Iklan
Iklan

6 Objek Wisata di Danau Toba dan Sekitarnya, Ternyata Menarik!

- Advertisement -

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Luasnya mencapai 1.130 km persegi. Danau yang terletak di wilayah Sumatera Utara ini merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Pesona alamnya yang indah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bukan hanya danau saja, ada objek wisata lain di sekitarnya yang menarik untuk dieksplorasi.

Untuk menuju Danau Toba, Anda bisa melakukan perjalanan darat dari Medan dengan jarak tempuh sekitar 2 jam melewati tol. Alternatif lain adalah melalui jalur udara karena di dekat Danau Toba ada Bandara Silangit. Untuk itu, Anda bisa booking Air Asia di Traveloka lebih dulu karena maskapai ini punya rute Jakarta-Silangit.

Nah, supaya tidak bingung saat tiba di Danau Toba, ketahui dulu apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitarnya dalam daftar berikut ini.

 

1.     Air Terjun Situmurun

Salah satu objek wisata yang berada dekat dengan Danau Toba adalah Air Terjun Situmurun. Air terjun yang disebut Binangalom oleh penduduk setempat ini mengalir deras dan jatuh langsung ke Danau Toba. Tinggi Air Terjun Situmurun adalah sekitar 70 m dari permukaan danau.

Uniknya, Anda tidak diperbolehkan untuk mendekati air terjun tersebut dengan berenang. Pasalnya, kegiatan ini bisa membahayakan nyawa. Namun, Anda bisa menyewa kapal untuk mendekati air terjun dalam jarak yang tidak terlalu dekat. Dengan latar belakang danau dan pepohonan hijau, suasana di tempat ini sangat indah.

2.     Menara Pandang Tele

Tempat menarik  yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Danau Toba adalah Menara Pandang Tele. Dari atas menara, Anda bisa menyaksikan keindahan danau secara lebih leluasa dan menyeluruh. Karena terletak dekat dengan Danau Toba, Anda bisa lebih mudah menuju ke sana.

Menara Pandang Tele dibangun pada 1988. Menara yang berlokasi di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Samosir ini telah direnovasi dengan apik pada 2018 lalu sehingga berubah menjadi objek wisata menarik dengan fasilitas lengkap.

Di Menara Pandang Tele juga ada sebuah ruangan yang seluruh sisinya berdinding kaca. Ukuran tempat ini sangat luas yaitu 214 meter dan terdiri atas dua lantai. Di tempat ini, Anda bisa beristirahat sambil menyaksikan panorama alam di sekitar danau.

3.     Taman Eden 100

Satu lagi tempat wisata yang ada di sekitar Danau Toba yaitu Taman Eden 100. Objek wisata yang berlokasi di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu ini merupakan destinasi wisata alami yang merupakan tempat bagi 100 jenis tanaman.

Bukan hanya satu tempat, ada beberapa titik menarik yang bisa Anda kunjungi di Taman Eden 100. Salah satunya, Kebun Andaliman yang merupakan tempat pembibitan dan tumbuhnya pohon Andaliman. Seperti diketahui, andaliman merupakan rempah khas dari Sumatera Utara yang sering dipakai dalam mengolah masakan.

Selain itu, ada juga Taman Buah dan Air Terjun Tongguran dalam kawasan wisata ini. Suasana alam yang masih segar dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di Taman Eden 100.

4.     Desa Wisata Tomok

Danau Toba tidak bisa dipisahkan dari Desa Wisata Tomok. Desa ini merupakan salah satu desa yang terletak di Pulau Samosir, yaitu pulau yang berada di tengah Danau Toba. Desa Tomok masih kental dengan budaya dan tradisi khas masyarakat Batak. Di desa ini juga Anda bisa menyaksikan peninggalan sejarah seperti rumah adat.

Saat berkunjung ke Desa Tomok, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk kerabat dan kenalan. Ada banyak kios yang menjual aksesori dan cenderamata. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu, pengunjung akan disambut Tari Tor Tor, yaitu tarian khas dari Batak.

5.     Bukit Holbung

Di Pulau Samosir juga ada satu tempat yang wajib Anda datangi yaitu Bukit Holbung. Tempat ini merupakan dataran tinggi sehingga anda bisa leluasa melihat panorama alam di sekitar Danau Toba.

Untuk mencapai puncak bukit, Anda bisa melakukan trekking selama kurang lebih 10-15 menit. Karena cukup landai, tempat ini juga sangat cocok untuk berkemah. Jangan kaget kalau datang pada akhir pekan, suasana lebih ramai karena banyak yang mendirikan tenda di sini.

6.     Museum Batak Tomok

Apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah di Desa Tomok, berkunjunglah ke Museum Batak Tomok. Di sini ada banyak benda peninggalan bersejarah, misalnya alat perang, alat bertani, dan alat yang digunakan sehari-hari pada zaman dulu.

Bagian menarik dari Museum Batak Tomok adalah rumah adat yang disebut Rumah Bolon. Di dalam rumah adat tersebut, Anda bisa melihat Gorga, yaitu ukiran khas dengan makna yang dalam.

Dari beberapa tempat wisata tersebut, mana yang menurut Anda paling menarik untuk dikunjungi? Jangan lupa untuk menyusun itinerary sebelum berangkat supaya perjalanan lebih lancar dan minim kendala. Ini saatnya untuk menyaksikan langsung salah satu destinasi wisata ikonik di Sumatera Utara. Selamat liburan!

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA