Beranda INFO SEHAT Inilah Cara Mengatasi Gigi Ngilu karena Berlubang

Inilah Cara Mengatasi Gigi Ngilu karena Berlubang

Mengatasi Gigi Ngilu
Ada beragam cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang penting untuk diketahui. Tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, gigi yang terasa ngilu juga dapat mengganggu saat mengunyah makanan, bahkan berdampak pada menurunnya nafsu makan.

Gigi ngilu merupakan salah satu gejala gigi berlubang yang bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari konsumsi makanan atau minuman manis hingga kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga.

Awalnya, gigi berlubang tidak menimbulkan rasa ngilu pada gigi. Namun, bila dibiarkan, lubang pada gigi bisa membesar. Hal inilah yang membuat bakteri bisa masuk lebih dalam hingga ke saraf gigi dan menimbulkan rasa ngilu.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu karena Gigi Berlubang

Pengobatan gigi berlubang dapat disesuaikan dengan kerusakan pada gigi. Namun, untuk mengurangi rasa ngilu yang terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Gunakan air hangat untuk menggosok gigi.
  • Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.
  • Lakukan rutinitas menyikat gigi, termasuk bagian gigi yang berlubang, setidaknya 2 kali setiap hari.
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas, dingin, atau manis.
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Namun, bila keluhan gigi ngilu tersebut tidak kunjung membaik atau justru semakin memburuk, sebaiknya segera periksakan gigi ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan guna menentukan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Penanganan Medis untuk Gigi Ngilu karena Gigi Berlubang

Berikut ini adalah beberapa tindakan medis yang umumnya dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu karena berlubang:

1. Perawatan fluoride

Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang pertama adalah fluoride treatment atau perawatan fluoride. Cara ini umumnya digunakan untuk mengatasi gigi berlubang yang masih ringan.

BACA JUGA  Raffi Ahmad Disuntik Vaksin Covid-19 Bersama Jokowi

Dokter akan mengoleskan fluoride dalam bentuk busa atau gel ke gigi ngilu karena berlubang. Cara ini bertujuan untuk mencegah lubang pada gigi semakin besar.

2. Tambal gigi

Bila kerusakan gigi yang Anda alami semakin parah, dokter biasanya akan melakukan prosedur tambal gigi untuk mengisi bagian gigi yang berlubang dengan bahan khusus, misalnya komposit resin atau porselen.

3. Perawatan saluran akar gigi

Saat gigi berlubang sudah memicu infeksi dan peradangan di akar gigi, perawatan saluran akar perlu dilakukan untuk menghilangkan rasa ngilu dan mengatasi infeksi agar tidak meluas.

Selama perawatan saluran akar gigi, jaringan saraf di area gigi yang terinfeksi akan dibuang dan lubang pada gigi akan ditambal. Meski terdengar menyakitkan, tetapi prosedur ini akan didahului dengan pemberian bius lokal sehingga tidak memicu nyeri.

4. Cabut gigi

Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang terakhir adalah cabut gigi. Hal ini dilakukan karena kerusakan gigi sudah sangat parah dan tidak bisa dipulihkan kembali.

Namun, prosedur cabut gigi dapat minimbulkan celah pada gigi dan menyebabkan gigi lainnya bergeser. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pemasangan implan gigi atau gigi palsu.

Agar rasa ngilu yang timbul akibat lubang pada gigi tidak mengganggu, pencegahan gigi berlubang sejak dini perlu dilakukan. Berikut ini adalah langkah pencegahan gigi berlubang:

  • Menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Membersihkan sela-sela gigi setiap hari menggunakan benang gigi
  • Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis dan asam, seperti permen
  • Memeriksakan kesehatan gigi secara teratur ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Itulah beragam cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang perlu Anda ketahui. Bila langkah-langkah sederhana di atas tidak mampu mengurangi ngilu di gigi, Anda perlu berobat ke dokter untuk mendapat penanganan agar gigi berlubang tidak semakin parah dan infeksi dalam gigi bisa teratasi.

Facebook Comments

Artikulli paraprakHeboh! Dirut BUMN Dituding Kelola Dana Capres 2024 Rp 300 T Dibantu Beberapa Wanita Simpanan
Artikulli tjetërTernak Warga di Agam Dimangsa Harimau