Beranda INTERNASIONAL Joe Biden Resmi Dilantik Menjadi Presiden AS Ke-46

Joe Biden Resmi Dilantik Menjadi Presiden AS Ke-46

joe biden as
Setelah bersumpah untuk menegakkan dan membela Konstitusi Amerika Serikat, Joe Biden resmi dilantik sebagai presiden AS.

Sumpah jabatannya diurus oleh Hakim Agung John Roberts.

“Ini adalah hari demokrasi,” katanya, dalam sambutan pertamanya sebagai presiden AS.

“Melalui wadah selama berabad-abad, Amerika telah diuji dan telah bangkit untuk menghadapi tantangan. Hari ini kita merayakan kemenangan bukan dari seorang kandidat tetapi dari sebuah tujuan, sebuah tujuan demokrasi”

joe biden as

Sebelum Biden, Kamala Harris saja dilantik sebagai wakil presiden wanita pertama dalam sejarah AS.

Dia dilantik oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor, yang membuat sejarah pada tahun 2009 sebagai wanita keturunan Latin pertama di pengadilan tertinggi.

Biden akan disumpah atas sebuah Alkitab yang telah ada di keluarganya sejak 1893 dan digunakan selama pelantikannya sebagai wakil presiden pada tahun 2009 dan 2013, menurut CBS News.

Alkitab yang sama juga digunakan setiap kali dia dilantik sebagai senator Delaware.

joe biden as

Buku itu sendiri tebalnya lima inci (12,5 cm) dengan tanda salib Celtic di sampulnya.

Alkitab keluarga itu juga digunakan oleh mendiang putranya, Beau, ketika dia dilantik sebagai jaksa agung Delaware pada 2013.

“Kami belajar lagi bahwa demokrasi itu berharga. Demokrasi itu rapuh dan saat ini, temanku, demokrasi sudah menang,” kata Biden.

“Sekarang, di tanah suci ini, di mana hanya beberapa hari yang lalu kekerasan berusaha untuk mengguncang fondasi Capitol, kita bersatu sebagai satu bangsa, di bawah Tuhan, tak terpisahkan, untuk melaksanakan transfer kekuasaan secara damai seperti yang kita miliki selama lebih dari dua abad.”

joe biden as

Dia berbicara dari tempat yang dua minggu lalu dibanjiri oleh massa pro-Trump ketika Capitol diserbu.

“Saya berterima kasih kepada para pendahulu saya dari kedua partai yang ada di sini hari ini,” kata presiden baru tersebut. Mantan Presiden Clinton, Bush dan Obama menghadiri upacara tersebut.

Biden mengatakan dia berbicara dengan Presiden Jimmy Carter – yang berusia 96 – melalui telepon, dan memberi hormat kepadanya atas pengabdiannya seumur hidup.

Pendahulunya, Donald Trump, memilih untuk tidak menghadiri pelantikan.