Beranda SOSOK Butet Manurung Didapuk Jadi Barbie Role Model 2022

Butet Manurung Didapuk Jadi Barbie Role Model 2022

Butet Manurung
Foto : Istimewa
Butet Manurung bernama lengkap Saur Marlina Manurung mendapatkan penghargaan Barbie Role Model 2022.

Penghargaan untuk Butet Manurung dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, oleh Mattel perusahaan produsen mainan anak-anak.

Melalui program ini, Butet Manurung menerima One of A Kind (OAAK) Doll atau boneka khusus yang dibuat menyerupai sosoknya dan hanya ada satu-satunya di dunia.

Butet Manurung
Foto : Istimwa

Sejak tahun 2015, Barbie Role Model adalah inisiatif Barbie yang secara konsisten mengangkat profil dan cerita para perempuan hebat di seluruh dunia, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak perempuan untuk terus berani mengejar cita-cita dan meraih impiannya.

“Sebagai brand yang memiliki misi untuk memberikan inspirasi kepada anak perempuan, Barbie memberikan penghargaan kepada para perempuan hebat yang bisa menjadi role model bagi mereka,” ungkap Lisa McKnight, Senior Vice President and General Manager Barbie dalam siaran pers nya

“Saat ini perempuan di seluruh dunia telah memainkan peran penting dalam berbagai bidang, dan melalui Barbie, dengan bangga kami mempersembahkan penghargaan ini kepada role model tersebut di dunia nyata sebagai pengingat bagi anak perempuan bahwa mereka bisa menjadi apa saja yang mereka impikan,” tambahnya.

Butet Manurung
Foto : Istimewa

 

Barbie Role Model memainkan peran penting dalam prakarsa global Dream Gap Project yang diluncurkan sebagai dukungan bagi anak perempuan untuk berani menjadi apapun yang mereka inginkan, salah satunya melalui program You Can Be A Champion for Change.

Ini juga menjadi latar belakang utama pemilihan Butet Manurung sebagai role model yang merepresentasikan Female Founder mendobrak batasan serta berkontribusi terhadap pendidikan bagi masyarakat adat di Indonesia.

Nama Butet Manurung memang sudah dikenal hingga ke ranah internasional.  Bermula saat Butet bergabung dalam satu lembaga konservasi yang menjalankan program edukasi bagi suku Rimba, masyarakat adat yang tinggal di hutan Jambi.

BACA JUGA  Sempat Ingin Bunuh Diri, Kini Edrick Chang Jadi Milyarder
Butet Manurung
Foto : Istimewa

Merasa perlu melakukan lebih, Butet dan beberapa rekannya mendirikan Sokola Institute pada tahun 2003. Hingga kini, lembaga nirlaba ini telah berhasil mengembangkan kurikulum pendidikan kontekstual bagi 17 masyarakat adat yang tersebar di seluruh Indonesia serta membuka akses literasi ke lebih dari 15.000 anak-anak dan dewasa

Butet memiliki pandangan berbeda melihat peran role model dalam hidupnya. Baginya, role model bukan menjadi cerminan atau target masa depan, tetapi menjadi katalisator positif dalam mengejar impian dan aspirasi diri sendiri.

“Bagi saya, memiliki role model bukan membuat kita ingin menjadi seperti sosok tersebut, tapi mampu menggerakkan hati dan menginspirasi kita menjadi versi terbaik diri kita sendiri,” ungkap Butet Manurung.

Butet Manurung
Foto : Istimwa

Memiliki kekaguman yang besar terhadap sosok ayah yang berkemauan keras dan konsisten mengejar impiannya membuat Butet tumbuh menjadi sosok yang senang tantangan dan memiliki jiwa petualang. “Apalagi sejak kecil, saya juga suka sekali membaca buku cerita petualangan. Sampai ayah saya bilang, itu hanya kisah fiktif. Tapi, saya bilang ke beliau, saya yang nanti yang akan jadi sosok nyatanya,” ujar Butet.

Boneka OOAK didesain secara khusus menyerupai profil atau individu yang dipilih, termasuk menghadirkan ciri khasnya dalam berpakaian. Hal tersebut juga diterapkan pada boneka OOAK yang didedikasikan untuk Indonesia Barbie Role Model 2022 Butet Manurung.

Menggunakan dua lembar kain bermotif berbeda yang dililit sebagai atasan dan bawahan, yang menjadi busana sehari-hari Butet saat mengajar di Sokola Rimba. Uniknya, kain atasan boneka ini menggunakan pola sangat popular di kalangan masyarakat Jambi, yaitu motif Angso Duo yang erat kaitannya dengan legenda rakyat setempat.

Terlihat juga aksesori yang terinspirasi kalung sembelik sumpah dari Jambi dan sandal yang menjadi pelengkap penampilan sehari-hari Ibu Guru Butet, demikian ia dipanggil para muridnya di Sokola Rimba. Sedangkan untuk rambut digulung ke atas membentuk cepolan khas Butet Manurung.

BACA JUGA  Terungkap, Syekh Ali Jaber Ternyata Hidup Sederhana dan Tinggal di Rumah Kontrakan

Butet Manurung memang sosok perempuan yang menginspirasi banyak orang, bahkan telah mendapatkan penghargaan internasional, seperti “Man and Biosphere Award” UNESCO 2001, “Hero of Asia” 2004 dari Majalah TIME, hingga ‘Asia Nobel Prize’ Ramon Magsaysay Award 2014.

Kini, apresiasi Barbie Role Model 2022 juga melengkapi perjalanannya untuk terus mendobrak keterbatasan demi menghadirkan pendidikan yang memerdekakan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat adat di Indonesia

“Harapan saya kepada semua anak perempuan untuk percaya pada diri mereka sendiri, bahwa you can be anything you dream of. Jangan takut kalau ada mimpi yang kamu pikir tidak bisa tercapai karena berbagai halangan. Itu justru tanda apa yang ingin kita capai itu sangat worthy, karena saya percaya tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah orang yang tidak mendengarkan kata hatinya,” tutup Butet

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakMengintip Selebgram Hot Jessica Bartlett
Artikulli tjetërLewat Steam Expo 2022, Sampoerna Academy Cetak Innovator