Iklan
Iklan

KWC 2022, Grand Final Digelar di Norwegia 8 – 14 Agustus

- Advertisement -
Karaoke World Championship (KWC) sebuah Ajang kompetisi pencarian bakat nyanyi internasional yang siap digelar dan telah membuka pendaftaran kontestannya pada bulan maret 2022 ini.

KWC 2022, sebuah acara kompetisi nyanyi berskala internasional tahunan ini telah berlangsung sejak 2017 dan hampir tiap tahun finalnya di gelar secara offline di luar negeri kecuali.

Namun sejak Pandemi Covid – 19 yang melanda dunia, final KWC tahun 2020 dan 2021 yang putaran finalnya dilangsungkan secara online streaming via website dan channel youtube resmi KWC.

KWC
Foto : Istimewa

Sebagai salah satu negara yang aktif mengirim wakilnya ke KWC tingkat dunia, Indonesia telah melahirkan beberapa kontestan yang ikut mengharumkan nama Indonesia di ajang karaoke bergengsi tersebut karena bisa menembus 10 besar grand final dunia seperti : Arief Taqien dan Artha Nauli yang masuk top 5 KWC 2017 di Finlandia, Adeline yang menjadi finalis KWC 2018 di Finlandia, Olivia Ruph yang berhasil menjadi Juara 3 KWC 2019 di Tokyo serta Satrio Lahskart yang berhasil mencapai peringkat 4 KWC 2020 yang grand finalnya  sudah berganti format menjadi online streaming.

Pada KWC 2021 yang grand finalnya juga berlangsung secara online streaming, hasil yang jauh lebih baik berhasil diraih oleh kontestan dari Indonesia, selain berhasil menempatkan Robinson Tahalele di peringkat 7 dan Fajar Putra Wicaksana di peringkat 5, Indonesia berhasil memuncaki KWC 2021 sebagai juara atas nama Shabrina Leonita, 21 yang berhasil jadi jawara mengalahkan rival – rival dari 30 negara peserta lainnya.

Sebagai kontestan yang sukses memuncaki Karaoke World Championship 2021 dengan gelar juara, banyak pengalaman menarik yang dialami Shabrina sejak awal pendaftaran peserta, memasuki penyisihan sampai dengan grand final Karaoke World Championship 2021 lalu.

KWC
Foto : Istimewa

“Sebenarnya aku pernah ikut KWC 2019 dan gagal masuk grand final sehingga aku sempat ragu untuk ikut di KWC 2021, namun akhirnya aku ikut juga karena merasa tertantang untuk bisa berprestasi di Karaoke World Championship 2021 dan akhirnya bisa jadi juara”, tutur Shabrina.

Keberhasilan Shabrina menjuarai Karaoke World Championship 2021 tentunya patut dijadikan motivasi bagi para kontestan yang nantinya akan mendaftar sebagai peserta di Karaoke World Championship 2022, oleh karena itu Shabrina siap membagi tips dan kiat – kiat pengalamannya dalam menghadapi ajang karaoke kelas dunia ini.

“Aku punya saran kepada teman – teman yang mau ikut ajang ini untuk mempertahankan karakter dan keunikan vokal yang teman – teman miliki dan jangan lupa melakukan riset dan strategi dalam pemilihan lagu yang hendak kita nyanyikan. Kita lihat juga lagu – lagu yang dipilih oleh lawan – lawan kita dari negara lain, lalu kita tentukan lagu apa yang cocok untuk kita bawakan di setiap babaknya”, terang Shabrina.

KWC
Foto : Istimewa

“Seperti contohnya suara aku khan alto dan aku lebih nyaman menyanyikan lagu yang berkarakter soulfull seperti Rnb, lalu aku melihat lawan – lawan ku kebanyakan memilih lagu – lagu dari para diva seperti Celine Dion, Mariah Carey atau Whitney Houston yang mengandalkan tingkat kesulitan vokal yang tinggi, maka aku fokus untuk memilih lagu yang sesuai karakter dan kemampuanku bernyanyi lebih soulfull saja”, tambah Shabrina lagi.

Sementara itu menurut Satrio Lahskart yang keluar sebagai peringkat 4 dunia KWC 2020 kurang lebih sama dengan Shabrina,

“KWC ini kompetisi dengan genre bebas, jadi kita punya kebebasan memilih lagu yang nyaman buat kita, kuatin karakter kita, jadi diri sendiri dan tentukan konsep kita dalam pemilihan lagu”, jelas Satrio.

KWC
Foto : Istimewa

Selain pernah menjadi peringkat 4 dunia di KWC 2020, Satrio sendiri berencana untuk kembali ikut menjadi peserta di KWC 2022 ini, oleh karena itu Satrio juga akan mempersiapkan dirinya secara lebih matang dibanding tahun 2020 lalu.

“Iya aku ada keinginan untuk ikut lagi, ya di coba ajalah, apalagi KWC 2022 nanti akan berlangsung secara offline dan akan ada grand final offline untuk KWC Indonesia, sudah pasti aku harus siap secara mental, attitude, ekspresi dan penampilan di atas panggung”, ungkap Satrio.

Sementara itu Andy Jobs dari Karaoke World Championship Indonesia dan De Hills radio selaku pemegang lisensi Karaoke World Championship untuk Indonesia menjelaskan bahwa untuk Karaoke World Championship 2022 yang sudah mulai membuka pendaftaran pada tanggal 18 Maret 2022 ini memang punya format sedikit berbeda dengan Karaoke World Championship sebelumnya.

“Karaoke World Championship 2022 ini mulai membuka pendaftaran pada maret 2022 ini lalu dilanjut dengan grand final region Indonesia secara offline pada bulan Juni 2022 dan akan finish pada grand final region dunia yang akan berlangsung di Oslo, Norwegia dari tanggal 8 – 14 Agustus 2022”, jelas Andy Jobs.

Andy Jobs juga menjelaskan bahwa pada babak grand final di Oslo, Norwegia nanti Shabrina Leonita mendapat kehormatan untuk ikut tampil sebagai bintang tamu.

De Hills Radio sebagai radio pemegang lisensi Karaoke World Championship Indonesia telah membuka pendaftaran secara resmi untuk para bakat – bakat muda minimal berusia 17 tahun keatas yang ingin ikut berpartisipasi dan mencoba keberuntungannya di Karaoke World Championship 2022.

Cara mendaftarnya sangatlah mudah, para calon peserta atau kontestan hanya tinggal mengunduh aplikasi Dehills Radio di android ataupun ios melalui smartphone masing – masing lalu silahkan mendaftar secara gratis dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi Dehills Radio tersebut.

Herry Yuniar selaku Station Manager Dehills Radio menjelaskan bahwa keterlibatan Dehills Radio di Karaoke World Championship 2022 adalah sebuah bentuk dari support Dehills Radio selaku media penyiaran streaming terhadap industri musik tanah air.

“Melalui Karaoke World Championship Indonesia 2022 Dehills radio menunjukan komitmennya untuk selalu memberikan dukungan support dan dukungannya untuk bakat bakat muda luar biasa dalam bermusik yang ada di Indonesia”, tutur Herry Yuniar.

“Selain berhak mewakili Indonesia diajang Karaoke World Championship 2022 di Oslo Norwegi, finalis dari Indonesia 2022 nantinya juga akan tampil pada acara Summer Music Festival 2022 yang berlangsung di Deheng Hills, Gunung Salak, Bogor, pada Agustus 2022 dimana event musik konser ini juga diinisiasi oleh Dehills Radio”, tambah Herry Yuniar menutup pembicaraan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA