Iklan
Iklan

Anies Baswedan Dijagokan Pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2024

- Advertisement -
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan paling banyak mendapat dukungan dari kalangan anak muda yang memilih Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019 yang lalu. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

“Anies Baswedan paling banyak mendapat dukungan di antara mereka yang mencoblos Prabowo-Sandi di 2019 kemarin,” ujar Burhanuddin dalam rilis Survei Nasional Suara Anak Muda tentang Isu-Isu Sosial Politik Bangsa, Minggu, 21 Maret 2021.

Hasil sigi Indikator Politik Indonesia sebelumnya menempatkan nama Anies Baswedan yang paling banyak dipilih anak muda sebagai Presiden 2024 dengan meraih 15,2 persen. Kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen. Serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dipilih sebanyak 10,2 persen.

Anies paling banyak dipilih anak muda usia 20 tahun dengan 18,5 persen. Dipilih anak muda dari etnis Melayu 26,3 persen dan anak muda perempuan 16,3 persen.

Sementara Ganjar paling banyak dipilih anak muda kelompok usia 19 tahun, dengan 16,3 persen. Dipilih anak muda etnis Jawa dengan 22,1 persen, dan anak muda laki-laki 14,2 persen.

Sedangkan RK paling banyak dipilih anak muda berusia 18 tahun. Dipilih anak muda etnis Sunda 28,6 persen, dan masing-masing 10,2 persen pada kelompok laki-laki dan perempuan.

Sekalipun sebagian besar anak muda pemilih Prabowo-Sandi mendukung Anies, Burhanuddin menyampaikan, bukan berarti Prabowo-Sandi kekurangan basis. “Cuma banyak yang diambil Mas Anies,” jelasnya.

Sedangkan suara anak muda pemilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019, kata Burhanuddin, menyebar ke sejumlah tokoh. Salah satunya ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Survei melalui telepon ini dilakukan pada Maret 2021 dengan melibatkan 1.200 responden anak muda berusia 17-21 tahun. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Selain Anies Baswedan, hasil survei Indikator Politik Indonesia terhadap Sandiaga Uno yang paling banyak dipilih anak muda sebagai presiden meraih 9,8 persen. Lalu Prabowo Subianto dengan 9,5 persen.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA