Beranda POLITIK Tiga Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Resmi Dilantik Presiden

Tiga Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Resmi Dilantik Presiden

pasangan gubernur
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih, Mahyeldi dan Audy Joinaldy
Tiga pasangan Gubernur dan wakil Gubernur terpilih pada Pilkada 2020 lalu, resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Tiga pasangan pasangan Gubernur dan wakil Gubernur terpilih diantaranya, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Audy Joinaldy. Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yakni Ansar Ahmad dan Marlin Agustina. Kemudian, pasangan Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu.

Dalam pelantikan yang ditayangkan dalam akun Youtube resmi Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada tiga pasang kepala daerah.

Setelah itu, mereka melakukan prosesi kirab ke Istana Negara didampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Selanjutnya, Presiden membimbing tiga pasang kepala daerah itu mengucapkan sumpah jabatan Gubernu dan wakil Gubernur.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata para kepala daerah bersamaan mengikuti ucapan Jokowi.

Selanjutnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menentukan jadwal pelantikan bupati/wali kota pemenang Pilkada 2020. Sebanyak kurang lebih 170-an kepala daerah rencananya akan dilantik besok, pada 26 Februari 2021.

Facebook Comments