Iklan
Iklan

5 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

- Advertisement -
Manfaat terong ungu yang perlu Anda ketahui. Terong ungu merupakan sayuran yang memiliki rasa yang khas, tetapi tidak semua orang menyukainya. Teksturnya sangat cocok untuk diolah menjadi sup, semur, dan berbagai masakan olahan khas Indonesia lainnya.

Selain itu, makanan ini mengandung berbagai macam nutrisi yang menyehatkan dan bahkan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Berbagai manfaat ini bisa didapatkan pada seseorang yang rutin mengonsumsi terong ungu.

Berbagai Manfaat Terong Ungu yang Menyehatkan

1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi terong ungu dapat membantu tubuh dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Selain itu, sayuran ini juga dapat menjaga pencernaan tetap sehat. Bahkan, terong juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bersamaan.

Selain itu, manfaat terong ungu lainnya dapat berperan sebagai serat karena kaya kandungan prebiotik. Hal ini dapat membantu dalam menjaga dan bahkan meningkatkan populasi dari bakteri baik di usus.

Serat tersebut juga sangat baik dalam melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, serta merangsang sekresi cairan lambung. Semua manfaat tersebut dapat meningkatkan pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisi saat masuk ke tubuh.

2. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh. Sebab, kerusakan ini dapat mengganggu fungsi sel normal serta menimbulkan peradangan pada tubuh, disebut juga dengan radikal bebas.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan sangat baik dalam membantu menetralisir radikal bebas. Jangan ragu untuk mengonsumsi sayuran ini agar tubuh dapat sehat secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat terong ungu lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sebab, terong kaya akan kandungan potasium, kalsium, serta vitamin K, berbagai zat yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Konsumsi terong secara rutin bisa jadi menurunkan risiko osteoporosis.

4. Menurunkan Kolesterol

Tidak banyak orang yang tahu jika salah satu manfaat terong ungu adalah menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh. Hal ini disebabkan kandungan nasunin yang tinggi, serta telah terbukti dapat menjaga kadar kolesterol di ambang normal.

Hal ini sangat baik dalam menurunkan risiko seseorang untuk terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung. Jika kamu mengidap hipertensi, sebaiknya memasukkan makanan ini ke dalam menu diet harian.

5. Menurunkan Berat Badan

Terong juga cocok untuk dikonsumsi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran ini dapat membantu menyehatkan pencernaan dan penurunan berat badan.

Selain itu, terong juga rendah kalori yang mampu membantu dalam mengendalikan nafsu makan. Bukan hanya itu, makanan ini juga dapat membantu seseorang lebih mudah untuk kenyang, sehingga tidak makan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayuran ini. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan semua manfaat yang disebutkan, jangan ragu untuk makan sayuran ini secara rutin.

Sumber: halodoc

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA