Beranda INFO SEHAT Bekas Kurap Bisa Dihilangkan dengan Cara Berikut Ini

Bekas Kurap Bisa Dihilangkan dengan Cara Berikut Ini

bekas kurap
Foto: tokopedia
Bekas kurap umumnya bisa memudar seiring berjalannya waktu. Meski begitu, ada beberapa cara menghilangkannya bisa dilakukan, mulai dari perawatan secara mandiri hingga tindakan medis. Melalui perawatan ini, warna kulit pun bisa kembali rata seperti semula dengan cepat.

Kurap ditandai dengan ruam merah berbentuk bulat yang disebabkan oleh infeksi jamur. Sebagian besar kasus kurap tergolong ringan dan biasanya sembuh tanpa meninggalkan bekas dengan penggunaan salep antijamur selama 2–4 minggu. Namun, dalam kasus tertentu, kurap bisa meninggalkan bekas luka di kulit.

Bekas kurap lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif, memiliki warna kulit lebih gelap, atau mengalami masalah pada proses penyembuhan luka seperti pada penderita diabetes maupun penyakit autoimun.

Bekas kurap memiliki bentuk yang sama dengan ruam kurap, tetapi berubah warna menjadi cokelat. Untuk mengatasi keluhan tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan bekas kurap, mulai dari menggunakan bahan alami hingga menjalani tindakan medis tertentu.

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Kurap

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas kurap yang bisa dilakukan:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat untuk meredakan infeksi di kulit, tidak terkecuali kurap. Penggunaan gel lidah buaya tidak hanya dapat meredakan rasa gatal, tetapi juga mengurangi peradangan sehingga bekas kurap pun juga bisa diminimalkan.

  1. Vitamin E

Minyak atau salep yang mengandung vitamin E dipercaya dapat menghilangkan bekas luka, termasuk bekas luka kurap. Namun, manfaat vitamin E untuk bekas kurap masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jika Anda ingin menggunakan minyak atau salep vitamin E, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

  1. Dermabrasi

Dermabrasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bekas kurap. Sebelum menjalani prosedur ini, dokter akan memberikan obat bius terlebih dahulu dan menggunakan alat medis khusus yang dapat mengikis sel kulit di bekas luka dan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat.

  1. Terapi laser
BACA JUGA  6 Bahaya Makan Daging Sapi dan Kambing yang Perlu Anda Waspadai

Cara lain untuk meminimalkan atau menghilangkan bekasnya kurap dengan cepat adalah dengan terapi laser. Prosedur ini dilakukan dengan memancarkan sinar cahaya yang intens ke arah bekasnya kurap. Sinar inilah yang nantinya dapat menghilangkan bekasnya kurap dan memicu pertumbuhan kulit baru.

Namun, pastikan terapi laser atau dermabrasi yang Anda jalani dilakukan oleh tenaga medis yang sudah terlatih agar prosedurnya aman dan efektif untuk menghilangkan bekasnya kurap.

Cara Menghilangkan dengan Perawatan Mandiri

Merawat kulit dengan baik secara rutin sebenarnya adalah cara paling mudah untuk mencegah atau meminimalkan tampilan. Berikut ini adalah tipsnya:

  • Gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar rumah.
  • Tutupi area bekas kurap saat berada di luar ruangan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.
  • Oleskan pelembap pada kulit secara rutin.
  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol.

Kurap sebenarnya jarang meninggalkan bekas luka yang bertahan lama, apalagi jika diobati dan dirawat dengan baik. Namun, jika Anda telah melakukan berbagai cara menghilangkan bekasnya kurap tetapi tidak berhasil atau justru mengalami iritasi yang juga bisa meninggalkan bekas di kulit, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Facebook Comments

Artikulli paraprakViral, Polisi Satlantas Jambi Tendang Sopir Truk Batu Bara
Artikulli tjetërCEO Hook Entertainment Ancam Akan Bunuh Lee Seung Gi Usai Minta Transparansi Gaji