Iklan
Iklan

Jenderal Agus Subiyanto ditunjuk Jadi Panglima TNI, Padahal Belum Seminggu Jadi KSAD

- Advertisement -

Jenderal Agus Subiyanto ditunjuk jadi Panglima TNI, padahl belum seminggu jadi KSAD. Kabar ini disampaikan oleh anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP, TB Hasanuddin.

Dia mengaku mendapat informasi bahwa DPR telah menerima surat presiden (surpres) terkait penggantian Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, yang akan segera pensiun pada akhir November 2024.

Hasanuddin mendengar kabar KSAD Jenderal Agus Subiyanto ditunjuk jadi Panglima TNI.

“Iya saya dapat informasi bahwa ada surat itu, Surpres, surat presiden yang dikirim ke DPR yang konon itu adalah surat minta persetujuan dari DPR tentang pengangkatan KSAD, Pak Agus menjadi Panglima TNI,” ujar Hasanuddin, Senin (30/10/2023).

Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik menjadi KSAD pada Rabu (25/10). Ia menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Meski baru dilantik, Hasanuddin menilai tidak ada aturan yang melanggar jika Agus dipilih menjadi Panglima TNI.

“Karena syarat untuk menjadi Panglima TNI itu adalah perwira aktif yang pernah atau sedang menjabat KSAD. Nah Pak Agus ini perwira aktif, dan sedang menjabat KSAD,” ujar dia.

Lebih jauh, Hasanuddin mengaku belum mengetahui kapan surpres itu akan ditindaklanjuti oleh DPR. Pasalnya Yudo baru akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2024.

“Paling tidak mungkin minggu depan ya [fit and proper test],” tandas Hasanuddin.

Hal senada disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan Surpres pergantian Panglima TNI sudah disampaikan kepada Ketua DPR Puan Maharani.

“Tadi siang sekitar jam 11.30 WIB, Pak Mensesneg telah menyampaikan secara langsung, Surpres terkait nama Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono ke Ibu Ketua DPR,” kata Ari.

“Nanti Bu Ketua DPR akan menyampaikan keterangan kepada media,” ujarnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA