Iklan
Iklan

Bupati Terpilih Kabupaten Sabu Raijua NTT Berkewarganegaraan Amerika

- Advertisement -
Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient P Riwu Kore ditetapkan sebagai pemenang Pilkada. Namun, Bawaslu menemukan dokumen bahwa Orient P Riwu Kore merupakan warga negara Amerika Serikat (AS).

Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi Tagi Huma, membenarkan hal tersebut. Yudi mengungkapkan dokumen tersebut didapatkan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

“Benar warga negara Amerika Serikat, dari Kedutaan Besar Amerika di Jakarta, ” kata Yudi saat dimintai keterangan, dikutip dari detik.com, Selasa (2/2/2021).

Yudi mengungkapkan, pihaknya sudah menindaklanjuti temuan tersebut ke KPU dan Bawaslu di tingkat provinsi hingga tingkat pusat.

“Bawaslu sudah bersurat kepada KPU, Bawaslu Provinsi, KPU Provinsi, dan KPU RI berkaitan dengan dokumen yang sudah kami dapatkan dari kedutaan besar. Hasilnya bagaimana, secara hierarki berjenjang, mudah-mudahan dalam satu-dua hari tindak lanjut seperti apa toh,” ujar Yudi.

Sebelumnya, dalam Pilkada serentak yang dilaksanakan pada 9 desember 2020 lalu. Pasangan calon (paslon) Bupati Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore berpasangan dengan Thobias Uly dengan nomor urut 02.

Pasangan tersebut memperoleh 21.359 suara (48,3%). Mengalahkan paslon 01 Nikodemus H Riki Heke-Yohanis Uly Kale yang mendapatkan 13.292 suara (31,1%) dan paslon 03 Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba yang memperoleh 9.569 suara (21,6%).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA