Beranda ENTERTAINMENT Indiskop Film Festival 2021 Digelar, Inilah Para Pemenangnya.

Indiskop Film Festival 2021 Digelar, Inilah Para Pemenangnya.

Indiskop Film Festival
Foto : Istimewa
Indiskop Film Festival yang telah digelar sejak Agustus 2021 lalu telah mengumumkan para pemenang untuk program Short Film Competition Dengan mengusung tema “Filmku Perjuanganku”.

Indiskop Film Festival berhasil menarik antusiasme para filmmaker untuk berpartisipasi di kompetisi film pendek tersebut.

Pengumuman dan malam penghargaan Indiskop Film Festival  dilangsukan pada Minggu, 31 Oktober 2021 lalu bekerjasama dengan NET TV disiarkan langsung melalui kanal youtube TonightShowNet.

Indiskop Film Festival
Foto : Istimewa

Selama proses pendaftaran, sebanyak 273 judul film yang mendaftar terdiri dari 63 film dokumenter dan 210 film fiksi yang masuk ke panitia Indiskop Film Festival .

Dari karya-karya yang masuk, sesuai prosedur kompetisi, panitia harus menyeleksi lagi berdasarkan kesesuaian tema dan persyaratan teknis yang ditetapkan. Tim program festival dan dewan juri yang terdiri dari, Marcella Zalianty, Rayya Makarim, Hikmat Dharmawan, Yosep Anggi Noen, Ical Tanjung dan Eros Djarot  melakukan proses kurasi bertahap.

Menurut Marcella Zalianty, para filmmaker yang mengikuti kompetisi ini, benar-benar memberikan karya terbaiknya, jujur para juri kesulitan memilih terbaik dari yang terbaik. Sungguh uar biasa talenta-talenta filmmaker muda tanah air yang meskipun saat ini kita masih dihadapi oleh pandemi tapi hasil karyanya sama sekali tidak mengecewakan.

“Secara umum, karya yang terpilih masuk nominasi telah menunjukkan keragaman tema dan pendekatan visual yang menarik. Ada keberanian bereksperimen dengan bentuk.”kata Marcella Zalianty dalam siaran pers yang dikutip Indeksnews, Senin (8/11/21)

“Kesulitan hidup karena pandemi dan keterbatasan harus berkreasi di rumah saja tidak membuntukan kreativitas para peserta. Antusiasme peserta ini merupakan potensi dan harapan bagi perkembangan film Indonesia kedepannya”, ujar Hikmat Darmawan, selaku dewan juri

Berbeda dari tahun sebelumnya,Indiskop Film Festival ingin memberikan lebih banyak apresiasi kepada para peserta kompetisi film pendek dengan menambah pemenang dari berbagai nominasi. Para pemenang dari kategori nominasi dipilih berdasarkan relevansi yang sangat kuat dengan tema lomba, “Filmku, Perjuanganku” dan relevansi sosial yang sangat tinggi dengan situasi akibat pandemi yang kita hadapi kini.

BACA JUGA  Jameson Connects Indonesia Bareng Demajors Hasilkan Album Kompilasi

Kedua karya tersebut mampu menafsir tema jadi karya yang utuh, padu, dan menawarkan perspektif menarik terhadap situasi yang kita hadapi bersama kini. Dewan juri juga memutuskan ada penghargaan khusus dari juri kepada para filmmaker melalui Potential Director, Potential Actor, Potential DOP dan Potential Skenario. Penghargaan ini diberikan karena sebetulnya begitu banyak potensi diajang ini, dan sayang jika tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri. Mereka pun diberikan kesempatan belajar film melalui beasiswa dari New York Film Academy. Berikut daftar nama pemenang Short Film Competition Indiskop Film Festival 2021.

Film Pendek Fiksi Terbaik diraih oleh Ainul Fikri dengan judul film Try Again.

Film Pendek dokumenter Terbaik diraih oleh Moses Parlindungan O. Dengan judul film Awakened

Film Pendek Pilihan Juri (Fiksi) diraih oleh M. Faisal Hibatullah dengan judul film

Nebeng (Along The Road)

Film Pendek Pilihan Juri (Dokumenter) diraih oleh (Muhammad Anmar R)

Film Pendek Pilihan Penonton diraih oleh Muhammad Rizki Assani dengan judul film

Harapan

Apresiasi diberikan kepada:

Potential Director kepada Garry Christian karya film End of The Tunnel

Potential Actor kepada Fahrudin Imam N karya film Bagiyo

Potential DOP kepada Ahmad Zaidan karya film Nyanyian Teras Rumah

Potential Skenario kepada Mustafa dan WiwidSeptiadi karya film Kelompok Tidak Belajar

Spesial apresiasi kepada Vania Klara Asalau melalui film Contagion

Pengumuman dan malam penghargaan dilakukan secara daring dan luring, dengan para pemenang pada Minggu, 31 Oktober 2021 bekerjasama dengan NET TV disiarkan langsung melalui kanal youtube TonighShowNet.

Malam penghargaan Short Film Competition, Indiskop Festival menjadi penghujung rangkaian festival yang telah dilaksanakan sepanjang bulan Agustus hingga Oktober 2021. Indiskop Festival diselenggarakan atas kerjasama Indiskop, Pegadaian dan New York Film Academy. Didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

BACA JUGA  Demi Konten, Seorang YouTuber di Jakarta Selatan Siksa 3 Ekor Monyet

Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Media Partner NET TV,  Media Indonesia, Metrotvnews.com, Tempo.co, Kompas.id, Kompas.com, Harian Kompas, Republika Online, Prambors FM. Berterima kasih kepada organisasi pendukung KADIN, PARFI 56 dan SIBERKREASI.(EH).

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaRadiohead Mengeluarkan Follow Me Around Sebagai Single Terbaru
Artikel berikutnyaSeorang Ibu dan 3 Anaknya Tewas Terpanggang di Kampar Riau