Iklan
Iklan

Gunung Marapi di Sumbar Meletus, Diawali Ledakan Dahsyat dan Getaran Kuat

- Advertisement -

Gunung Marapi di Sumbar meletus, pada tanggal 03 Desember 2023 sekitar pukul 14.54 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat kolom letusan teramati kurang lebih 3 kilometer (km) di atas puncak.

“Terjadi erupsi Gunung Marapi di Sumbar pada hari Minggu, 03 Desember 2023, pukul 14:54 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 3000 m di atas puncak (± 5891 m di atas permukaan laut),” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, Ahmad Rifandi dalam keterangan resminya, Minggu (3/12/2023). A

Ahmad juga melaporkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Dilaporkan cuaca di sekitar Gunung Marapi mendung hingga hujan, angin lemah ke arah timur, tenggara dan barat daya. Suhu udara sekitar 20-28.4°C. Kelembaban 56.2-91.3%. Tekanan udara 680.4-681.2 mmHg. Intensitas curah hujan 2.08 mm per hari.

“Masyarakat di sekitar Gunung Api Marapi dan pengunjung, wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Api Marapi pada radius 3 km dari kawah, puncak,” katanya.

Untuk diketahui, Gunung Marapi di Sumbar ini terletak di Kabupaten atau Kota Agam, Batusangkar, Sumatera Barat dengan posisi geografis di Latitude -0.381°LU, Longitude 100.473°BT dan memiliki ketinggian 2891 mdpl.

Salah seorang warga di yang tinggal di kaki Gunung Marapi, Dodi, menceritakan awalnya suara ledakan yang begitu dahsyat terdengar, bahkan ada getaran seperti gempa dirasakan di dalam rumah.

“Kami pun melihat di luar, ternyata di lihat ke atas langit, ada awan abu pekat di atas Gunung Marapi. Sampai saat ini warga masih di rumah,” ujarnya.

Dodi menyampaikan usai suara ledakan itu terjadi, lalu juga terdengar suara gemuruh dengan durasi diperkirakan lebih dari satu setengah jam.

Sampai saat ini belum diketahui kondisi lebih lanjut, baik itu kondisi warga setempat, maupun kondisi dari Gunung Marapi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA