Beranda INTERNASIONAL Joe Biden dalam Kenangan Kecelakaan Tragis Istri Pertamanya Neilia dan Putrinya Naomi

Joe Biden dalam Kenangan Kecelakaan Tragis Istri Pertamanya Neilia dan Putrinya Naomi

Joe Biden
Joe Biden kini telah resmi menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat. Ia dan keluarganya akan lebih intens menjadi sorotan dunia dari pada sebelumnya.

Orang akan mengenal Dr. Jill Biden sebagai Ibu Negara, bersama dengan anak-anaknya: Beau Biden (yang meninggal pada 2015), Hunter Biden, dan Ashley Biden.

Namun, ada yang mungkin masih belum disadari oleh sebagian orang bahwa Jill sebenarnya adalah istri kedua Joe Biden.

Apa yang terjadi dengan istri pertama presiden ke-46 Amerika Serikat ini?

Istri pertama Joe, Neilia yang dinikahinya sejak tahun 1966, dan putri mereka yang berusia 1 tahun, Naomi, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil satu minggu sebelum Natal tahun 1972.

Pada 18 Desember tahun itu, Joe berada di kantor sementara di Washington, DC, setelah terpilih menjadi anggota Senat AS.

Sedangkan, istri pertamanya dan ketiga anaknya yang masih kecil berada di rumah mereka di timur laut Delaware dalam perjalanan berbelanja Natal.

Neilia dan anak-anak berada di station wagon keluarga ketika dia melewati tanda berhenti dan mengalami kecelakaan tragis setelah masuk ke jalur truk semi.

Joe Biden
Joe Biden bersama dua putranya usai kematian istrinya

Baik Neilia dan Naomi dinyatakan meninggal saat tiba di Rumah Sakit Umum Wilmington. Sedangkan putera mereka Beau menderita patah kaki dan Hunter memiliki tengkorak yang retak akibat kecelakaan itu. (Hunter kemudian memberi nama salah satu putrinya Naomi; putri lainnya adalah Finnegan dan Maisy.)

Joe akhirnya memegang sumpah senatnya di samping tempat tidur rumah sakit saat menemani Beau lalu Joe mendapatkan julukan “Amtrak Joe” karena dia sering bepergian ke rumah dengan kereta api setelah bekerja untuk merawat dua orang putranya.

Bagaimana Joe dan Jill Biden bertemu?

Joe Biden

Saudara laki-laki Presiden Biden adalah orang yang menjodohkannya dengan Jill Jacobs, yang juga seorang mahasiswa Universitas Delaware, pada tahun 1975.

“Dia mengembalikan hidup saya,” tulis Biden dalam memoar 2007 Promises to Keep .

“Dia membuatku mulai berpikir bahwa keluargaku mungkin akan utuh kembali.”

Menjelang pernikahan mereka pada tahun 1977, Joe bertanya kepada Jill bagaimana dia bisa bersedia menikah dengannya mengetahui perasaannya untuk istri pertamanya, menurut Biography.com .

Dia menjawab, “Siapapun yang bisa mencintai sedalam itu sekali bisa melakukannya lagi.”

“Saat itulah saya menyadari dengan tepat apa yang telah dilakukan cinta Jill untuk saya,” tulis Joe dalam memoarnya. “Itu telah memberiku izin untuk menjadi diriku lagi.”

Joe dan Jill kemudian menyambut seorang putri, Ashely Biden, pada tahun 1981.

Apa yang terjadi dengan Beau Biden?

Beau dan Hunter selamat dari tabrakan mobil, dan Beau kemudian memiliki karier yang sukses di bidang politik. (Dia menjabat sebagai Jaksa Agung Delaware.)

Namun, putra tertua Joe Biden kalah dalam pertempuran melawan kanker otak pada tanggal 30 Mei 2015. Beau berusia 46 tahun pada saat kematiannya dan meninggalkan istrinya Neilia dan dua anaknya, Natalie dan Robert.

Pada 19 Januari, Biden memberikan pidato perpisahan yang emosional di Delaware menjelang pelantikannya sebagai presiden.

Mengacu pada putranya, Beau, Joe memberi tahu orang banyak, “Aku hanya punya satu penyesalan: Dia tidak ada di sini. Karena kita harus memperkenalkannya sebagai presiden.”