Iklan
Iklan

11 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

- Advertisement -

Wortel adalah salah satu jenis sayuran umbi yang mengandung berbagai nutrisi mulai dari serat, vitamin, hingga mineral. Karena kaya akan nutrisi, manfaat wortel untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan, manfaat wortel telah dikenal sebagai makanan yang dapat menunjang kesehatan mata secara menyeluruh.

Untuk mengenal manfaat wortel bagi kesehatan tubuh selengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Kandungan Gizi Wortel

Sebelum mengenal manfaat wortel, ada baiknya untuk mengetahui kandungan gizinya terlebih dahulu. Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, wortel segar seberat 100 gram mengandung berbagai zat gizi berikut ini.

  • Energi: 36 kalori.
  • Air: 89,9 gram.
  • Karbohidrat: 7,9 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Lemak: 0,6 gram.
  • Kalium: 245 miligram.
  • Fosfor: 74 miligram.
  • Natrium: 70 miligram.
  • Kalsium: 45 miligram.
  • Vitamin C: 18 miligram.
  • Zat besi: 1 miligram.
  • Niasin: 1 miligram.
  • Seng: 0,3 miligram.
  • Tembaga: 0,06 miligram.
  • Tiamin (vitamin B1): 0,04 miligram.
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,04 miligram.
  • Beta karoten: 3,784 mikrogram.

Berbagai Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Terdapat berbagai manfaat wortel untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan, mulai dari menjaga kesehatan mata, memelihara kesehatan sistem pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, membantu mengendalikan kadar gula darah, dan masih banyak lagi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat wortel yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan mata dan mengoptimalkan fungsi penglihatan. Kandungan vitamin dalam wortel, terutama vitamin A, lutein, dan zeaxanthin memiliki sifat antioksidan yang dapat meminimalkan risiko terjadinya berbagai penyakit mata, seperti rabun senja, astigmatisme (mata silinder), katarak, hingga degenerasi makula.

2. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat wortel bagi kesehatan berikutnya adalah dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan wortel mengandung serat dan air yang tinggi sehingga dapat membuat tinja menjadi lebih lunak dan padat, melancarkan proses buang air besar, dan mencegah risiko terjadinya konstipasi. Wortel juga kaya akan zat prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroflora baik di dalam usus.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat, dan antioksidan di dalam wortel diketahui dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Alhasil, dengan mengonsumsi wortel secara rutin, tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit lainnya.

Namun, di samping mengonsumsi wortel, pastikan pula untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh, seperti istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik.

4. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai indeks glikemik rendah. Artinya, konsumsi wortel tidak memicu lonjakan kadar glukosa atau gula darah di dalam tubuh secara drastis sehingga aman dikonsumsi oleh orang sehat maupun penderita diabetes.

Selain itu, karena mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, wortel juga mampu meminimalkan risiko terjadinya resistensi hormon insulin yang berperan dalam perkembangan penyakit diabetes.

5. Meminimalkan Risiko Obesitas

Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan tubuh adalah dapat membantu mengontrol berat badan dan meminimalkan risiko terjadinya obesitas. Sebab, wortel kaya akan serat dan air yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mampu mengendalikan nafsu makan sekaligus mengurangi asupan kalori secara menyeluruh.

6. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Mengonsumsi sayuran berserat tinggi, seperti wortel ternyata juga dapat membantu menguatkan otot gusi sekaligus membersihkan dan menjaga kesehatan rongga mulut. Pasalnya, mengunyah sayuran berserat tinggi dapat merangsang kelenjar air ludah untuk memproduksi air liur lebih banyak.

Dengan begitu, air liur dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga bisa mencegah interaksi antara bakteri di dalam mulut dengan sisa-sisa makanan yang dapat menghasilkan senyawa asam. Terbentuknya senyawa asam inilah yang kerap menyebabkan gigi berlubang.

7. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Radikal bebas merupakan molekul yang mengandung elektron yang bersifat sangat reaktif sehingga berisiko menyebabkan kerusakan sel-sel hingga memicu peradangan di dalam tubuh, termasuk salah satunya di otak. Kandungan antioksidan dalam wortel diketahui dapat melawan efek radikal bebas tersebut sehingga mampu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel di dalam otak.

8. Memelihara Kesehatan Kulit dan Rambut

Memelihara kesehatan kulit dan rambut juga menjadi salah satu manfaat wortel untuk kesehatan. Lagi-lagi, kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan dalam wortel memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan mengoptimalkan proses pembentukan kolagen pada kulit sekaligus menguatkan akar rambut.

9. Menjaga Kekuatan Tulang

Manfaat wortel untuk kesehatan berikutnya adalah dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Sebab, wortel diperkaya dengan kandungan kalsium dan vitamin K yang dapat mengoptimalkan proses pembentukan dan pengerasan tulang.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena kaya akan kalium, antioksidan, dan serat, konsumsi wortel secara rutin dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Sebagai informasi, kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah arteri.

Penyumbatan ini dapat memicu terjadinya komplikasi kesehatan yang serius, salah satunya adalah penyakit jantung.

11. Meminimalkan Risiko Kanker

Manfaat wortel yang terakhir namun tidak kalah penting adalah untuk meminimalkan risiko pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Wortel mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti beta karoten, asam fenolat, antosianin, vitamin A, dan vitamin C yang mampu melawan efek radikal bebas yang kerap memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA