda. Kami memberikan info-info penting soal cara-caranya, apa yang boleh dan tak boleh dilakukan dalam melakukan monetisasi YouTube video Anda, dan istilah-istilah yang digunakan terkait jumlah uang yang mungkin Anda dapat dari YouTube.

Source: dewaweb.com

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA