Iklan
Iklan

Kotoran Sapi Jadi Penangkal Covid-19 di India, Dokter: Beresiko Sebarkan Penyakit Lain

- Advertisement -
Praktik penggunaan kotoran sapi sebagai penangkal Covid-19 kini begitu marak di India. Meskipun belum ada bukti ilmiah untuk keefektifan penggunaan kotoran tersebut.

Dokter di India memperingatkan bahaya kotoran sapi yang justru berisiko menyebarkan penyakit lain.

“Tidak ada bukti ilmiah yang konkret bahwa kotoran sapi atau urin bekerja untuk meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19, itu sepenuhnya didasarkan pada keyakinan,” ujar presiden nasional di Indian Medical Association, Dr JA Jayalal.

Kotoran Sapi

Para dokter dan ilmuwan di India dan di seluruh dunia telah berulang kali memperingatkan agar tidak mempraktikkan pengobatan alternatif untuk Covid-19. Keputusan itu dapat menyebabkan rasa aman yang salah dan memperumit masalah kesehatan.

“Ada juga risiko kesehatan yang terlibat dalam mengolesi atau mengonsumsi produk ini, penyakit lain dapat menyebar dari hewan ke manusia,” ujar Jayalal.

Negara bagian Gujarat di India barat, beberapa orang percaya kotoran sapi akan membuat mereka tidak tertular bahkan sembuh virus Corona. Mereka pun telah pergi ke tempat penampungan sapi seminggu sekali untuk menutupi tubuh dengan kotoran dan air kencing sapi.

Dalam agama Hindu sapi adalah simbol suci kehidupan dan bumi dan selama berabad-abad umat Hindu telah menggunakan kotoran sapi untuk membersihkan rumah dan ritual doa. Kotoran hewan ini dipercaya memiliki khasiat terapeutik dan antiseptik.

“Kami melihat … bahkan dokter datang ke sini. Keyakinan mereka adalah bahwa terapi ini meningkatkan kekebalan mereka dan mereka dapat pergi dan merawat pasien tanpa rasa takut,” ungkap manajer asosiasi di sebuah perusahaan farmasi, Gautam Manilal Borisa.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA