Iklan
Iklan

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

- Advertisement -

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh biasanya akan disesuaikan dengan kondisi gigi yang bermasalah. Mengobati gigi berlubang dengan benar penting dilakukan agar rasa sakit yang timbul tidak mengganggu aktivitas dan kesehatan gigi tetap terjaga.

Banyak masyarakat yang menganggap sepele masalah gigi berlubang. Padahal, kondisi ini perlu untuk diatasi dengan segera karena lubang pada gigi bisa makin membesar dan menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan.

Gigi berlubang yang tidak kunjung sembuh bahkan bisa memicu terjadinya berbagai macam komplikasi serius, mulai dari abses gigi, gigi rusak atau patah, sampai gigi ompong, dan bisa menyebabkan gangguan mengunyah.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh dengan baik supaya komplikasi tersebut dapat dihindarkan.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang yang Tak Kunjung Sembuh

Berobat ke dokter gigi ketika memiliki gigi berlubang yang tak kunjung sembuh perlu dilakukan agar dokter gigi bisa memberikan penanganan yang sesuai, sehingga kondisi ini bisa segera diatasi.

Berikut ini adalah berbagai cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh yang dilakukan oleh dokter gigi:

1. Perawatan fluoride

Pada kasus gigi berlubang yang baru terjadi, perawatannya dapat berupa pemberian fluoride. Sebelum prosedur ini dilakukan, dokter akan membersihkan gigi Anda terlebih dahulu. Lalu, cairan atau gel fluoride akan dioleskan ke gigi yang berlubang.

Perawatan ini dapat mencegah kerusakan gigi lebih lanjut, memperlambat hilangnya mineral dari lapisan gigi terluar (email gigi), membangun kembali lapisan terluar gigi yang melemah, sampai menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Menambal gigi

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh ini dilakukan ketika kerusakan gigi baru sampai ke lapisan email gigi atau lapisan gigi terluar.

Dokter akan menghilangkan bagian gigi yang telah membusuk dengan alat khusus berbentuk seperti bor. Setelah pembersihan bagian yang busuk selesai dilakukan, gigi akan ditambal.

Bahan tambalan gigi yang dimasukkan ke dalam lubang di gigi umumnya terbuat dari komposit, amalgam, ionomer kaca, resin, porselen, dan emas.

3. Pemasangan crown gigi

Bila kerusakan gigi sudah parah atau rapuh, cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh dapat berupa pemasangan crown gigi. Perawatan gigi berlubang ini dilakukan dengan memasang selubung gigi palsu (crown gigi) di atas gigi yang berlubang guna menggantikan seluruh mahkota alami gigi.

Crown gigi terbuat dari berbagai bahan, mulai dari resin, logam, sampai porselen. Crown gigi bisa membuat masalah gigi berlubang tertangani, tetapi perawatan ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

4. Perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar gigi akan dilakukan dokter ketika kerusakan atau pembusukan gigi sudah mencapai pulpa atau bagian dalam gigi. Ini dilakukan untuk memperbaiki atau menyelamatkan gigi yang rusak parah atau sudah terinfeksi tanpa perlu mencabutnya.

Dalam prosedur perawatan gigi ini, dokter akan membuang pulpa yang membusuk atau rusak. Setelah itu, gigi akan ditambal atau dipasang crown gigi. Perawatan saluran akar memang bisa mencegah pencabutan gigi yang rusak, tetapi Anda harus merawat gigi dengan baik supaya perawatan ini bisa bertahan lama.

5. Mencabut gigi

Bila kondisi gigi berlubang sudah parah dan perawatan lainnya tidak membantu, dokter terpaksa mencabut gigi tersebut. Perawatan ini memang menjadi cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh yang cukup ampuh, tetapi gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang mungkin membuat gigi lain dapat bergeser.

Oleh karena itu, dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk memasang gigi palsu sebagai pengganti gigi yang telah dicabut.

Biasanya sebelum perawatan gigi dilakukan, dokter akan melakukan bius lokal terlebih dahulu untuk mencegah rasa sakit yang bisa timbul dari proses tersebut.

Jika Anda mengalami gejala awal gigi berlubang, jangan ragu untuk datang ke dokter gigi. Gejala gigi berlubang sendiri sangat beragam, mulai dari rasa sakit saat menggigit, gigi sensitif, ada noda putih, cokelat, atau hitam pada permukaan gigi, sampai adanya lubang pada gigi yang terlihat jelas.

Setelah melalui cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh dari dokter gigi, rawat dan jagalah kesehatan gigi dengan baik supaya masalah gigi berlubang tidak lagi menghampiri. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulut terpelihara.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA