Beranda INFO SEHAT Inilah Obat Herbal Hernia yang Dinilai Efektif

Inilah Obat Herbal Hernia yang Dinilai Efektif

Obat Herbal
Obat herbal hernia sering kali digunakan untuk mengatasi kondisi saat organ dalam tubuh menekan bagian jaringan yang lemah hingga menonjol dan keluar dari lokasi semestinya. Sebelum tergoda untuk menggunakannya, ada baiknya Anda cari tahu dulu efektivitas obat herbal hernia.

Hernia dapat terjadi di beberapa bagian tubuh, namun yang paling sering adalah area panggul di dalam rongga perut dan dada.

Pengobatan yang biasa dilakukan dengan pemantauan medis berkala untuk kasus hernia yang tidak menyebabkan gejala atau gangguan fisik yang signifikan. Untuk kasus hernia berat dan mengganggu, pengobatan hernia hanya dapat dilakukan dengan metode operasi.

Alih-alih melakukan operasi, sebagian orang memilih untuk menggunakan obat herbal hernia. Padahal, obat herbal hernia tersebut secara medis belum jelas terbukti efektivitasnya.

Deretan Obat Herbal Hernia

Di bawah ini adalah beberapa jenis obat herbal hernia yang dipercaya dapat membantu mengobati hernia:

Yoghurt

Yoghurt tidak hanya nikmat dikonsumsi dan mudah didapatkan. Produk olahan susu ini kabarnya juga dapat menjadi salah satu produk yang bermanfaat sebagai obat herbal hernia.

Namun faktanya, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa yoghurt dapat membantu mengobati hernia. Meski begitu, yoghurt termasuk makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita hernia, khususnya hernia hiatus.

Hal ini karena yoghurt tidak meningkatkan produksi asam lambung sehingga tidak memperburuk kondisi penderita hernia hiatus. Hernia hiatus adalah kondisi di mana pangkal lambung berada di rongga dada, sehingga isi lambung mudah kembali naik ke kerongkongan.

Jahe

Manfaat jahe antara lain mengurangi rasa sakit, meredakan mual, mengurangi peradangan, dan mengatasi gangguan pencernaan. Jahe juga disebut-sebut sebagai makanan yang dapat menjadi obat herbal hernia.

BACA JUGA  Inilah Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Jahe kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa fenolik yang dipercaya dapat mengurangi kontraksi lambung, sehingga menurunkan risiko asam lambung, yang menjadi salah satu gejala hernia hiatus.

Meski demikian, konsumsi jahe yang terlalu banyak justru memberikan efek sebaliknya. Untuk itu, penderita hernia hiatus sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 5 gram jahe per hari.

Makanan berserat

Makanan yang mengandung serat memang tidak bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun, meningkatkan asupan serat dapat membantu meringankan sembelit. Sembelit sendiri akan menyebabkan seseorang mengejan saat buang air besar, yang dapat memperburuk hernia.

Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah biji-bijian utuh, buah, dan sayuran. Selain memperbanyak serat, penderita hernia hiatus juga sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam.

Akar manis

Akar manis atau licorice merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai penambah rasa pada makanan atau minuman.

Akar manis memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya untuk mengatasi tukak lambung, heart burn, asam lambung, sakit tenggorokan, dan masalah kulit.

Kendati demikian, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa akar manis merupakan salah satu obat herbal hernia atau dapat meredakan hernia.

Hernia dapat menimbulkan benjolan di lipatan paha, skrotum (kantong zakar), atau perut. Benjolan ini akan terlihat ketika Anda berdiri atau batuk, tapi akan menghilang ketika Anda berbaring, atau bergeser ketika ditekan.

Beberapa jenis penyakit atau gangguan kesehatan mungkin dapat diatasi dengan bahan-bahan alami. Namun untuk hernia, hingga kini belum ada penelitian yang menyebutkan adanya obat herbal hernia yang dapat menyembuhkan kondisi ini.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hernia adalah dengan prosedur operasi hernia.  Sekalipun sebagian hernia tidak akan memburuk jika tidak dilakukan operasi, namun ada beberapa tanda gejala hernia yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA  Inilah Penyebab Jari Tangan Kaku

Segera periksakan ke dokter jika Anda merasakan gejala berbahaya, seperti hernia menekan saluran cerna, menyebabkan kematian jaringan sekitarnya, menyebabkan gangguan buang air besar maupun kecil, disertai nyeri berat, atau hernia makin membesar.

Facebook Comments

Artikel sebelumya76% Penjual Online Optimis Ekonomi Tumbuh Menjelang Festival Belanja di Akhir Tahun
Artikel berikutnyaCara Gunakan WhatsApp pada 4 Perangkat