Iklan
Iklan

6 Manfaat Daun Pakis bagi Kesehatan Tubuh

- Advertisement -
Daun pakis mungkin masih tergolong sayuran yang jarang diolah. Padahal, nutrisi dan manfaat daun pakis tidak kalah mengesankan dari sayuran lainnya. Daun pakis bahkan memiliki kandungan vitamin C dan kalium yang jauh lebih tinggi dibandingkan kangkung.

Daun pakis memiliki bentuk yang cukup unik dengan batang hijau yang panjang dan kokoh serta daun yang melingkar-lingkar. Tak hanya lezat dan renyah, daun ini lengkap dengan beragam kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh serta rendah kalori dan lemak.

Kandungan Nutrisi pada Daun Pakis

Dalam 100 gram daun pakis terkandung 39 kalori dan berbagai nutrisi lain, seperti:

  • 87 gram air
  • 4,5 gram protein
  • 0,4 gram lemak
  • 7 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 31 miligram vitamin C
  • 500 miligram kalium

Selain itu, daun pakis juga kaya akan kandungan asam lemak esensial dan antioksidan, terutama beta karoten.

Beragam Manfaat Daun Pakis

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada daun pakis, tidak heran sayuran ini bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Konsumsi seporsi daun pakis bisa memenuhi sekitar 30% dari kebutuhan vitamin C harian. Ditambah lagi, sayuran ini juga dilengkapi dengan nutrisi lain yang punya efek antioksidan.

Di dalam tubuh, vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem imunitas tubuh. Dengan imun yang kuat, tubuh pun bisa tetap sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit. Selain itu, antioksidan bermanfaat untuk menangkap efek paparan radikal bebas penyebab beragam penyakit.

2. Melancarkan pencernaan

Selain vitamin C, daun pakis juga merupakan salah satu makanan yang mengandung serat. Di dalam 100 gram pakis, terdapat 2 gram serat. Angka ini lumayan bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

Mencukupi asupan serat harian bermanfaat untuk mencegah sembelit atau susah BAB. Selain daun pakis, untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, lengkapi juga menu makanan harianmu dengan berbagai makanan tinggi serat lain, seperti buah pir, apel, pisang, kacang hijau, brokoli, atau kentang.

3. Mengontrol berat badan yang sehat

Bagi kamu yang sedang menjalani diet penurunan berat badan atau ingin menjaga agar berat badan tetap ideal, daun pakis cocok dimasukkan dalam menu makanan harian. Alasannya, selain tinggi serat, sayuran ini juga rendah lemak dan kalori.

Mirip dengan fungsi sayuran lainnya, serat di dalam pakis bisa membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga mencegah kamu ngemil makanan yang kurang sehat. Jadi, bila kamu bosan dengan sayuran yang itu-itu saja setiap hari, seperti kangkung atau brokoli, sesekali cobalah daun pakis yang tidak kalah sehat.

4. Menjaga kadar gula darah

Daun pakis juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Hal ini karena daun pakis mengandung serat, antioksidan, dan lemak sehat yang diketahui baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Namun, jangan hanya mengandalkan makanan yang sehat, kamu juga perlu menjalani pola hidup sehat lainnya agar gula darah tetap terkendali.

5. Mengontrol tekanan darah

Daun pakis termasuk makanan yang kaya akan kandungan mineral, terutama kalium. Berbagai riset menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan kalium harian dapat menjaga tekanan darah yang sehat. Kerena inilah daun pakis baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi yang menjalani diet DASH.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada daun pakis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain karena efek pengontrol tekanan darah, kalium membantu kerja otot jantung dalam memompa darah. Hal ini juga berkaitan dengan irama dan detak jantung.

Meski memiliki banyak manfaat dan bisa menjadi sumber nutrisi yang sehat, daun pakis tidak boleh dimakan mentah. Selalu cuci daun pakin hingga bersih dan masak hingga benar-benar matang. Salah satu cara mengolah daun pakis adalah dengan merebusnya sekitar 15 menit, kemudian tiriskan.

Setelah itu, kamu bisa lanjutkan pengolahannya ke dalam beragam jenis makanan, misalnya tumisan atau tauco. Bila ingin lebih praktis, kamu juga bisa langsung mengonsumsinya bersama nasi atau pasta

Ada beberapa efek jika kamu mengonsumsi daun pakis mentah atau yang tidak dicuci dengan bersih, yaitu diare, mual, muntah, kram perut, dan sakit kepala. Nah, jika kamu mengalami gejala-gejala ini, lakukan pemeriksaan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Trending

Polling Pilpres 2024

Vote Salah Satu Capres dan Cawapres Idola Anda di Bawah Ini

Anies & Cak Imin
54.88%
Ganjar & Mahfud
34.42%
Prabowo & Gibran
10.70%

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Lowongan Kerja

Hot News

Independen Ekspos

.
Logo

Game

PENTING UNTUK DIBACA