Iklan
Iklan

Neuropati Periferal Dialami Satu dari Dua Penderita Diabetes Semasa Hidupnya

- Advertisement -
Menjelang Hari Diabetes Sedunia 2022, P&G Health, meluncurkan program “Put Life Back in Your Hands” di 18 negara yang tersebar di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Program ini meningkatkan kesadaran publik tentang kaitan antara Neuropati Periferal dan Diabetes, serta pentingnya identifikasi awal dan perawatan yang tepat waktu.

Diabetes Melitus menjadi penyebab utama Neuropati Periferal (NP). Maka, tingkat penyebaran NP sangat terkait dengan maraknya jumlah pasien diabetes. NP, termasuk Neuropati Periferal Diabetes (NPD), terjadi akibat kerusakan saraf yang mengganggu kualitas hidup sehingga penderita merasa tidak nyaman ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Neuropati periferal memiliki sejumlah gejala seperti kebas, kesemutan, rasa tertusuk dan terbakar pada kaki serta tangan. Selain diabetes melitus, kekurangan vitamin B dan penuaan juga merupakan faktor risiko tinggi yang menyebabkan kerusakan saraf periferal.

FAKTA SINGKAT

  • Pada 2021, jumlah pasien diabetes yang tercatat 393 juta jiwa di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika diperkirakan naik menjadi 603 juta jiwa pada 2045.
  • ~50% pasien diabetes terindikasi menderita Neuropati Periferal, dan jumlah penderita NP akan meningkat pesat di wilayah-wilayah tersebut
  • Kurang dari sepertiga dokter mengidentifikasi gejala NPD. Kasus yang tidak terdiagnosis sangat berkontribusi terhadap lonjakan morbiditas dan mortalitas diabetes. Hingga 50% pasien NPD tidak mengalami gejala, maka masih banyak pasien yang tidak terdiagnosis dan berisiko mengalami cedera yang tidak dirasakan (insensate injury).
  • Jika tidak terdiagnosis dan diobati secara dini, NPD dapat berkembang menjadi nyeri neuropati yang sangat berdampak negatif terhadap kualitas hidup.
  • Demi mengurangi risiko NPD, skrining berkala, deteksi awal dan edukasi pasien berperan penting mendatangkan hasil pengobatan optimal.

Aalok Agrawal, Senior Vice-President, P&G Health, Asia, India, Timur Tengah & Afrika, berkata sebagai mitra International Diabetes Federation (IDF), P&G Health berkomitmen meningkatkan kesadaran publik tentang Diabetes dan komplikasi terkait, termasuk Neuropati Periferal dan Kerusakan Saraf.

Program ‘Put Life Back in Your Hands’ merupakan upaya berskala luas yang meningkatkan kesadaran publik di 18 negara dengan melibatkan konsumen, tenaga kesehatan, apoteker, organisasi kesehatan dan mitra.

Program ini mengangkat tantangan sehari-hari yang dihadapi penderita Neuropati Periferal, serta pentingnya diagnosis dan pengobatan yang tepat waktu demi meningkatkan kualitas hidup.

“Ketika diabetes dan neuropati periferal masih belum banyak terdiagnosis dan diobati di wilayah kami, momen seperti Hari Diabetes Sedunia menjadi kesempatan berkolaborasi untuk meningkatkan kesadaran publik dan edukasi demi mendatangkan hasil pengobatan optimal. Salah satu upaya tersebut adalah forum ‘Winning the Fight Against Neuropathy in Diabetic Patients’ yang digelar P&G Health. Forum ini mempertemukan pakar kedokteran multidisiplin yang terkemuka di dunia dengan Tenaga Kesehatan dan Apoteker di Asia Pasifik dan Timur Tengah. Di forum ini, mereka akan berbagi tentang panduan klinis dalam mendiagnosis dan mengobati kerusakan saraf akibat diabetes,” lanjutnya.

Informasi lebih lanjut tentang forum “Winning the Fight Against Neuropathy in Diabetic Patients” dapat diperoleh dengan menghubungi narahubung media kami, atau mengeklik tautan berikut untuk melakukan registrasi sebagai tenaga kesehatan: WDDglobalwebinar

Sanggahan: Indikasi Neurobion berbeda di masing-masing negara. Anda dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di wilayah setempat untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA