4 Gejala Liver yang Harus Diketahui Sebelum Terlambat

- Advertisement -
Gejala liver sangat beragam, tetapi biasanya baru muncul setelah hati mengalami kerusakan atau penurunan fungsi yang drastis. Kenali gejala liver agar penyakit ini dapat terdeteksi dan ditangani sedini mungkin.

Ketika fungsi liver atau hati terganggu, ada berbagai keluhan yang mungkin akan dirasakan. Keluhan yang muncul bisa berbeda pada setiap penderita dan bergantung pada tingkat keparahan penyakit liver yang diderita.

Gejala liver ada yang sangat ringan dan bahkan ada yang tidak dirasakan sama sekali. Jika terlambat ditangani, penyakit liver bisa menyebabkan gagal hati atau kerusakan hati permanen. Jika sudah seperti itu, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan transplantasi hati.

Beragam Gejala Liver

Berikut ini adalah berbagai gejala liver yang patut Anda waspadai dan periksakan ke dokter:

1. Kulit dan mata menguning

Salah satu gejala liver yang umum terjadi adalah kulit dan mata yang menguning. Kondisi yang dikenal sebagai penyakit kuning ini disebabkan karena hati tidak bisa memproses bilirubin sebagaimana semestinya. Akibatnya, bilirubin menumpuk di dalam darah dan membuat kulit dan mata menjadi kuning.

2. Perut membengkak

Gejala liver berikutnya adalah perut bengkak akibat adanya cairan yang menumpuk di rongga perut. Kondisi yang disebut dengan asites ini biasanya dialami oleh penderita sirosis.

Awalnya, asites hanya berupa penambahan lingkar pinggang dan berat badan. Namun, jika penyakit bertambah parah, gejala liver yang satu ini dapat membuat perut penderitanya menjadi sangat bengkak sampai menyebabkan sesak napas.

3. Kulit gatal

Penyakit liver dapat ditandai dengan munculnya kulit gatal, baik itu pada satu bagian tubuh maupun seluruh tubuh. Kondisi ini bisa dipicu oleh beragam hal, salah satunya penumpukan garam empedu di bawah kulit.

Gatal yang terjadi bisa sangat parah sampai membuat Anda tidak bisa tidur atau menahan diri untuk tidak menggaruknya.

4. Mudah memar dan berdarah

Gejala liver selanjutnya adalah mudah memar. Salah satu fungsi liver adalah memproduksi protein yang diperlukan untuk proses pembekuan darah. Ketika fungsi liver terganggu, produksi protein pun berkurang, sehingga memar mudah terjadi meskipun karena benturan ringan.

Selain berbagai kondisi di atas, gejala liver lainnya yang mungkin muncul adalah kelelahan kronis, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, warna urine gelap, tinja berwarna hitam atau pucat, mual, muntah, dan tidak nafsu makan.

Menjaga Kesehatan Liver

Penyakit liver paling banyak disebabkan oleh 3 faktor, yaitu obesitas, infeksi hepatitis yang terlambat didiagnosis, dan kecanduan minuman beralkohol.

Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh paparan zat beracun, diabetes, kolesterol tinggi, hingga konsumsi suplemen yang belum terjamin efektivitas dan keamanannya.

Agar terhindar dari penyakit liver, Anda sebaiknya mulai menjalani pola hidup sehat, seperti:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Membatasi konsumsi minuman beralkohol
  • Melengkapi status vaksin hepatitis A dan hepatitis B
  • Mengonsumsi makanan yang higienis atau terjaga kebersihannya

Jika Anda sedang mengalami gejala liver seperti yang disebutkan di atas, apalagi jika berisiko tinggi terkena penyakit liver, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA