Beranda TEKNOLOGI Fitur SOS Satelit iPhone 14 Sukses Temukan Orang Tersesat di Alaska

Fitur SOS Satelit iPhone 14 Sukses Temukan Orang Tersesat di Alaska

iPhone 14
foto: detikcom
Apple memperkenalkan fitur SOS via Satelit pada lini iPhone 14 terbaru. Fitur ini meluncur resmi di AS dan Kanada pada pertengahan November kemarin. Terbaru, aparat Alaska berhasil menyelamatkan seseorang penjelajah salju dengan snowmobile.

Sang penjelajah diketahui berhasil mengirim sinyal SOS satelit dengan iPhone 14 nya. Alaska State Troopers menerima sinyal dari Apple Emergency Response Center pada Kamis (1/12) waktu setempat.

Pada laporan Departemen Keamanan Publik Negara Bagian Alaska tertulis, pada pukul 2 pagi waktu setempat mereka menerima sinyal sinyal SOS dari seorang pria yang terdampar dan tidak bisa bergerak di tengah perjalanan dengan snowmobile-nya. Saat itu, pria tersebut berkendara dari Noorvik ke Kotzebue, pelosok barat Kanada.

“Laki-laki dewasa ditemukan dan diangkut ke Kotzebue oleh tim pencari sukarelawan. Tidak ada korban luka yang dilaporkan ke Troopers.”

Mengutip dari kumparan, tidak dijelaskan kenapa pria tersebut terdampar. Kemungkinan snowmobile-nya rusak atau tersangkut.

MacRumors melaporkan bahwa aparat “terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang termasuk dalam peringatan awal,” dengan fitur SOS Darurat melalui Satelit yang dirancang untuk mengajukan beberapa pertanyaan sebelum peringatan dikirimkan untuk mempercepat misi penyelamatan.

Apa itu Fitur SOS satelit

Fitur SOS satelit, secara eksklusif hadir di iPhone 14 dengan iOS 16.1 ke atas. Bedanya dengan iPhone 13, iPhone 14 dilengkapi antena radio khusus untuk menghubungkan iPhone dengan satelit.

Fitur ini memungkinkan pengguna terhubung ke satelit untuk mengirim pesan darurat tanpa koneksi seluler. Apple Emergency Response Center kemudian meneruskan informasi seperti koordinat GPS ke tim penyelamat lokal.

Pengguna hanya harus menekan tombol power selama 5 kali, atau menahan tombol samping dan volume bersamaan.

Saat ini, SOS emergency iPhone via satelit baru tersedia di AS dan Kanada. Per Desember ini akan ekspansi ke Prancis, Jerman dan Irlandia.

Facebook Comments

Artikulli paraprakJadwal Laga Timnas Jepang vs Kroasia di Babak 16 Besar Malam Ini
Artikulli tjetërBurj Khalifa: Gedung Mewah Tertinggi Dunia tapi Tak Punya Septic Tank