Beranda DAERAH 16 Tenaga Kesehatan Puskesmas di Tanah Datar Sumbar Positif Covid-19 Jenis Baru

16 Tenaga Kesehatan Puskesmas di Tanah Datar Sumbar Positif Covid-19 Jenis Baru

Tenaga Kesehatan
Illustrasi
16 tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif Covid-19.

Terkait 16 tenaga Kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19 ini Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, langsung melakukan penelusuran terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan 16 Nakes tersebut.

“Ya, kita sekarang ‘tracing’ (menelusuri) dulu dengan siapa-siapa saja nakes ini melakukan kontak, dan kita lihat siapa yang kontak dua hari sebelum ‘swab’,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Selasa (8/6/2021).

Roza mengatakan setelah dinyatakan positif virus corona jenis baru itu, untuk sementara waktu layanan kesehatan di Puskesmas Sungai Tarab dihentikan.

Penghentian sementara layanan kesehatan untuk masyarakat itu telah dimulai pada Senin (7/6) hingga waktu yang belum ditentukan.

“Untuk sementara layanan kesehatan di Puskesmas Sungai Tarab kita hentikan terlebih dahulu hingga waktu yang belum ditentukan. Kita cari dahulu orang-orang yang kontak erat,” ujarnya.

Terkait dengan adanya guru yang kontak dengan tenaga kesehatan saat vaksinasi di puskesmas itu, pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Kita cek dulu apa ada nakes kita melakukan vaksinasi saat itu, kita belum dapat informasi pasti, biasanya nakes kita berpakaian pengaman lengkap. Tapi kita tanya dulu ya, apa ada guru yang vaksin saat itu,” ujarnya.

Roza mengatakan tingginya angka penyebaran COVID-19 di Tanah Datar sejak beberapa waktu terakhir dipicu kendornya penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Dalam beberapa hari terakhir, penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Tanah Datar meningkat drastis. Selama tiga hari terakhir terdapat 134 orang mengalami kasus positif virus.

“Saya harapkan kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, hindari kerumunan,” pungkasnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPedangdut Betty Elista Mangkir pada Sidang Kasus Suap Edhy Prabowo
Artikel berikutnyaMantan Penyidik KPK Sempat Akui Terima Suap dari Azis Syamsuddin Senilai Rp 3,15 Miliar