Beranda PRODUK Cara Mendapatkan Penghasilan dari Google AdSense

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Google AdSense

Google AdSense
Google Incorporation mulai meluncurkan program Google AdSense pada pertengahan 2003. AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Melalui program periklanan Google AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka.

Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian.

Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Cara kerja dari Google AdSense adalah dengan memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan kebutuhan.

Google AdSense

Nah, bagi pemilik blog dan website yang ingin mendapatkan uang harus mendaftar Google AdSense. Bagaimana caranya?

Inilah cara mendaftar di Google Adsense;

  • Klik Daftar Sekarang.
  • Masukkan URL situs yang ingin ditampilkan iklan. Pelajari lebih lanjut cara memasukkan URL. Jika situsmu ada masuk satu di antara situs partner host Google (seperti Blogger atau YouTube, dan sejenisnya), kamu dapat menyelesaikan langkah-langkah ini dengan mengklik Lanjutkan di… setelah memasukkan URL. Dengan begitu, Google dapat menyiapkan akun kamu lebih cepat karena situs partner host menggunakan proses pembuatan akun yang berbeda.
  • Masukkan alamat email.
  • Selanjutnya pilih apakah kamu ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. Sebaiknya kamu memilih Ya agar  kamu dapat memaksimalkan AdSense. Kamu dapat mengubah setelan kontak nanti.
  • Klik Simpan dan lanjutkan.
  • Login ke Akun Google.
  • Pilih negara atau wilayahmu.
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
  • Klik Buat Akun.
BACA JUGA  Bareksa Gandeng Boy William Gaet Kalangan Profesional Dan Milenial.

Mengaktifkan Akun Adsense

Setelah membuat akun, kamu harus mengaktifkannya agar dapat menampilkan iklan di situs dan menghasilkan uang. Dalam halaman beranda AdSense, kamu menampilkan daftar tugas yang harus diselesaikan sebelum Google dapat mengaktifkan akunmu.

Ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan Google AdSense. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Hubungkan Situsmu ke Adsense

  • Login ke akun AdSense.
  • Salin kode yang ada di halaman beranda AdSense.
  • Tempelkan kode ke HTML halamanmu.
  • Konfirmasikan bahwa kamu telah menempelkan kode tersebut, lalu klik Selesai.

2. Memasukkan Detail Alamat Pembayaran

Untuk menyelesaikan proses aktivasi AdSense, kamu harus memberikan detail alamat pembayaran. Pengguna harus memasukkan informasi ini dengan benar agar dapat menerima pembayaran.

Cara memasukkan detail alamat pembayaran

  • Login ke akun AdSense.
  • Lengkapi kolom berikut pada bagian ‘Detail Alamat Pembayaran’.

Jenis akun: Pilih apakah kamu menginginkan akun AdSense perorangan atau bisnis. Perlu diketahui, tidak ada perbedaan layanan atau struktur pembayaran antara akun perorangan dan bisnis.

Nama: Untuk akun perorangan, masukkan nama lengkap persis seperti yang tertera pada informasi perbankanmu. Sementara, untuk akun bisnis, masukkan nama perusahaan dan nama kontak untuk perusahaan.

Alamat: Masukkan alamat pos lengkapmu. Catatan: Pengguna harus dapat menerima email. Jika penghasilanmu mencapai nilai minimum verifikasi, Google akan mengirimkan PIN melalui email. Pengguna harus memasukkan PIN tersebut di akun AdSense sebelum Google mengirimkan pembayaran.

Nomor telepon: Masukkan nomor telepon yang valid.

  • Klik Kirim.

Mengaktifkan Akun Adsense

3. Memverifikasi nomor telepon

Sebagai bagian dari upaya untuk melindungi akun penayang, kamu akan diminta memberikan nomor telepon yang valid saat mengaktifkan akun AdSense.

Cara memverifikasi nomor telepon:

  • Login ke akun AdSense.
  • Pada kartu ‘Verifikasi Nomor Telepon Anda’, masukkan nomor teleponmu dengan format internasional.
  • Nomor telepon yang menggunakan format internasional diawali dengan tanda tambah (+), diikuti dengan kode negara, kode area, dan nomor telepon: +(Kode negara)(Kode area)(Nomor telepon)
  • Jika sebelumnya pernah memverifikasi nomor telepon untuk Google, kamu akan melihat nomor telepon yang terverifikasi tersebut di kolom ‘Nomor Telepon’. Pengguna dapat memilih menggunakan nomor telepon ini untuk AdSense dan melewati proses verifikasi telepon lainnya.
  • Pilih apakah kamu ingin menerima kode verifikasi melalui pesan teks atau melalui panggilan suara.
  • Klik Dapatkan kode verifikasi.
  • Pada halaman berikutnya, masukkan kode verifikasi enam digit yang kami kirimkan kepadamu, lalu klik Kirim.
BACA JUGA  Rukita Kampanyekan "Senyaman Di Rumah", Peduli Kesehatan Mental Saat Pandemi.

Google AdSense 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPoirier Kalahkan McGregor, Khabib Nurmagomedov: Kebaikan Selalu Kalahkan Kejahatan
Artikel berikutnyaViral! Pemalakan dan Pemukulan Sopir Truk Terjadi di Area PT Semen Padang