Iklan
Iklan

Apa Itu Vertigo Sentral? Dan Inilah Cara Mengobatinya

- Advertisement -
Vertigo Sentral | Mungkin Anda pernah mendengar atau merasakan vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi, atau vertigo yang disertai rasa mendenging di telinga. Apakah semua jenis pusing berputar disebabkan oleh vertigo yang sama?

Kemudian, apakah cara pengobatan setiap jenisnya akan sama? Inilah penjelasannya yang kami sadur dari alodokter.com.

Vertigo merupakan suatu gejala yang ditandai dengan rasa pusing berputar. Vertigo dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu vertigo sentral dan perifer. Pada vertigo sentral, penderitanya akan merasakan rasa pusing berputar seperti pada vertigo perifer, namun biasanya akan disertai dengan gangguan keseimbangan dan kesulitan mempertahankan satu posisi tertentu.

Berbagai Penyebab Vertigo Sentral

Vertigo dapat disebabkan oleh penyakit dan gangguan pada sistem saraf pusat. Salah satunya adalah penyakit multiple sclerosis. Penyakit ini berpotensi melumpuhkan otak dan sumsum tulang belakang yang dapat menyebabkan vertigo sentral.

Selain itu, beberapa kondisi berikut ini juga dapat menyebabkan vertigo:

  • Cedera kepala
  • Infeksi sistem saraf pusat
  • Stroke
  • Tumor otak dan sumsum tulang belakang
  • Migrain vestibular
  • Penggunaan obat anti kejang, seperti fenitoin

Penderita vertigo sentral sering kali merasakan rasa pusing berputar yang muncul tiba-tiba, berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dan terasa lebih berat. Kondisi ini juga ditandai dengan gejala lain, seperti gangguan pada mata, gangguan pendengaran, sakit kepala, rasa lemas, serta kesulitan menelan.

Cara Mengobati Vertigo Sentral

Pengobatan vertigo akan disesuaikan dengan penyebabnya. Tanya jawab seputar keluhan dan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan pendukung, seperti MRI dan CT scan, akan dilakukan dokter untuk menentukan penyebab dan penanganan vertigo.

Dokter dapat memberikan beberapa obat-obatan untuk mengurangi keluhan, seperti:

  • Antihistamin, contohnya
  • Benzodiazepine, contohnya
  • Obat anti muntah.

Setelah itu, pengobatan vertigo akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Misalnya, jika vertigo diakibatkan oleh migrain, maka dokter akan memberikan obat untuk migrain. Demikian juga halnya dengan vertigo yang disebabkan oleh multiple sclerosis, stroke, atau tumor, penanganannya adalah dengan mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Hingga kini belum ada pengobatan rumah yang efektif dalam mengatasi vertigo.  Ketika mengalami rasa pusing berputar yang semakin berat dan semakin sering timbul, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya serta mendapatkan penanganan yang sesuai.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA