Iklan
Iklan

7 Obat Pelancar ASI Terbaik bagi Ibu Menyusui

- Advertisement -
7 Obat Pelancar ASI Terbaik bagi Ibu Menyusui.

Obat pelancar ASI bisa digunakan untuk membantu meningkatkan jumlah susu yang dihasilkan. ASI merupakan sumber nutrisi yang terbaik untuk bayi, terutama di 6 bulan pertama kehidupannya. Dengan menggunakan obat pelancar ASI, asupan ASI bagi bayi akan lebih terjamin dan cukup sesuai dengan kebutuhannya.

ASI memiliki banyak manfaat bagi bayi. ASI mengandung makronutrien, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, dan mikronutrien, seperti zat besi dan vitamin, dengan komposisi yang paling ideal, sesuai dengan kebutuhan bayi di masa pertumbuhannya.

Selain mengandung nutrisi, ASI juga mengandung antibodi, probiotik, dan growth factor yang dapat melindungi bayi dari penyakit, membangun sistem pencernaan yang sehat, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Ada beberapa penyebab minimnya produksi ASI, seperti kurangnya frekuensi menyusui, posisi menyusui yang kurang efektif, stres, kekurangan nutrisi, hingga kondisi medis tertentu. Solusi utama untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan mengatasi penyebabnya. Namun selain itu,  ibu menyusui juga bisa mengonsumsi obat pelancar ASI yang umumnya terbuat dari bahan alami.

Beragam Obat Pelancar ASI yang Terbaik bagi Ibu Menyusui

Berikut adalah beberapa obat pelancar ASI pilihan untuk ibu menyusui yang aman jika dikonsumsi sesuai dosis dan aturan pakai:

  1. Herba Asimor

Herba Asimor adalah obat pelancar ASI yang mengandung bahan alami, seperti ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus), daun torbangun (Coleus amboinicus lour extract), dan ikan gabus (Channa striata fraction). Kombinasi kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

Untuk mengonsumsi Herba Asimor, telan tablet bersama segelas air sebelum atau sesudah makan. Dosis untuk orang dewasa usia 18 tahun ke atas adalah 1 tablet, 2 kali per hari.

  1. Herbatia Sari ASI Kapsul

Herbatia Sari ASI mengandung ekstrak daun katuk (sauropus androgynus folium extract) dan ektrak biji klabet (Trigonella foenum graecum extract) yang digunakan sebagai obat pelancar ASI. Bahan alami ini mampu merangsang pelepasan hormon prolaktin sehingga dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Herba Sari ASI dapat dikonsumsi setelah makan. Dosisnya secara umum adalah 1 tablet sehari 3 kali.

  1. Lactamam Tablet

Lactamam Tablet merupakan obat pelancar ASI dengan kandungan ektrak biji klabet (Trigonella foenum graecum extract) dan ekstrak daun katuk (sauropus androgynus folium extract). Perpaduan bahan ini bermanfaat untuk membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, Lactamam Tablet mengandung vitamin B12 untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin B12 bagi ibu menyusui.

Lactamam Tablet bisa diminum sesudah makan. Dosis umumnya adalah 2–3 tablet, 3 kali sehari.

  1. Lactamor Kaplet

Lactamor Kaplet memiliki beberapa kandungan, seperti ekstrak biji Fenugreek (Trigonella foenum graecum), ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus), dan vitamin B12.

Obat pelancar ASI ini bisa mencukupi kebutuhan harian ibu menyusui terhadap vitamin B12 dan dapat membantu meningkatkan serta melancarkan produksi ASI.

Untuk mengonsumsi Lactamor Kaplet, telan obat dengan bantuan segelas air sebelum atau sesudah makan. Secara umum, dosisnya adalah 1–2 tablet, 3 kali sehari.

  1. Folamil Genio Kapsul

Folamil Genio dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada ibu hamil atau menyusui. Suplemen ini mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin K1, biotin, kalsium, zat besi, dan asam folat.

Kandungan asam folat dalam Folamil Genio diperlukan oleh ibu hamil agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan disertai vitamin D, kalsium, dan zat besi, konsumsi Folami Genio akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui.

Folamil Genio dapat dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui 1 tablet per hari. Baca aturan pakai dengan seksama sebelum Anda mengonsumsi obat pelancar ASI ini.

  1. Lancar ASI

Lancar ASI merupakan suplemen berbahan dasar ekstrak daun katuk (Sauropi folium). Bahan alami ini mengandung laktagogum, steroid, dan polifenol yang bisa membantu meningkatkan kadar hormon pelancar ASI (prolaktin). Dengan begitu, produksi ASI akan meningkat dan lancar.

Obat pelancar ASI ini dapat dikonsumsi 1 tablet, 3 kali sehari selama masa menyusui.

  1. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold mengandung asam folat, minyak ikan, multivitamin, dan beragam mineral. Perpaduan kandungan ini bermanfaat untuk perkembangan janin, menjaga kesehatan tulang ibu, dan memelihara kualitas ASI. Selain itu, zat besi dalam produk ini tidak menyebabkan konstipasi.

Mengonsumsi obat pelancar ASI dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Dengan begitu, kesehatan ibu menyusui akan terpelihara dengan baik dan tubuhnya bisa lebih berenergi. Tercukupinya kebutuhan nutrisi ibu menyusui juga akan membantu tumbuh kembang tubuh dan otak bayi.

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold bisa diminum 2 tablet per hari.

Berbagai obat pelancar ASI di atas bisa dibeli secara bebas di apotek untuk membantu memperlancar dan meningkatkan produksi ASI. Namun jika jumlah ASI yang dihasilkan belum meningkat banyak setelah rutin mengonsumsi obat ini, lakukan konsultasi ke dokter untuk memeriksakan kondisi serta mengetahui tepatnya penyebab produksi ASI berkurang.

Selain dengan mengonsumsi obat pelancar ASI, ibu menyusui juga disarankan untuk melakukan beberapa tips agar produksi ASI optimal, seperti rajin menyusui bayi, rajin memerah atau memompa ASI, memijat payudara dengan lembut, beristirahat yang cukup, dan sesekali melakukan hobi untuk mengurangi stres.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA