Iklan
Iklan

5 Perbedaan Americano dan Long Black yang Harus Diketahui Penikmat Kopi

- Advertisement -
Tak banyak masyarakat tahu apa perbedaan americano dan long black. Dari segi tampilan, keduanya memang sama-sama kopi hitam. Namun ada perbedaan mendasar di antara keduanya.

Perbedaan Americano dan Long Black

  1. Pengertian

Kopi americano adalah varian kopi hitam yang secara sederhana, dibuat dengan cara menambahkan air panas pada espresso hingga menimbulkan rasa yang lebih ringan dibanding espresso. Kopi ini konon dibuat oleh para tentara Amerika yang datang ke Italia di masa perang dunia kedua. Mereka tidak biasa mengonsumsi espresso yang memiliki cita rasa pahit dan kuat. Lalu para penikmat menambahkan air panas pada cangkir mereka. Kini americano jadi salah satu teknik penyajian kopi yang memiliki penggemar.

Lalu long black juga masuk dalam keluarga kopi hitam yang memiliki banyak penggemar justru di Australia dan Selandia Baru. Sedangkan Americno banyak digemari di Amerika dan Jepang.

  1. Cara Pembuatan

Harus diketahui bahwa secara umum americano dan long black memang disajikan dengan menambahkan air pada espresso. Yang membedakan keduanya adalah bahwa long black dibuat dengan cara menuangkan air panas ke cangkir lalu baru ditambahkan dengan espresso.

Sedangkan americano dibuat dengan cara menuangkan espresso pada cangkir baru ditambahkan dengan air panas.

  1. Dari Segi Rasa

Meski banyak orang yang menganggap bahwa kopi ini memiliki cita rasa yang sama, namun ada yang menganggap bahwa rasa keduanya berbeda. Kopi americano disebut memiliki rasa yang lebih ringan dibanding long black. Hal itu terjadi karena proses pembuatan long black adalah dengan menuangkan espresso setelah air putih.

Biasanya takaran air putihnya lebih sedikit dibanding air putih yang dicampur pada americano. Wajar jika rasa long black lebih kuat dibanding americano. Meski demikian keduanya bisa disajikan baik dalam keadaan dingin maupun panas.

  1. Posisi Crema

Karena cara penyajiannya beda, maka posisi crema yang muncul pun berbeda. Harus diketahui bahwa crema adalah krim atau kerap disebut dengan mahkota kopi, yakni buih warna kuning tua yang muncul di permukaan espresso.

Crema pada long black akan berada di permukaan cangkir karena penuangan espresso berada di akhir. Sedangkan crema americano nyaris tidak ada atau hilang karena espresso ditimpa dengan air panas. Namun kadang kala muncul crema pada masing-masing kopi.

Crema pada long black biasanya berwarna coklat, sedangkan pada americano biasanya berwarna lebih cerah bahkan nyaris tidak terlihat.

  1. Cangkir yang Digunakan

Terkadang penyajian kopi ini berbeda karena menggunakan ukuran cangkir yang tak sama. Penyajian americno biasanya menggunakan gelas lebih besar yakni ukuran 8 oz atau setara 240 ml. Bahkan ada pula coffee shop yang menggunakan cangkir lebih besar yakni 15 oz atau kurang lebih 450 ml. Penyajian ini tergantung selera.

Sedangkan pada long black justru menggunakan ukuran cangkir yang lebih kecil atau biasanya hanya 1 ukuran. Hal itu terjadi karena takaran air putih sering kali sama, tergantung kebijakan coffee shop.

dikutip dari VOI

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA