Beranda ENTERTAINMENT 2022, Kaset Awards digelar Jaringan Jurnalis Musik Untuk Indonesia

2022, Kaset Awards digelar Jaringan Jurnalis Musik Untuk Indonesia

Kaset Awards
Foto : Gunawan
‘Kaset Awards’, sebuah ajang penghargaan yang digelar sekelompok jurnalis musik yang tergabung dalam Jaringan Jurnalis Musik (JJM)

Menurut JJM, penghargaan seperti Kaset Awards diperlukan sebagai tanda eksistensi dan menghargai musisi atau pelaku industri musik atas karya atau apa yang pernah mereka buat di perjalan industri musik.

Kaset Awards adalah sebuah upaya untuk mengapreasiasi para pelaku industri musik Tanah Air, terutama dalam hal ini adalah artis dan karyanya, di tahun 2022 ini.

Kaset Awards
Foto : Eny

Kurasi untuk ‘Kaset Awards’ sebenarnya telah berjalan sejak bulan April 2022 lalu yang dilaksanakan oleh Jaringan Jurnalis Musik Awards.

Adapun kategorisasi yang telah berjalan di “Kaset Awards” saat ini adalah Pendatang Baru Terbaik, Solois Pria Terbaik, Solois Wanita Terbaik, Band Terbaik, Kolaborasi Terbaik, Soundtrack Lagu Terbaik, Artwork Terbaik, Videoclip Terbaik, Konser Terbaik dan Festival Musik Terbaik.

Ke depannya tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya kategorisasi di penghargaan ‘Kaset Awards’.

Kaset Awards
Andre Stroo – Inisiator / Foto : Gunawan

Menurut Andre Stroo seorang inisiator “Kaset Awards” digelarnya Kaset Awards berawal dari para Jurnalis yang ketemu di sebuah aplikasi chatting.

“Awalnya kita bikin jaringan,  ketemu dari Whatssapp dan pertemanan, saya menawarkan konsep untuk membuat sebuah awards musik versi jurnalis. Kenapa namanya kaset? Sebenarnya sih saya iseng aja menawarkan namanya kaset, karena pertimbangan saya waktu industri musik marak-maraknya itu, menggunakan kaset dan sangat ikonik di industri musik.”kata Andre Stroo saat konferensi pers di Deteksi Production, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/8/22).

‘Selain itu profesi jurnalis itu sebelum ada smart phone juga ketika merekam atau interview selalu menggunakan kaset. Akhirnya teman-teman juga setuju akhirnya kita bikin.Saya pikir kalau wartawan nulis tentang musik, pengetahuan tentang musik lebih luas, saya pikir kenapa tidak membuat award versi wartawan. Semakin banyak jurnalis yang tergabung akan semakin bagus. Kalau banyak award kayaknya akan semakin semarak industri musik.”tambah Stroo.

BACA JUGA  VannDa Comeback Rilis Album Terbaru “SKULL 2 (SEASON 1)”
Kaset Awards
Harry Koko Santoso – Penasehat / Foto : Gunawan

Sementara Harry ‘Koko’ Santoso juga memberikan pandangan, bahwa ajang penghargaan musik seperti ini semakin menambah ekosistem dalam industri musik tanah air.

“Kompetisi itu justru menciptakan pasar. Sebagai pekerja musik saya terima kasih bisa ada di sini,terima kasih juga bisa menjadi bagian ekosistem musik di Indonesia untuk lebih baik. Untuk lebih baik salah satu syaratnya adalah kompetisi. Kompetisi menciptakan pasar dan yang teman-teman  buat ini pasar penghargaan, ini lebih menarik lagi, karena ini menjadi sebuah tanggung jawab.”kata Harry Koko

“Saya apresiasi media juga berani mengambil tanggung jawab. Tidak banyak orang berani mengambil tanggung jawab. Memberikan penghargaan itu kan sebuah tanggung yang tidak kecil. Jadi ini terobosan baru mengambil tanggung jawab betapa pentingnya musik di negeri ini sehingga media pun mengambil tanggung jawab.”tambah Harry Koko.

Kaset Awards
Mahdesi Iskandar – Database / Foto : Gunawan

Mengenai database Mahdesi Iskandar dari tim database juga menjelaskan, bahwa kurasi, pemilihan hingga voting dimulai pada bulan April 2022.

“Kita mulai dari April jadi sekitar udah 5 bulan berjalan. Dalam 5 bulan itu kita sudah memantau rilisan-rilisan musik yang ada di Indonesia. Kemudian dari rekan-rekan jurnalis memberikan feedback, masukan-masukan, mana yang pantas untuk jadi nominasi. Kemudian setiap bulannya memilih rilisan-rilisan terbaik sesuai 10 kategori.”kata Mahdesi

Kaset Awards
Foto: Gunawan

Konsep yang diusung dalam penghargaan ‘Kaset Awards’ adalah setiap jurnalis musik yang telah tergabung dalam Jaringan Jurnalis Musik, mempunyai hak untuk mensubmit setiap bulannya, kandidat dan suatu karya musik yang menurutnya pantas untuk dimasukkan, sesuai subjektivitas sang jurnalis. Rilisan yang telah disubmit oleh jurnalis harus sesuai dengan bulan rilisan, misalnya di bulan Agustus, jurnalis tersebut mengajukan rilisan yang menurutnya terbaik di bulan tersebut.

Di akhir setiap bulan, semua jurnalis yang tergabung dalam Jaringan Jurnalis Musik, memilih dengan sistem voting semua rilisan yang telah disubmit. Pilihan yang paling banyak dipilih oleh jurnalis yang tergabung di Jaringan Jurnalis Musik menjadi yang terbaik di bulan tersebut. Nantinya di akhir periode tahunan dari penghargaan ‘Kaset Awards’ akan diumumkan untuk mendapat piala penghargaan ‘Kaset Awards’. Saat ini sudah sekitar 45 jurnalis yang tergabung dalam Jaringan Jurnalis Musik dan masih terbuka untuk terus bertambah jumlahnya. (EH).

BACA JUGA  Grup Musik Godbless Menguncang Panggung Konser Virtual 48 tahun godbless

Facebook Comments

Artikulli paraprak7 SPBU Timbun BBM Bersubsidi dan Lakukan Penyelundupan di Kota Medan
Artikulli tjetërMemalukan! Pengacara Dukun Firdaus Oiwobo Panik, Pembuktian Ilmu Kebal di Rumah Densu Gagal