Beranda EKONOMI 500 Usaha Ikuti Pameran Virtual UMKM Expo Brilianpreneur 2021

500 Usaha Ikuti Pameran Virtual UMKM Expo Brilianpreneur 2021

Pameran Virtual
Setelah sukses menggelar ajang pameran virtual selama dua tahun berturut-turut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali mengadakan pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dari tanggal 9-16 Desember 2021.

Pameran virtual ini diikuti 500 UMKM yang telah lolos kurasi untuk menampilkan berbagai produknya secara virtual.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, “Tahun ini, kami akan kembali mengadakan sesi business matching dan menyasar lebih dari 105 pembeli dari 30 negara. Lewat pameran ini, UMKM dapat memperluas jangkauannya ke tingkat internasional dan mengungguli persaingan global.”

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 memamerkan berbagai produk ekspor terbaik asal Indonesia yang sarat akan warisan dan kebudayaan Indonesia. Kategori-kategori produk yang dipamerkan termasuk makanan dan minuman (F&B), mode, aksesori, kosmetik, serta dekorasi rumah dan kriya.

Sejumlah sektor ini, khususnya F&B dan mode, diperkirakan berkontribusi positif terhadap nilai ekspor Indonesia. Pada Agustus 2021, nilainya telah mencapai US$ 20,36 miliar atau naik sebesar 21,75% dari angka ekspor pada Juli 2021, menurut Biro Pusat Statistika.

Tahun ini, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 akan sepenuhnya berlangsung secara virtual, sedangkan, sesi Business Matching akan diadakan dari tanggal 13-15 Desember 2021. Setelah sukses meraih 74 kontrak dari 24 negara dengan nilai US$ 57,5 juta pada tahun lalu, BRI menetapkan target yang semakin besar tahun ini dengan nilai transaksi potensial sebesar US$65 juta.

Target ini dapat tercapai dengan menampilkan sejumlah peserta pameran virtual yang telah lolos kurasi, termasuk CV Pelangi Nusantara (Pelanusa), industri rumahan yang awalnya dirintis sebagai komunitas pemberdayaan perempuan pada 2012. Sejak terbentuk, Pelanusa berhasil mengekspor berbagai produk bermutu tinggi ke Jepang, Malaysia, dan Vietnam.

“BRILIANPRENEUR telah membuat kami mampu memberdayakan lebih dari 20 kelompok pengrajin terkemuka di Indonesia dalam jaringan kami dengan mengubah pola pikir agar lebih mengutamakan teknologi digital. Melalui kriya yang terbuat dari sisa tekstil, seperti dekorasi rumah, kami ingin mempertahankan warisan lokal Indonesia”ujar Endahing Noor Suryanti, Pemilik Pelanusa.

BACA JUGA  BRI akan Mengoptimalkan PMHMETD dengan Target Transaksi Rp 96 Triliun

Peserta pameran lainnya adalah Mutiara Handicraft, UMKM yang dirintis demi membantu kaum difabel. UMKM ini menghasilkan kriya yang terbuat dari kain perca dan limbah, seperti keset kaki dan selimut, dengan tingkat harga terjangkau dan desain yang penuh warna.

Rangkaian program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 juga termasuk acara talkshow dengan para pakar dan pembicara ternama; 3D Virtual Expo; tur virtual; lokakarya DIY; serta ajang Penghargaan UMKM.

Untuk mengikuti sesi business matching, calon pembeli dapat melakukan registrasi dari dan mengunduh katalog pameran di tautan www.brilianpreneur.com/umkm/.

Informasi lebih lanjut tentang pameran dan registrasi tersedia di www.brilianpreneur.com.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMaudy Ayunda Nyanyikan “Pulang” Jadi Soundtrack Film Losmen Bu Broto.
Artikel berikutnyaOne Night Stand, Merangkum Pertemuan Sekaligus Perpisahan