Iklan
Iklan

5 Desa Punya Pemandangan Asri nan Elok di Indonesia, Pernah Ke Sini?

- Advertisement -
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki alam yang indah dan pemandangan asri. Daya tarik alamnya pun sangat beragam, tak terkecuali suasana pedesaan. Di Indonesia, banyak desa yang masih alami dan asri.

Selain sebagai tempat tinggal bagi penduduknya, desa-desa tersebut juga dijadikan tempat wisata. Jika jenuh dengan suasana perkotaan, kamu bisa rehat sejenak dan pergi mengunjungi desa-desa yang memiliki pemandangan asri berikut.

Desa Penglipuran, Bangli, Bali

Kalau ke Bali, wajib banget berkunjung ke desa ini yang terkenal dengan arsitektur tradisionalnya yang masih terjaga hingga saat ini. Berkat kebersihan dan kerapiannya, Desa Penglipuran pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia!

Kuliner tradisional khas desa ini adalah loloh cemcem yaitu minuman yang terbuat dari daun cemcem atau kloncing, serta makanannya yaitu tipat cantok yang berupa ketupat dan sayur rebus, lengkap dengan bumbu kacangnya.

Desa Sembalun, Lombok Timur

Desa satu ini memiliki pesona alamnya tersendiri. Desa Sembalun terkenal dengan keindahan pemandangan gunung Rinjani dan ladang bunga edelweisnya yang indah. Bukit-bukit Sembalun menjadi destinasi wisata yang sering dituju untuk menghirup kesegaran udara Gunung Rinjani.

Selain menikmati keindahan alam, para wisatawan juga bisa menikmati manisnya buah-buahan dari kebun di sana, salah satunya kebun stroberi yang lokasinya mudah ditemukan karena berada di sepanjang jalan desa. Kamu pun bisa menikmati wisata petik buah di kebun-kebun tersebut.

Desa Bontagula, Bontang, Kalimantan Timur

Desa gak cuma identik dengan sawah dan pegunungan saja, lho. Di Bontang, Kalimantan Timur ada Desa Bontagula yang memiliki keindahan laut. Pengunjung yang datang ke desa ini bisa menikmati alam bawah laut yang tepat untuk snorkeling maupun diving.

Karena keindahan dan potensi ekonomi yang baik bagi warganya, Desa Bontagula pernah mendapat penghargaan sebagai Desa Wisata Maritim Terbaik. Selain menjunjung wisata alam, Desa Bontagula juga menghadirkan sisi wisata edukasi.

Desa Wae Rebo, Flores, NTT

Desa satu ini pesonanya gak main-main! Terletak di Flores, NTT, Desa Wae Rebo dikenal dengan rumah-rumah tradisionalnya yang berbentuk kerucut dan diapit oleh gunung-gunung yang mengeliling kampung tersebut.

Saking indahnya pemandangan yang terlihat dari ketinggian 1200 mdpl, desa ini dijuluki surga di atas awan. Desa ini sangat bersejarah sehingga masuk dalam daftar situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. Kalau berkunjung ke sini, wajib banget mencicipi nikmatnya kopi asli Wae Rebo sambil bersantai melihat pemandangan. Tertarik?

Desa Sigiran, Sumatera Barat

Pemandangan asri

Desa ini tampak alami dan asri karena dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau. Desa Sigiran memiliki keunikan karena masyarakatnya masih sangat memegang erat adat istiadat Minangkabau. Dari desa ini, bisa terlihat pesona Danau Maninjau dan kehidupan nelayan yang bekerja di sekitar danau tersebut.

Menariknya lagi, Desa Sigiran terpilih menjadi latar lokasi syuting film terbaru Visinema berjudul “Onde Mande!”. Karakteristik warga Minang yang gotong royong, memegang teguh adat serta keunikan lain khas Sumatera Barat terekam dengan apik di film tersebut. Dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Emir Mahira dan Jajang C Noer, “Onde Mande!” dijadwalkan tayang di bioskop pada 22 Juni 2023.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA